Wednesday, December 13, 2017

Mangga untuk Mpasi Bayi dan Cara Membuat Puree Mangga

Musim buah datang dan persediaan mangga melimpah. Jika Ibu punya bayi, tentu terpikir kalau ingin memberi puree mangga untuk Mpasi si bayi. Namun sebelumnya, banyak pertanyaan yang membuat Ibu sampai ke artikel ini. Apakah buah mangga bagus untuk bayi? Lalu jenis mangga untuk Mpasi yang bagus itu dari mangga varian apa?

Mangga (juga makanan lain yang mengandung vitamin C) akan membantu bayi untuk menyerap lebih banyak zat besi dari  makanan yang dikonsumsinya. Jadi Ibu tidka perlu khawatir untuk menghidangkan mangga bersamaan dengan daging dan makanan kaya zat besi lain.

Apakah Buah Mangga Bagus untuk Bayi?

Mangga merupakan buah yang mengandung sejumlah besar vitamin, mineral, dan karbohidrat jadi bagus untuk bayi. Usia rata-rata yang disarankan untuk mengenalkan mangga pada bayi adalah antara umur 8 dan 10 bulan. Beberapa orangtua memberikan mangga bahkan sejak umur 6 bulan, tetapi sangat disarankan untuk konsultasi dengan dokter mengenai hal itu.

Beberapa nutrisi yang terkandung dalam buah mangga:
NUTRITION FACTS
Serving size: 165g
Amount Per Serving
Calories    107
Calories from Fat    4

% Daily Value*
Total Fat 0g
1%
Saturated Fat 0g
1%
Trans Fat

Cholesterol 0mg
0%
Sodium 3mg
0%
Total Carbohydrate 28g
9%
Dietary Fiber 3g
12%
Sugars 24g

Protein 1g

Vitamin A    25%
Vitamin C    76%
Calcium    2%
Ironvitamin    1%
*Persen Nilai Harian didasarkan pada diet 2.000 kalori. Nilai harian Anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada kebutuhan kalori Anda.
sumber: nutritiondata.self.com

Manfaat Buah Mangga untuk Mpasi Bayi

Sementara itu, sejumlah manfaat juga terkandung dalam buah mangga.  Beberapa di antaranya termasuk:

Pencernaan
Buah mangga mengandung biokimia dan enzim seperti terpen, ester, dan aldehida yang membantu meningkatkan pencernaan. Buah ini kaya akan serat, dan membantu mengatasi konstipasi.

Penglihatan

Mangga matang adalah sumber vitamin A terbaik, yang dibutuhkan oleh bayi untuk pengembangan penglihatan. Penglihatan bayi baru lahir tidak begitu banyak berkembang seperti manusia dewasa. Efisiensi penglihatan mereka berkembang selama pertumbuhan mereka di bulan-bulan berikutnya. Buah mangga ini juga mengandung vitamin C dan B, zat besi, potasium, dan protein.

Anti mikroba

Mangga meningkatkan fungsi epitel di tubuh dan mengurangi serangan mikroba. Kemungkinan bayi untuk terkena flu biasa, sinusitis dan rinitis akan berkurang jika dia mengkonsumsi mangga. Buah asam rendah ini tidak menambah refluks bayi.

Imunitas

Mangga kaya akan betakaroten. Karotenoid membantu menghilangkan radikal bebas dari tubuh, membantu meningkatkan tingkat kekebalan tubuh. Buah ini memainkan peran penting dalam mencegah penyakit jantung dan kanker.

Perkembangan otak

Mengkonsumsi mangga memperbaiki fungsi otak, karena kaya akan vitamin B6. Buah ini juga mengandung asam glutamin yang membantu dalam meningkatkan ingatan dan konsentrasi bayi.

Tips Memberi Makan Mangga Untuk Bayi

1.    Beri bayi makan mangga jika dia sudah makan padat dan semi padat.
2.    Pastikan mangga benar-benar dihaluskan dan tidak mengandung serat apapun.
3.    Serat pada mangga bisa membuat  bayi sulit menelan.
4.    Mangga mentah asam dan tidak mudah dicerna oleh bayi.
5.    Periksa apakah si kecil menunjukkan alergi terhadap mangga.

