Thursday, January 18, 2018

Manfaat Asparagus untuk Bayi

Apa Ibu kehabisan ide sayur untuk dikenalkan untuk bayi? Kalau Ibu mau, cobalah asparagus. Salah satu jenis sayur ini sangat sehat, sehingga bagus untuk bayi. Artikel berikut akan mengupas manfaat asparagus untuk bayi, resep asparagus dan juga cara mengolah asparagus untuk bayi.

Kapan Bisa Mengenalkan Asparagus untuk Bayi?

Asparagus adalah sayuran yang sangat sehat sehingga Ibu bisa mulai bisa memberikannya setelah tahap penyapihan awal usai. Asparagus kaya akanVitamin C , vitamin B, serat, dan bahkan asam folat. Semua ini sangat penting untuk kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan bayi secara keseluruhan.

Mengenalkan asparagus sebagai makanan atau sayur mpasi bayi 6 bulan mungkin bukan pilihan yang baik. Sama seperti kembang kol dan brokoli, asparagus juga bisa menyebabkan perut kembung. Karena perut bayi masih cukupsensitif, dia mungkin akan sulit mencerna asparagus. Gas bisa menyebabkan kolik, yang akan membuat bayi tidak nyaman dan rewel.

Waktu terbaik untuk mengenalkan asparagus pada bayi  adalah saat berusia antara 8-10 bulan. Pada saat itu Ibu pasti sudah mengenalkan makanan lain ke bayi dan mengenalkan asparagus akan lebih mudah pada perut si kecil. Jika bayi menderita masalah pencernaan, kenalkan asparagus setelah si kecil berulang tahun yang pertama.

Kandungan Gizi Asparagus


Berikut adalah sekilas grafik gizi untuk asparagus:


PARAGUS, COOKED 1 CUP = 180 GRAMS [1]
NUTRIENTDRI/DV
Vitamin K101%
Folate67%
Copper33%
Vitamin B124%
Selenium20%
Vitamin B219%
Vitamin C18%
Vitamin E18%
Manganese14%
Phosphorus14%
Fiber14%
Potassium12%
Vitamin B312%
Choline11%
Zinc10%
Vitamin A10%
Iron9%
Protein9%
pantothenic acid8%
Vitamin B68%
Magnesium6%
Calcium4%
Baca juga: Durian untuk Bayi, Bolehkah?

 Manfaat Asparagus Bayi

Manfaat asparagus pada bayi meliputi kandungan serat makanan, yang akan mengatur pergerakan usus bayi dan mencegah sembelit. Sayur ini juga mengandung  vitamin B kompleks yang membantu fungsi metabolisme bayi.

Kandungan Vitamin A, C dan E yang ditemukan di asparagus akan membantu membuat sistem kekebalan tubuh bayi kuat dan melawan kemungkinan infeksi. Hal ini juga baik untuk mencegah kanker di tahun-tahun berikutnya.

Vitamin K dalam asparagus membantu menguatkan tulang bayi. Selain itu, juga bagus untuk membantu menjaga ancaman penyakit Alzheimer.

Manfaat Asparagus untuk Bayi


Cara Mengolah Asparagus untuk Bayi

Asparagus yang tersedia di pasaran biasanya berupa asparagus batangan. Untuk mendapatkan manfaat asparagus untuk bayi, maka pilihlah batang dan warna yang masih segar. Perhatikan pula kuntumnya, cari kuntum bunganya utuh, tidak sobek. Kini tersedia varietas asparagus mini (baby asparagus).

Bagian bawah asparagus biasanya bertekstur keras dan berkayu. Bagian yang bisa diberikan pada bayi adalah sepanjang 10 cm dari  pucuknya yang seperti kuntum bunga. Sementara itu, bagian batang yang keras bisa dikupas dan dimasak bagian dalamnya sebagai kaldu sayur.

Asparagus ini bisa dikukus atau dipanggang. Untuk anak yang lebih tua, bisa diolah menjadi finger food. Untuk bayi yang lebih muda, bisa dicincang untuk ditambahkan ke bubur bayi, isian nuget atau sup krim. Atau untuk anak di atas satu tahun, asparagus bisa digoreng sebagai tempura.

Baca juga: Aneka Resep Masakan Bayi umur 9-12 Bulan

Lima Ide Resep Untuk Asparagus Untuk Bayi:

Ingatlah untuk berbicara dengan dokter bayi sebelum menambahkan asparagus ke makanan bayi.
Berikut adalah lima ide resep yang akan membantu Ibu mempersiapkan asparagus untuk bayi dengan cara yang lezat, sehat dan mudah:

Asparagus dan Apple Puree:

Bahan:
  •  ½ buah apel (diiris)
  • 4 batang asparagus
  • 4 cangkir stok sayuran lain
Cara Memasak:
  • Kukus semua bahan hingga matang, pastikan apel dan asparagus empuk.
  • Setelah dingin, puree semua bahan hingga halus.

Sup Krim Asparagus

 Bahan:
  • 1 sdm yogurt
  • 3 batang asparagus yang dimasak (cincang)
  •  2 sdm keju krim
Cara Memasak:
  • Campur keju krim dan yogurt, lalu tambahkan asparagus yang dimasak.
  • Ibu bisa menggunakan resep ini sebagai saus, atau mengoleskan ke roti.

Asparagus dan Telur:

Bahan:
  • 2 butir telur
  • 2 sdm keju krim
  • 2 batang asparagus matang (cincang)
  • 1 sdm mentega
Cara Memasak:
  • Panaskan mentega di wajan. Kocok telur dan tambahkan ke dalam panci, aduk rata.
  • Tambahkan keju krim dan asparagus.
  • Masak sampai adonan mengeras.


No comments:

Post a Comment

My Blog List