Thursday, January 4, 2018

Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi dengan pengobatan Rumahan

Bayi hanya bisa bernafas dengan hidung, jadi ketika hidungnya mampet, maka ia akan kesulitan untuk menghirup udara. Salah satu cara mengeluarkan dahak pada bayi adalah dengan obat, tetapi pemberian obat itu rumit, karena harus ke dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat. Selain itu, obatnya kadang tidak efektif.

Nah, agar Ibu bisa membantu bayi melegakan saluran pernapasannya di rumah, maka Ibu bisa mencoba beberapa cara berikut. Pengobatan rumah yang akan menjadi pertolongan pertama untuk bayi sesak dalam mengeluarkan dahaknya.


Langkah 1
Jalankan shower dengan air panas untuk membuat kamar mandi beruap. Bawa bayi ke kamar mandi beruap, tinggal di sana selama sekitar 10 sampai 15 menit. Awasi bayi setiap saat selama berada di kamar mandi. Uap bisa membantu membersihkan saluran pernapasan yang tersumbat dahak sehingga bayi mudah meludahkan dahaknya.


Langkah 2
Mandikan bayi dengan air hangat yang menenangkan. Pastikan suhu air tidak panas agar tidak membuatnya melepuh. Air hangat bisa melonggarkan dahak, sehingga memudahkan bayi untuk meludahkannya.


Langkah 3
Jalankan vaporizer di kamar bayi untuk membuat uap. Awasi bayi saat alat penguap sedang berjalan, pastikan tidak ada anggota badan bayi terkena uap. Vaporizers melembabkan udara dengan uap dan beberapa perangkat mengandung reservoir untuk melepaskan inhalansara dekongestan alami, seperti kayu putih. Uap akan melonggarkan lendir bayi, sehingga membuatnya bisa meludahkannya dengan lebih mudah.


Baca juga : Makanan untuk Daya Tahan Tubuh Anak


Langkah 4
Gosok dada bayi dengan balsem gosok khusus bayi (baby chest rub) atau bisa juga dengan minyak telon, Ibu bisa membelinya di apotek setempat. Pijatkan balsam ke dada dan juga aromaterapi, kombinasikan dengan pijatan lembut. Cara mengeluarkan dahak bayi yang satu ini sangat efektif untuk melonggarkan dahak bayi.


Langkah 5
Teteskan satu atau dua tetes semprotan garam bayi yang bisa Ibu  beli di apotek setempat ke lubang hidung bayi. Masukkan cairan itu ke dalam alat penetes, sementara bayi berbaring. Lakukan pada satu lubang hidung pada satu waktu. Cairan ini akan membantu mengencerkan dahak keras. Bersihkan lendir yang keluar dengan perlahan dengan menggunakan bulb syringe.


Baca juga : Makanan Bayi 7 Bulan untuk Kecerdasan Otak 

Jika salah satu cara mengeluarkan dahak pada bayi di atas tidak berhasil, Ibu bisa mengkombinasikannya. Namun sekali lagi, cara tersebut merupakan pengobatan rumahan yang aman.

Tetap pantau kondisi bayi. Jika bayi  mengalami demam, muntah berkembang menjadi diare atau jika dia mengalami kesulitan bernafas, hubungi dokter.



No comments:

Post a Comment