Thursday, January 11, 2018

Durian untuk Bayi, Bolehkah?

Durian, si raja buah menjadi favorit banyak orang dewasa. Namun bagaimana untuk bayi? Apakah bayi boleh makan durian?

Durian merupakan buah yang sarat akan manfaat. Selain rasanya yang enak dan membuat ketagihan, durian juga memiliki beberapa manfaat bagi tubuh.

Dari banyaknya manfaat, harusnya durian itu bisa menjadi makanan sehat untuk bayi. Namun apakah demikian adanya?


Dilansir dari health.detik.com, durian termasuk buah yang bisa diberikan untuk bayi. Hanya saja, pertanyaan yang biasa ditanyakan oleh para Ibu selanjutnya adalah, seberapa banyak buah yang boleh dimakan oleh bayi dan pada umur berapa anak boleh makan durian?

Umur Berapa Bayi Boleh Makan Durian?

Dari babyment.com, durian baru dianjurkan untuk dikenalkan pada bayi umur setahun. Ibu bisa mengenalkan rasa durian pada umur ini tetapi dengan asupan yang terbatas.  Untuk bayi di bawah umur 12 bulan, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi durian karena kandungan gulanya. Gula pada durian memang termasuk gula buah atau fruktosa yang jauh lebih sehat daripada sukrosa, tetapi kandungannya yang tinggi bisa membawa pengaruh buruk bagi bayi. Seperti kita tahu, asupan gula terlalu tinggi bisa menimbulkan masalah pada gigi bayi, menyebabkan obesitas, memperberat beban ginjak dan juga bisa mengembangkan  resiko diabetes. Itulah sebabnya bayi di bawah setahun dianjurkan untuk menghindari gula dan garam.

baca juga: Penambahan Gula dan Garam pada Makanan Bayi 


Durian juga mengandung alkohol dan berserabut. Durian yang dikenal  bersifat ‘panas’ bisa menyebabkan gas. Selain itu, durian juga bisa merangsang asam lambung. Memberikan secara berlebih, terutama pada bayi dengan kondisi pencernaan yang belum sempurna akan menjadi sangat riskan. Bayi bisa panas dalam, menderita sakit perut dan pada akhirnya sembelit.

Baca juga: 7 Hal Umum Penyebab Sakit Perut pada Bayi

Manfaat Durian untuk Bayi

Durian mengandung banyak nutrisi yang penting untuk bayi. Nutrisi itu termasuk:  lemak, protein, karbohidrat, vitamin C, Vitamin B2, vitamin B1, kalsium, serat, asam folat, zinc, magnesium, dan besi. Selain itu, mengenalkan durian juga  bagus untuk memperkaya varian rasa yang dikenal si kecil. Seperti kita tahu, di masa depannya, akan semakin banyak jenis makanan yang menawarkan rasa durian. Terbiasa dengan rasa ‘aneh’ itu sejak kecil akan memudahkannya untuk menerima makanan tersebut.

Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter jika Ibu ingin mengenalkan durian pada bayi. Pastikan Ibu mengawasi si kecil saat mengkonsumsi buah ini. Pilihlah daging buahnya yang sudah matang sempurna dan lembut. Pastikan bayi tidak memakan biji muda durian  karena bagian ini mengandung cyclopropene atau siklopropena yang bisa berefek racun untuk tubuh.


Baca juga: Manfaat Buah Melon untuk Bayi dan Balita

No comments:

Post a Comment

My Blog List