Tuesday, May 29, 2018

Makanan Bayi 8 Bulan untuk Kecerdasan Otak

Selamat, bayi Ibu memasuki umur 8 bulan. Yang artinya, ragam makanan yang bisa ia makan akan makin bertambah. Ada bahan makanan baru yang sudah bisa ia coba di bulan ini, contohnya telur. Lalu bahan makanan lainnya apalagi, terutama untuk kecerdasan otaknya? Nah, untuk Ibu yang mencari  bahan makanan bayi 8 bulan untuk kecerdasan otak, ikuti terus artikel ini.

Menyediakan makanan sehat adalah kewajiban Ibu, walaupun untuk memakannya atau tidak, tetaplah hak bayi. Namun kadang, ragam makanan juga bisa memancing selera makan si kecil, lho.

Nah, untuk Ibu yang mencari makanan bayi 8 bulan untuk kecerdasan otak, Ibu bisa memadukan makanan bayi 7 bulan untuk kecerdasan otak di artikel sebelumnya, dengan bahan-bahan berikut ini.


Makanan Bayi 8 Bulan untuk Kecerdasan Otak

Sebelumnya baca dahulu Makanan Bayi 7 Bulan untuk Kecerdasan Otak

Blueberry

Di umur 8 bulan, bayi sudah boleh makan blueberry dan raspberry. Buah ini penuh dengan flavonoid, sehingga bisa membantu meningkatkan memori, pembelajaran, dan pemikiran umum. Selain itu, kandungan flavonoid juga bisa memperlambat penurunan kemampuan mental yang berkaitan dengan usia. 

Minyak Zaitun

Makan minyak zaitun secara teratur dapat mengurangi kerusakan otak. Lemak tak jenuh tunggal dalam buah zaitun digunakan oleh semua sel dan bisa meningkatkan transportasi oksifen agar lebih banyak ke otak.

Brokoli

Brokoli adalah makanan super untuk otak bayi. Sayuran ini mengandung DHA, yang membantu agar para neuron terhubung. Brokoli juga memiliki sifat melawan kanker dan membuat sayur ini menjadi makanan otak bayi yang sangat baik.

Makanan bayi 8 bulan untuk kecerdasan otak

Kacang-kacangan.

Salah satu makanan bayi 8 bulan untuk kecerdasan otak adalah kacang. Jenis kacang yang bisa dicoba bayi umur 8 bulan adalah kacang polong. Kacang-kacangan  memiliki lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E, yang melindungi otak dari penyakit degeneratif seperti Alzheimer dengan memadamkan unsur-unsur merusak sel otak yang disebut radikal bebas.

Ikan

Semua orang tahu ikan memiliki manfaat bagus untuk otak. Nah, mengonsumsi ikan secara teratur  memiliki efek pada ukuran otak (massa) dan dapat memperlambat proses penuaan otak. Minyak (lemak omega-3) hadir dalam ikan berlemak seperti salmon, tuna dan mackerel  akan mampu membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, konsentrasi, dan memori. Asam lemak  omega 3  juga bisa membantu membangun jaringan otak. Asam lemak omega 3 membantu pertumbuhan dan fungsi otak pada bayi. Konsumsi ikan secara teratur akan meningkatkan keterampilan mental anak.

Baca juga : Ikan Kembung untuk Makanan Bayi

Telur

Makanan lain yang biasanya mudah diberikan pada anak-anak adalah telur. Anak umur 8 bulan sudah boleh dikenalkan dengan kuning telur. Para peneliti telah menemukan bahwa memberikan telur pada bayi untuk sarapan akan memberi mereka asam omega-3 yang bisa melindungi otak mereka, serta vitamin E yang dapat membantu melawan depresi.

Seperti kita tahu, anak-anak memiliki pusat ingatan yang berkembang, yang terbentuk selama 6 tahun pertama kehidupan. Kolin adalah nutrisi penting dalam proses ini. Satu kuning telur memiliki sekitar 200 miligram kolin, yang memenuhi atau hampir memenuhi kebutuhan anak-anak hingga 8 tahun. Telur juga mengandung zat besi, folat, dan vitamin A dan D (jika ditingkatkan), yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan normal.

Menurut sebuah penelitian baru-baru ini oleh sekelompok ilmuwan, “ Telur adalah sumber nutrisi yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan. Kami berhipotesis bahwa memperkenalkan telur lebih awal selama pemberian makanan tambahan akan meningkatkan nutrisi anak ... pengenalan telur secara dini secara signifikan meningkatkan pertumbuhan pada anak-anak.”

Neurotransmitter mereka juga akan mendapat dorongan, jadi pastikan Ibu mengenalkan telur untuk si kecil.

Baca juga : Manfaat Telur Puyuh untuk Bayi dan Anak

Makanan Fermentasi.

Makanan bayi 8 bulan untuk kecerdasan otak yang tidak kalah sehatnya adalah makanan hasil fermentasi. Ada beberapa manfaat besar jika Ibu memberikan makanan hasil fermentasi pada bayi sejak dini. Sebagai pengenalan, salah satu jenis makanan yang bisa adalah tempe.  Ibu bisa menambahkan sejumlah kecil tempe ke menu makanan bayi. 

Makanan fermentasi yang lembut dan bergizi  akan bergerak melalui saluran pencernaan,  memperkenalkan probiotik - bakteri baik dan ragi yang telah terbukti mampu meningkatkan kesehatan. Jaringan dukungan yang dibuat oleh probiotik melampaui usus, mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan perilaku bayi.

Baca juga : Tips Mengatasi Bayi Trauma Sendok


1 comment:

  1. Terima kasih atas infonya sangat bermanfaat, ditunggu info bermanfaat selanjutnya. Jangan lupa kunjungi website kami juga ya di http://titianhaticlub.com/
    semoga sukses selalu :)

    ReplyDelete