Tuesday, April 24, 2018

Cara Mengajarkan Bayi Makan Sendiri dengan Sendok

Salah satu langkah pertama dalam cara agar anak makan sendiri adalah mengajarkan bayi makan dengan sendok. Hal ini mungkin sulit bagi bayi yang baru memulai Mpasi, mengingat kemampuannya yang terbatas. Namun bersabarlah, Bu. Dengan bertambahnya umur bayi, maka kemampuannya juga meningkat.

Perkembangan setiap bayi berbeda-beda. Namun pada dasarnya, bayi mulai mengembangkan koordinasi tangan-mata yang mereka butuhkan untuk makan sendiri dengan sendok ketika mereka berusia antara 8 dan 11 bulan. Jika bayi mencoba mengambil sendok Ibu atau meniru Ibu ketika Ibu sedang makan, maka dia sudah siap dengan keterampilan baru ini.

Beberapa bayi mungkin belum siap makan dengan sendok pada satu tahun pertamanya. Jadi bersiaplah untuk memberinya banyak semangat. Gunakan  sendok yang dibuat khusus untuk bayi karena ini lebih kecil dan lebih mudah untuk digenggamnya.

Berikut langkah-langkah mengajarkan bayi makan dengan sendok.

Langkah 1

Siapkan makanan yang mudah untuk bayi makan dengan sendok, seperti sereal bayi atau pisang yang dihaluskan. Jika makanannya terlalu encer, kentalkan dengan serealia agar makanan tidak cepat menetes dari sendok.

Cara Mengajarkan Bayi Makan Sendiri dengan Sendok

Langkah 2

Beri bayi sendok kosong dan pegang satu sendok lainnya di tangan Ibu. Bawalah sendok ke mulut Ibu untuk menunjukkan cara menggunakannya. Biarkan si kecil berlatih dengan sendoknya beberapa kali atau berikan sendok Ibu jika ia meraihnya.

Baca juga: Ketika Bayi Sudah Mulai Menggunakan Sendok dan Garpu

Langkah 3
Tempatkan makanan di depan anak dan biarkan dia mencelupkan sendok ke dalamnya. Jika dia kesulitan, maka bantulah dengan menyendok sedikit makanan dengan sendok Ibu lalu tukar sendok si kecil dengan sendok yang sudah berisi makanan tersebut.

Langkah 4

Pujilah dia ketika dia menggunakan sendok dengan benar dan tetap tenang ketika dia melewatkan atau menjatuhkan makanan. Biarkan dia mengambil sendok berikutnya dan terus berlatih untuk sisa makanan. Pastikan dia cukup makan. Jika sebagian besar makanannya berakhir di nampan atau lantai, suapi dia makanan di antara upayanya untuk memberi makan dirinya sendiri.

Tips

Gunakan alas berupa koran atau tikar agar mudah dibersihkan. Untuk mengurangi kekacauan, sebaiknya taruh hanya sedikit makanan di hadapan bayi, alih-alih semangkuk penuh. Ambil alih sendok jika bayi tampak mulai bermain daripada menggunakannya untuk makan.

Baca juga: Peralatan untuk Menyiapkan Makanan Bayi

No comments:

Post a Comment