Thursday, January 25, 2018

Oatmeal untuk Mpasi 6 Bulan Bayi

Oatmeal untuk Bayi - Ibu pasti sudah tidak asing lagi dengan oatmeal. Makanan yang kaya serat, terbuat dari gandum. Jika Ibu sedang memikirkan makanan terbaik untuk mpasi bayi 6 bulan, maka cobalah oatmeal. Oatmeal sangat ringan, bahkan dibandingkan dengan nasi, sehingga bisa dicerna dengan mudah dan memberi banyak energi. Untuk itu, Mpasi oatmeal 6 bulan merupakan pilihan yang tepat.

Oatmeal untuk Bayi

Oatmeal merupakan salah satu sereal yang dianjurkan untuk menjadi makanan pertama bayi. Oatmeal sudah bisa diberikan untuk Mpasi mulai umur 4 bulan. Namun karena rekomendasi pemberian makanan padat baru dimulai pada umur 6 bulan, untuk itu Ibu bisa memberi oatmeal pada umur 6 bulan.

Mpasi oatmeal  6 bulan sangat bagus bagi bayi dibandingkan dengan beras. Kandungan seratnya yang lebih tinggi membuat bayi aman dari sembelit, selain itu rasa oatmeal lebih ringan dibanding beras sehingga bayi akan menyukainya. Selain itu, oatmeal juga memiliki reaksi alergi paling sedikit pada bayi dibandingkan dengan sereal dan makanan pokok lainnya.

Baca juga: Jenis Beras yang Bagus untuk  Bayi

Kandungan Gizi pada Oatmeal


Oatmeal (satu cangkir, teratur, tidak diperkaya & dimasak) Protein - 5.94g
 
VITAMIN

Vitamin A - 0 IU
Vitamin C - 0 mg
Vitamin B1 (tiamin) - .17 mg
Vitamin B2 (riboflavin) - .04 mg
Niacin - .53 mg
Folat - 14 mcg
Berisi beberapa vitamin lain dalam jumlah kecil.
MINERAL
Kalium - 164 mg
Fosfor - 162 mg
Magnesium - 84 mg
Kalsium - 21 mg
Sodium - 9 mg
Besi - 2,11 mg
Selenium - 12 mg
Juga mengandung sejumlah kecil seng, mangan dan tembaga.

 

Manfaat Oatmeal untuk Bayi


Berikut adalah sekilas beberapa manfaat kesehatan yang didapat jika bayi diberikan Mpasi oatmeal.

Tinggi Mineral
Menurut USDA, oatmeal mengandung mineral penting. Mineral ini termasuk kalsium, besi, fosfor, magnesium, kalium, sodium dan seng. Masing-masing mineral ini menawarkan manfaat perkembangan yang berbeda bagi bayi. Misalnya kalsium dan fosfor berguna untuk membangun tulang. Besi berguna untuk meningkatkan produksi hemoglobin, magnesium membantu dalam pembangkit energi, memiliki peran dalam kesehatan tulang dan gigi, bertindak sebagai pencahar, dll. Kalium dan natrium dikenal sebagai elektrolit yang memfasilitasi aktivitas listrik di otak, sumsum tulang belakang dan pada semua otot.

Oatmeal untuk Mpasi 6 Bulan Bayi

Pasokan vitamin yang baik
Oat juga mengandung vitamin tinggi seperti thiamin, niasin, riboflavin, folat, vitamin B-6, vitamin K dan vitamin E. Vitamin ini juga mempromosikan berbagai aktivitas di tubuh dan sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Sumber antioksidan yang baik
Terlepas dari vitamin dan mineral, gandum juga tinggi antioksidan. Dalam diet anak-anak antioksidan paling sedikit dibicarakan. Tapi, kehadiran antioksidan dalam makanan tetap dibutuhkan. Aktivitas antioksidan mengurangi risiko serangan radikal bebas di dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan yang baik dalam jangka panjang. Hal ini penting dalam makanan bayi.

Tinggi energi
Untuk 100g oatmeal, energi yang diberikannya hampir 400 kkal. Jumlah ini jauh lebih tinggi tinggi bila dibandingkan dengan makanan lain. Makanan energi tinggi sangat dibutuhkan bayi untuk pertumbuhan dan perkembangannya yang cepat.

Mudah dicerna
Meskipun oatmeal menyediakan energi dalam jumlah yang baik, makanan ini sangat mudah dicerna. Setiap makanan yang mudah dicerna sangat baik untuk bayi, karena sistem pencernaan mereka bisa mengolahnya dengan lebih mudah.  Hal ini menjadikannya makanan yang ideal karena memiliki energi tinggi dan mudah dicerna.

Pencahar Alami
Oatmeal tinggi serat makanan. Jumlah serat makanan sebanding dengan gandum. Serat makanan ini umumnya tidak dicerna, tetapi menyerap air di usus besar dan membuat tekstur kotoran menjadi lebih lembut sehingga mudah untuk dibuang. Gerakan usus yang bebas dan teratur juga akan mendorong nafsu makan pada bayi.

Baca juga: Mengatasi Susah BAB (Sembelit) Bayi


Merk Oatmeal Untuk Bayi

Oatmeal didapat dengan menggiling gandum, tetapi karena negara kita tidak menghasilkan biji gandum, Ibu bisa membeli oatmeal yang sudah jadi. Merk oatmeal yang banyak di pasaran adalah Quaker, dengan dua jenis. Ada yang instan(warna merah) ada pula yang berwarna biru (harus dimasak). Kedua merk Quaker ini bisa diberikan pada bayi tetapi lebih disarankan yang biru.
Selain Quaker, ada juga merk Heinz, Gerber, Lil’Bits, HappyBaby, dan lainnya. Apa pun merknya bisa, asalkan komposisinya murni gandum utuh. Perhatian cara memasak di label kemasan dengan teliti, begitu juga tanggak kedaluwarsanya.



Cara membuat Bubur Oatmeal untuk Mpasi Bayi

Seperti halnya beras, Ibu bisa menghaluskan oatmeal sebelum dimasak hingga menjadi tepung. Tepung oatmeal ini harus disimpan dalam wadah tertutup agar kedap udara. Selain itu, Ibu bisa juga memasak oatmeal terlebih dahulu, baru kemudian dihaluskan.

Saat memasak bubur oatmeal ini, gunakan ¼ hingga 1/3 cangkir oatmeal bersama 1-2 cangkir air. Aduk terus bubur agar tidak mengental. Tunggu hingga dingin, baru cairkan lagi dengan ASI atau susu formula. Penggunaan susu sangat baik, terutama bagi bayi yang baru Mpasi karena rasanya yang akrab di lidah bayi.

Selain susu, Ibu juga bisa memasak oatmeal dengan menggunakan kaldu.

Untuk pemberian pertama, baiknya Ibu memberikan bubur oatmeal tunggal, jangan dicampur dengan bahan lain. Setelah bayi lulus tes alergi oatmeal dan bahan lain, baru berikan bubur plus puree bahan lainnya.

Oatmeal bisa dikombinasikan dengan banyak jenis makanan, baik itu buah, sayur, daging, telur puyuh,  produk olahan susu seperti keju dan bahkan karbohidrat lain. yang perlu Ibu pastikan adalah bahan itu sudah lulus uji alergi dan sudah boleh diberikan pada bayi, sesuai dengan chart makanan yang ada.

Tambah EVOO dan alpukat juga bagus untuk meningkatkan asupan lemak untuk bayi.

Baca juga: Makanan untuk Bayi Umur 4-6 Bulan

No comments:

Post a Comment

My Blog List