Saturday, January 6, 2018

Manfaat buah melon untuk Bayi dan Balita

Melon adalah salah satu buah manis untuk bayi. Tanaman ini diperkirakan berasal dari India atau Afrika dan tumbuh subur di Indonesia. Ada beberapa jenis melon yang beredar di Indonesia. Umumnya, Sky Rocket Melon yang daging buahnya berwarna putih dan Rock Melon yang berwarna kuning oranye. Melon oranye rasanya biasanya lebih manis dan bagi beberapa bayi bisa digunakan untuk menghilangkan sembelit. Simak  artikel ini lebih lanjut untuk mengetahui manfaat buah melon untuk bayi dan balita.

Buah melon untuk Bayi dan Balita

 Bolehkah Bayi Makan Melon?


Tentu saja boleh. Idealnya, melon baru diperkenalkan ketika bayi berumur 8 -10 bulan. Namun ada pula beberapa Ibu yang sudah memberikan buah melon pada bayi 6 bulan. Namun perlu diketahui bahwa melon terkadang bisa menyebabkan ruam. Jadi jika ada riwayat alergi buah pada keluarga, sebaiknya Ibu berhati-hati.

Manfaat Melon untuk Bayi dan Balita


Melon mengandung vitamin A, vitamin C dan bahkan kalsium. Berikut kandungan yang tersedia dalam 1 cangkir buah melon.

Melon (1 cangkir mentah)

VITAMIN:
Vitamin A - 5276 IU
Vitamin C - 57,3 mg
Vitamin B1 (tiamin) - 0,06 mg
Vitamin B2 (riboflavin) - .03 mg
Niacin - 1,14 mg
Folat - 33 mcg
Berisi beberapa vitamin lain dalam jumlah kecil
MINERAL:
Kalium - 417 mg
Fosfor - 23 mg
Magnesium - 19 mg
Kalsium - 14 mg
Sodium - 25 mg
Besi - .33 mg
Juga mengandung sejumlah kecil mangan, tembaga dan seng.
Baca juga: Semangka untuk Bayi

Berikut merupakan manfaat yang diberikan melon untuk bayi dan balita Ibu:

melon untuk bayi

Salah satu sumber vitamin yang baik: Melon adalah sumber vitamin esensial seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, thiamin, niacin, folat, asam pantotenat, dan sebagainya. Masing-masing vitamin ini memiliki peran penting dalam tubuh.

Bagus untuk penglihatan: Melon mengandung zea-xanthin, karotenoid. Karotenoid ini sangat membantu dalam melindungi terhadap radiasi UV yang berbahaya yang masuk ke mata anak-anak dan orang dewasa. Pada orang tua, zat ini memberikan perlindungan terhadap Age Related Macular Disease.

Suplai antioksidan: Seperti buah-buahan lain, melon juga merupakan sumber antioksidan yang baik. Antioksidan ini berfungsi sebagai agen penetral untuk radikal bebas yang sering diproduksi selama metabolisme. Diet yang kaya akan antioksidan sangat penting untuk mencegah datangnya penyakit.

Memiliki khasiat antiinflamasi: melon juga memiliki khasiat anti inflamasi. Inflamasi dapat terjadi karena rangsangan yang berbahaya, kerusakan sel dan akibat iritasi. Beberapa peradangan ini dapat dikurangi dengan konsumsi melon.


Cara Memilih Buah Melon

Melon merupakan salah satu buah yang bebas pestisida, jadi aman untuk bayi. Memilih melon tidak susah,ciumi buahnya dan pilihnya melon yang memiliki aroma segar. Untuk melon yang sudah dipotong, Ibu bisa memilih yang warnanya cerah dan segar. Jangan pula memilih yang terlalu lembek karena biasanya sudah terlalu matang dan hampir busuk. Aroma manis akan tercium dari melon yang segar.

Cara Menyimpan Buah Melon

Melon yang belum dibuka bisa disimpan dalam suhu kamar. jangan membeli ukuran bisa jika hanya akan diberikan pada bayi. Pilih ukuran kecil, kupas dan potong. Melon yang sudah dipotong harus masuk kulkas. Ibu bisa menempatkannya pada wadah dan juga plastik.

Resep Makanan Bayi dari Buah Melon

Untuk bayi umur 8 tahun, Ibu sudah bisa memberikannya dalam keadaan mentah, baik untuk finger food atau pun puree.

puree melon untuk bayi

Untuk membuat puree melon, Ibu cukup mengupas dan memotong melon dalam bentuk dadu. Masukkan ke blender dan haluskan. Ibu tidak perlu menambahkan air karena melon mengandung banyak air. Jika Ibu pikir teksturnya terlalu cair, Ibu bisa menambahkan sereal, gandum, atau makanan lain.

Ibu juga mengkombinasikan melon dengan buah lainnya seperti pisang, alpukat, bluberi, persik, wortel (matang), zucchini (matang), ayam dan juga yogurt.



No comments:

Post a Comment