Monday, June 11, 2018

Cara Membuat Puree Pisang untuk Bayi

Ibu berencana memberi Mpasi pisang untuk si kecil?

Itu rencana yang bagus, Bu. Seperti kita tahu, pisang merupakan pilihan Mpasi pertama yang bagus. buah ini kaya akan gizi dan sangat mudah dicerna perut si kecil. Untuk memberikannya, Ibu bisa mulai dengan membuat puree pisang. Nah, pada artikel ini, kita akan membahas 5 cara mudah menyiapkan puree pisang  serta cara membuat puree pisang untuk bayi.

5 Langkah Mudah Untuk Cara Mempersiapkan Pure Pisang Untuk Bayi:

Membuat pure pisang untuk bayi sangat mudah disiapkan, selain itu juga multiguna.
•    Ibu bisa  menambahkan pure pisang ke sereal harian si kecil. Ini akan menambah rasa ekstra pada makanan sehari-hari.
•    Pure pisang adalah hidangan cepat saji sekligus lezat.

1. Memilih Pisang – Segar dan Matang

Cara membuat puree pisang untuk bayi
Ada beberapa jenis pisang yang tersedia di pasaran. Biasanya, para Ibu sering memberi bayi pisang ambon. Selain itu, Ibu juga bisa memberi si kecil pisang kepok, pisang emas dan pisang susu. Sebenarnya, pisang apa pun bisa untuk bayi, asalkan matang, segar dan tidak asam. Pilihlah pisang yang bebas noda dan berwarna kuning. Jangan memilih pisang yang hijau karena belum matang. Pisang dengan bintik-bintik juga menandakan sudah kelewat matang, jadi usahakan jangan memilih jenis pisang ini.

 Baca juga: Manfaat Mpasi Jagung untuk Bayi

2. Mencuci, Mengupas dan Mengiris Pisang:

Ibu bisa langsung mengupas kulit pisang dan kemudian melumatnya.  Tetapi sangat penting untuk membersihkannya dengan baik sebelum Ibu menjadikannya puree.
  • Pertama-tama, Ibu bisa mencampur air dan cuka dalam mangkuk dengan perbandingan 3: 1. Gunakan campuran itu untuk membersihkan pisang (yang masih berkulit). Cuka membantu menghilangkan bakteri pada kulit pisang.
  • Bersihkan setiap pisang di bawah air keran (air dingin) dan keringkan. Sekarang kupas kulitnya.
  • Setelah dikupas, pisang biasanya tidak akan bertahan lama. Jadi usahakan membuat puree menjelang waktu makan.  hal ini akan membuat kesegarannya terjaga.

3. Cara Membuat Puree Pisang untuk Bayi 

Cara membuat puree pisang untuk bayi sangatlah mudah. Hancurkan potongan pisang menggunakan sendok hingga mencapai konsistensi yang diinginkan.
  • Ibu bisa menambahkan air ke pisang yang sudah dihaluskan, tetapi lakukan hal ini hanya untuk bayi yang lebih tua.
  • Untuk bayi, tambahkan ASI untuk membuat puree tipis dan ASI jauh lebih baik dari air.
  • Ibu bisa  membuat 8 ons pure dengan satu pisang segar berukuran sedang.

4. Sajikan Puree Pisang dalam Rasa Berbeda Lainnya:

Puree pisang  rasanya terlalu enak, tetapi juga bisa ditambahkan ke pure buah lainnya agar lebih enak dan lezat.
  • Ibu bisa mencoba pure pisang dengan pure buah Avocado. Rasanya benar-benar enak karena kedua buahnya sangat halus dan bisa bercampur dengan sangat baik.
  • Selain itu, cobalah dengan peach, plum, pir, stroberi, ceri, blueberry dan yogurt.
Sebelum memberikan untuk bayi, pastikan Ibu mencicipi terlebih dahulu puree itu. adakalanya jenis pisang tertentu berubah rasa menjadi sedikit asam setelah dibuat puree. Ini bisa membuat bayi terkena sembelit karena lambung mudanya tidak cukup kuat untuk mencerna asam dalam pisang.

Baca juga: Buah Bit untuk Bayi dan Cara Membuatnya 

5. Mendinginkan Sisa Puree Pisang

Sebenarnya, Ibu bisa mendinginkan puree sisa dalam wadah kedap udara hingga 3 hari. Tetapi sangat dianjurkan untuk membuat puree segar dan lezat untuk bayi. Makanan segar buatan sendiri selalu lebih enak dan lebih baik untuk kesehatan bayi.

No comments:

Post a Comment