Tuesday, February 6, 2018

Mpasi Buah Naga untuk Bayi : Manfaat dan Resep Puree


Mpasi Buah Naga untuk Bayi - Buah sehat untuk bayi, sehingga cocok dijadikan makanan pertama untuk Mpasi bayi 6 bulan. Salah satunya adalah buah naga. Mpasi buah naga sudah biasa diperkenalkan pada bayi sejak umur 6 bulan, walau di beberapa website dianjurkan untuk memulai di umur 10 bulan.

Buah ini memiliki antioksidan tinggi. Sumber kalsium, fosfor dan vitamin C. Baik juga karena kandungan seratnya yang tinggi.Ibu hanya perlu memotongnya menjadi dua dan sendok daging untuk mengeluarkannya. Buah naga jenisnya ada dua. Warna merah lebih lezat dan manis.

Mpasi Buah Naga untuk Bayi

Buah naga adalah buah yang aman untuk Mpasi bayi. Tidak ada risiko alergi yang diketahui karena konsumsi buah ini. Selain itu, buah naga adalah alternatif makanan berserat tinggi yang rendah kolesterol dan bebas sodium.

Buah naga memiliki biji-biji yang lumayan keras dan kadangkala susah hancur ketika dihaluskan. Selain itu, buah naga juga agak bersifat asam yang bisa menyebabkan efek buruk pada sistem pencernaan anak. Untuk itu, memberi buah naga sebagai buah pertama bayi kurang cocok karena kondisi pencernaan bayi belum sempurna. Jika Ibu ingin memberi buah naga untuk bayi, maka sebaiknya tunggu sampai si kecil berusia 10 bulan. Atau konsultasikan dengan dokter sebelumnya.

Walau resiko alergi terhadap buah naga jarang ditemukan, Ibu juga sebaiknya perlu menerapkan aturan menunggu 4 hari untuk mengamati reaksi  dan  memastikan si kecil tidak menunjukkan reaksi alergi pada buah naga.

Manfaat Buah Naga untuk Bayi

Anti oksidan
Buah naga mengandung antioksidan tingkat tinggi yang dikenal sebagai fenol. Ini melindungi membran sel anak dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Pemberian buah naga secara teratur bisa meningkatkan imun anak sehingga tidak cepat sakit.

Membangun Tulang yang Kuat
Buah naga kaya akan mineral seperti potassium. Potasium, bersama dengan senyawa fenolik dan flavonid lainnya membantu anak untuk menumbuhkan tulang yang padat dan kuat. Hal ini akan melindungi anak di masa depan dengan mencegah kecenderungan arthritis. Postasium juga merupakan mineral yang menjamin berfungsinya jantung dan sistem syaraf

Kaya akan Vitamin C dan Vitamin A
Vitamin C dibutuhkan untuk pengembangan tulang dan otot anak, selain itu juga baik untuk gigi dan kulit. Vitamin C juga merupakan sumber yang bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh.  Vitamin A  akan yang sangat baik untuk kesehatan kulit serta mata.

Tinggi Serat
Kandungan serat dalam buah naga sangat tinggi, sehingga membantu pencernaan anak agar sehat dan juga menstabilkan kandungan gula darah. Serat juga membantu anak mendapatkan berat badan yang sehat.

Menyembuhkan Konstipasi
Kosumsi banyak makanan manis sering menyebabkan sembelit dan gas pada si kecil. Tingginya jumlah serat yang ada pada buah naga membantu anak mencerna makanan dengan benar. Buah naga kaya akan serat dan akan mengatur pergerakan usus. Jadi jika anak menderita sembelit, memberi dia buah naga adalah ide bagus.

Baca juga: Mengatasi Sembelit/Susah BAB pada Bayi Mpasi

Menjaga Ginjal tetap  bersih
Kapasitas detoksifikasi buah naga dapat membantu anak  menyingkirkan segala jenis racun di ginjal. Ini membuat ginjal bersih dari unsur beracun dan akibatnya membantu menjaga saluran kemih yang sehat.

Cara Mengolah Buah Naga untuk Bayi

Ada dua jenis buah naga yang beredar di pasar, buah naga merah dan putih. Kebanyakan Ibu memilih buah naga merah untuk bayi karena lebih manis.

Langkah termudah untuk mengolah buah naga untuk bayi adalah menjadikannya jus atau puree. Jus buah naga tunggal baik untuk bayi, asalkan Ibu memastikan bahwa batunya dihaluskan dengan sempurna.

Selain puree tunggal, buah naga sangat bagus jika dicampur dengan beberapa buah seperti:

Mpasi Buah Naga Pisang
Resep Mpasi buah naga pisang sangat mudah. ibu hanya perlu menghaluskan kedua jenis buah bersama-sama, kemudian tambahkan ASI/susu formula/air untuk mengatur konsistensinya. Kedua jenis buah ini manis, sehingga bayi akan menyukainya.

Mpasi Buah Naga Apel
Resep mpasi buah naga apel juga sama mudahnya. Hanya saja, untuk bayi yang masih kecil, Ibu perlu mengukus apel agar tidak asam. Haluskan bersama-sama dan campurkan dengan ASIP/Formula untuk mencapai konsistensi yang diinginkan.

Puding Buah Naga untuk Bayi


Membuat puding buah naga untuk bayi sebenarnya sangatlah sederhana. Ibu hanya perlu memasukkan potongan buah naga, atau puree buah naga ke agar-agar yang sudah dididihkan. Baru kemudian tuangkan ke cetakan. Hindari menuangkan buah naga dalam tahap mendidihkan, itu bisa mengurangi nutrisi yang ada dalam buah naga.


Baca juga: Oatmeal untuk Mpasi 6 Bulan Bayi

No comments:

Post a Comment