Baca juga: Pepaya untuk Makanan Pendamping ASI Bayi

Alergi mangga pada bayi

Selain banyak manfaat, hati-hati juga saat menerapkan mangga untuk Mpasi. Sebagai buah-buahan tropis, mangga cenderung menimbulkan alergi terhadap bayi muda. Jadi, buah ini tidak disarankan sebagai makanan pertama yang hebat. Tunggu hingga bayi berumur setidaknya 8 bulan.

Reaksi alergi jarang terjadi dan tidak mematikan. Bentuknya biasanya berupa dermatologis atau topikal. Jika bayi memiliki reaksi atopik terhadap mangga, ia mungkin mengalami ruam di sekitar mulut atau bagian bawahnya.

Alergen berada di kulit mangga dan bukan di dalam. Ruam timbul jika penderita alergi bersentuhan dengan kulit mangga atau getah. Makan bubur mangga mungkin tidak memicu ruam, tapi terlihat jika oleoresin dari kulitnya menyentuh daging.

Jika keluarga memiliki riwayat alergi terhadap mangga atau kacang-kacangan, berhati-hatilah saat menyajikan buah ke bayi.

Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada mangga dapat menyebabkan diare jika sistem pencernaan bayi tidak cukup matang.

Jenis Mangga untuk Mpasi

Mangga bukan termasuk lusinan makanan kotor yang terkontaminasi oleh pestisida. Karena itu, memilih mangga juga tidak terlalu sulit. Hal pertama yang harus diperhatikan jenis mangga untuk Mpasi. Pastikan mangganya matang, berasa manis dan tidak banyak serat. Beberapa jenis mangga untuk Mpasi di antaranya mangga madu, mangga arumanis, mangga manalagi dan mangga gedong gincu.

Catatan: Simpan mangga matang di kulkas selama 4 sampai 5 hari. Jangan simpan mangga mentah di kulkas. Ibu bisa membelah mereka dengan memasukkannya ke dalam kantong kertas.

Bisakah puree mangga dibekukan?

Bisa. Puree mangga bisa dibekukan dalam wadah bebas BPA hingga 3 hari. Bekukan sisa makanan hingga 3 bulan.

Baca juga : Menyimpan/Membekukan Makanan Bayi



Cara Membuat Puree Mangga


Puree mangga untuk bayi 6 bulan sangat tidak dianjurkan. Tunggu hingga bayi berumur 8 bulan ya, Mom. Cara membuat puree mangga sangatlah gampang.Berikut resepnya:

Puree Mangga Murni


Bahan:
•    1 buah mangga matang

Cara memasak:
•     Kupas buahnya dan ambil daging, letakan dalam mangkuk.
•    Haluskan daging menggunakan garpu atau dengan blender.
•    Suapkan ke bayi dengan menggunakan sendok kecil.

catatan:
Satu mangga menghasilkan sekitar enam ons pure. Cobalah mencampur pure mangga dengan pisang, kalkun, ubi jalar, butternut squash, pir, saus apel, oatmeal, dll.

Puree Mangga dan Wortel


Bahan:
•     1 mangga matang (kupas dan cincang)
•    2 sampai 3 wortel (kupas dan cincang)
•    1/2 gelas air

Cara membuat:
•    Tambahkan wortel dan mangga ke dalam panci dan tuangkan setengah cangkir air.
•    Masak selama 10 menit. Campur isi dengan sendok setelah dingin.


Puree Mangga Yogurt

Bahan:
•    1 mangga matang (kupas dan cincang)
•    2 sendok teh yogurt
•    1/4 cangkir jus apel / pir / air

Cara Membuat:
•    Haluskan potongan mangga, tambahkan yogurt, dan jus untuk mendapatkan konsistensi yang diinginkan.

Jus Mangga / Milkshake


Bahan:
•    1/4 cangkir daging mangga
•    1/4 cangkir air
•    2 sendok teh gula
•    1/8 cangkir susu

Cara membuat:
•    Tambahkan semua bahan ke dalam blender dan campurkan selama dua menit. Jika diinginkan, tambahkan beberapa es batu dan jus mangga untuk bayi sudah siap.

Catatan: Dengan menambahkan sedikit air dan susu ke irisan mangga dan mencampurnya dengan baik, Ibu bisa menyiapkan smoothie mangga untuk bayi.

No comments:

Post a Comment