Monday, July 23, 2018

Cara Membuat Jus Prune untuk Bayi Sembelit

Memanfaatkan jus prune dan cara membuat jus prune untuk bayi sembelit

Salah satu cara mengamati kesehatan bayi adalah dengan mengamati isi popoknya. BAB yang lancar, dengan tekstur dan konsistensi yang tepat menunjukkan bahwa si kecil mengonsumsi makanan yang tepat dan juga memiliki kesehatan yang baik. Beda halnya jika si kecil menderita masalah ketika BAB, entah itu sembelit atau pun ada darah di kotorannya.

Salah satu masalah tersebut adalah konstipasi atau sembelit. Sembelit terjadi bisa karena beberapa faktor, di antaranya makanan yang kurang serat, kurang air, masalah pencernaan atau bahkan alergi. Apa pun penyebabnya, sembelit itu bisa menyakiti bayi.

Ada beberapa cara untuk membantu bayi dalam mengatasi sembelit, Ibu bisa membacanya di artikel : Mengatasi Susah BAB (Sembelit) pada Bayi Mpasi. Salah satunya adalah konsumsi buah yang mengandung serat.

Dalam artikel ini, kita akan membahas salah satu buah tersebut, yaitu prune dan cara membuat jus prune untuk bayi sembelit.

Prune merupakan buah plum yang dikeringkan, merupakan buah yang sudah dikenal lama untuk obat alami sembelit. Prune kaya serat tidak larut serta sorektorol pencahar alami. Banyak orang dewasa menggunakan jus prune untuk meredakan sembelit, tetapi bagaimana untuk bayi?

Cara Membuat Jus Prune (Plum) untuk Bayi Sembelit


Memanfaatkan Jus Prune untuk Bayi Sembelit

Jus prune membantu memperlancar buang air besar dan mengatasi kondisi stress akibat  sembelit (sebagai bonus, prunes juga kaya akan zat besi, kalium dan banyak vitamin lain).  Prunes mengandung Sorbitol dalam jumlah besar, termasuk serat larut dan tidak larut, dan polifenol. Semua senyawa yang efektif ini memiliki sifat laksatif. Sorbitol yang ada dalam jus prune membantu meningkatkan kandungan cairan usus bayi. Hal itu akan membuat tinja lunak dan mendorong BAB dengan baik.

Menggunakan jus prune untuk bayi sembelit sangat handal dan lebih aman daripada menggunakan obat. Beberapa orang tua menemukan bahwa jus prune bahkan lebih efektif daripada obat yang mengandung psyllium dan tanpa risiko efek samping yang berbahaya.

Baca juga: Manfaat Kismis untuk Bayi dan Balita

Berapa banyak jus prune yang harus saya berikan kepada bayi saya?

Jumlah jus prune yang bisa Ibu berikan kepada bayi tergantung pada usianya. Untuk bayi di bawah 6 bulan dan belum mulai Mpasi, maka jangan memberikan jus prune untuk bayi sembelit, kecuali jika dokter sudah menyetujuinya. Mengenalkan jus prune sebelum Mpasi bisa saja membuat masalah lebih buruk.

momtastic.com menyebutkan bahwa untuk bayi di bawah 6 bulan, Ibu bisa memberikan 1 sendok makan jus prune yang diencerkan dalam 2-3 ons air (30-60 ml).  Sementara untuk bayi di atas 6 bulan, Ibu bisa memberinya jus prune murni tanpa pengenceran. Mulai beri bayi 6 bulan dengan 2 ons (60 ml) sehari tanpa menambahkan air.  Jika si kecil tidak memiliki masalah, Ibu bisa memberikannya 2-4 oz jus prune (60 ml -120 ml). Setelah 8 bulan, si kecil bisa diberikan hingga 6 ons jus setiap harinya.

Namun karena rasa jus prune begitu kuat, kadang ada beberapa bayi yang tidak menyukainya. Jika jus prune murni ditolak oleh si kecil, maka cobalah untuk mengencerkannya. Atau, untuk membuat rasa jus lebih enak, Ibu bisa menambahkan beberapa jus alami lain seperti apel dan pir. Ada beberapa Ibu yang bahkan mencampurkan jus prune dengan oatmeal.

Jangan memberi berlebihan karena sistem pencernaan bayi masih berkembang. Terlalu banyak jus prune bisa menyebabkan iritasi lambung dan diare.

Jus Prune (Plum) untuk Bayi Sembelit

Cara Membuat Jus Prune untuk Bayi Sembelit


Jus prune biasanya tersedia di pasaran dalam kemasan botolan.  Namun jika Ibu memilih untuk membuat sendiri, ada dua metode untuk membuat jus prune bagi si kecil.

Metode 1.

  • Rendam buah prune dalam air selama satu hari penuh hingga daging buahnya lunak.
  • Hilangkan lubang dari plum yang lunak, lalu masukkan ke dalam blender.
  • Tambahkan sedikit jus apel atau pisang matang untuk meningkatkan rasa jus.

Metode 2:
Cara lain untuk menyiapkan jus prune buatan sendiri adalah merebus buah dalam air.
  • Masukkan prune  ke dalam panci berisi air.
  • Letakkan panci di atas api sedang dan rebus air.
  • Sekarang keluarkan plum dan tiriskan.
  • Setelah prune mendingin hingga suhu kamar, perlahan-lahan buang bijinya dan haluskan dengan menggunakan blender.
  • Blender untuk mendapatkan pasta yang halus dan tambahkan apel atau jus buah lainnya untuk meningkatkan rasa.

Sembelit biasanya menimbulkan rasa sakit pada bayi. Jika sembelit tidak juga berhenti setelah konsumsi jus prune, maka sebaiknya Ibu memeriksakan si kecil ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.


No comments:

Post a Comment