Friday, September 6, 2019

Ibu Bingung Umur Berapa Bayi Tumbuh Gigi?

Umur berapa bayi tumbuh gigi? - Tumbuh gigi merupakah salah satu tahap pertumbuhan bayi yang ditunggu orangtua. Bayi dengan gigi mungilnya akan tampak lucu saat tersenyum, tetapi tidak semua orangtua tahu kalau tumbuh gigi tersebut juga akan disertai rasa sakit.

Mengawali pembahasan tentang gigi pertama bayi, pada artikel ini kita akan memulai dari pertanyaan-pertanyaan kecil yang biasanya muncul di kalangan orangtua.

Umur Berapa Bayi Tumbuh Gigi?

Sebelum Ibu pusing membayangkan betapa hectic-nya si kecil saat tumbuh gigi nanti, Ibu sebaiknya paham dulu, umur berapa bayi tumbuh gigi. Hal ini penting lho, agar Ibu tidak panik jika gigi pertama si kecil tumbuh lebih cepat atau malah lebih lambat dibanding teman sebayanya.

Gigi pertama si kecil biasanya tumbuh mulai umur 6 bulan. Sementara masa normal untuk pertumbuhan gigi pertamanya adalah sekitar umu 3 bulan hingga 14 bulan. Lalu, jika bayi Ibu belum tumbuh gigi sekitar umur 8 bagaimana?

Tenang, Bu. Pertumbuhan gigi tersebut juga tergantung pada faktor keturunan. Umur 6 bulan tersebut merupakan umur perkiraan, tentu kenyataan pada masing-masing bayi akan sangat berbeda.

Nah, biasanya yang tumbuh pertama itu adalah gigi depan bagian bawah. Setelah 1-2 bulan, maka gigi depan bagian atasnya akan mengikuti. Keempat gigi seri ini merupakan pelopor lho, Bu, juga akan menjadi gigi-gigi yang pertama tanggal ketika umurnya cukup nanti.

Jumlah gigi susu bayi adalah 20 biji yang biasanya akan tumbuh lengkap saat umurnya mencapai 3 tahun.


Baca juga : Berapa Lama Bayi Boleh Dibiarkan Menangis?


gambar gusi bayi mau tumbuh gigi
gambar gusi bayi mau tumbuh gigi


Urutan Waktu Tumbuh Gigi Bayi

Biasanya,gigi bayi tumbuh secara berpasangan. Pertama, biasanya diawali dengan dua gigi depan bagian bawah. Sebulan berikutnya, baru sepasang gigi bagian atas menyusul.  Tetapi proses yang seperti ini tidak mutlak, pada masing-masing anak biasanya mengalami fase tumbuh gigi yang berbeda.

Nah, secara umum, garis waktu tumbuhnya gigi bayi adalah sebagai berikut:

• 6 bulan: gigi seri bawah
• 8 bulan: gigi seri atas
• 10 bulan: gigi seri bawah dan atas
• 14 bulan: geraham pertama
• 18 bulan: gigi taring
• 24 bulan: geraham kedua

Bayi 9 Bulan Belum Tumbuh Gigi, Patutkah Ibu Panik?

Sebagian besar tumbuh gigi pertama bayi tergantung pada faktor genetik Ibu dan Ayah.. Jika salah satu orangtua mengalami keterlambatan pertumbuhan gigi, maka si bayi juga memiliki kemungkinan untuk mengalami hal yang sama. Selain itu, garis waktu tumbuhnya gigi di atas pada masing-masing anak berbeda ya, Ibu.

Gigi pertama biasanya tumbuh dari umur 3-14 bulan, jadi jika bayi 9 bulan Ibu belum tumbuh gigi, itu masih bisa dikatakan normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Ibu juga tidak perlu memberinya suplemen kalsium berlebih, karena pertumbuhan gigi tidak selalu dipengaruhi oleh asupan kalsium. Meskipun menurut penelitian, kalsium memang dibutuhkan selama masa pertumbuhan. 
Konsultasikanlah pada dokter jika Ibu ingin memberikan asupan kalsium pada si kecil.

Bawalah anak ke dokter jika giginya belum tumbuh hingga umur 1.5 tahun. Dokter akan membantu Ibu untuk menemukan penyebabnya.

Semoga artikel ini bisa membantu penjawab keraguan Ibu tentang umur berapa bayi tumbuh gigi.

Baca juga: Tips Mencegah Makanan Bayi Berubah Warna Menjadi Cokelat



No comments:

Post a Comment

My Blog List