Thursday, December 7, 2017

Manfaat Kesehatan Air Kelapa untuk Makanan Bayi

Air kelapa bermanfaat buat tubuh orang dewasa, tetapi bagaimana untuk bayi?
Bolehkah bayi minum air kelapa?
Kalau boleh, umur berapakah bayi boleh minum air kelapa dan seberapa takaran air kelapa yang tepat untuknya?
Lalu, bolehkan bayi diare minum air kelapa dan bagaimana jadinya kalau bayi minum air kelapa saat demam?

Kelapa dianggap sebagai 'makanan ajaib' dan 'makanan sempurna' oleh banyak orang karena ini adalah makanan yang hampir lengkap dalam banyak hal. Kelapa memiliki semua nutrisi penting yang dibutuhkan untuk bertahan hidup.

Buah kelapa muda memiliki banyak air di dalamnya. Air ini sangat penting. Air kelapa adalah salah satu zat pengisi cairan terbaik yang diketahui manusia sejak zaman purba. Daging kelapa berkembang di dalam cangkang dengan bantuan air.

Pohon kelapa diyakini berasal dari wilayah Indo-Melayu dan sangat populer di banyak negara Asia Tenggara, kepulauan Pasifik Asia, Australia, Papua Nugini, Afrika dan akhirnya sampai ke benua Amerika selama penaklukan Spanyol. Umumnya, pohon kelapa dapat dilihat secara luas di tempat tropis dan sub-tropis dengan suhu di atas rata-rata.

Bolehkah Bayi Minum Air Kelapa?

Ada perdebatan tentang apakah kelapa bisa diberikan pada bayi atau tidak. Ini karena daging kelapa sulit dikunyah untuk bayi. Sulit bahkan bagi bayi-bayi yang sudah tumbuh gigi. Bahkan kelapa parut bisa sulit dicerna. Di sisi lain, air kelapa aman dan mudah untuk diberikan pada bayi.

Umur berapa bayi boleh minum air kelapa?

Para ahli merekomendasikan memberi air kelapa kepada bayi setelah 6 bulan. Idealnya, Ibu  bisa mulai memberinya di antara umur 6 dan 8 bulan saat bayi mulai makanan padat .

Air kelapa bisa membantu pencernaan dan juga meningkatkan rasa dan aroma makanan. Ibu bisa menambahkan air kelapa ke makanan bayi dengan cara sebagai berikut:
•    Bisa menambahkannya ke nasi
•    Bisa menambahkannya ke campuran purees
•    Biisa merebusnya pada sayuran dan menghaluskannya

Mengapa Air Kelapa Bagus untuk Bayi?

Air kelapa merupakan sumber alami suplemen penting yang dibutuhkan bayi. Cairan ini adalah tonik ajaib menyegarkan yang memberi sedikit energi instan. Air kelapa adalah makanan lengkap untuk bayi di samping susu ibu karena kandungan asam lauratnya. Biasanya, tubuh si kecil  menggunakan asam laurat dari susu atau air kelapa, untuk membentuk senyawa monolaurin yang membantu melawan penyakit. Oleh karena itu, ini adalah salah satu makanan yang direkomendasikan untuk bayi dan ibu menyusui.



 100 gram air kelapa mengandung nilai gizi sebagai berikut:



Nutrisi
Nilai untuk 100 gram
Nutrisi
Nilai untuk 100 gram
Energi

19 kkal

Besi

0,29 mg
air

94,99 gm

Kalium

250 mg
Total lipid

0,20 gm

Fosfor

20 mg
Protein

0,72 gm

Seng

0,10 mg
Serat

1,1 gm

Sodium

105 gm
Karbohidrat

3,71 gm

Thiamin

0,03 mg
Kalsium

24 mg

Vitamin C

2,4 mg
Gula

2,61 gm

Niasin

0,08 mg
Magnesium

25 mg

Riboflavin

0,057 mg
Folat

3 ug

Vitamin B6

0,032 mg

Baca juga : Manfaat Kurma untuk Makanan Bayi

Manfaat Kesehatan air kelapa untuk bayi

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan air kelapa untuk bayi

Sumber terbaik untuk rehidrasi
Air kelapa adalah sumber rehidrasi terbaik , terutama saat musim panas yang panas. Bayi, anak - anak dan orang tua adalah yang paling rentan terhadap sengatan panas dan dehidrasi. Cara terbaik untuk mengalahkan panas bukan dengan soda manis tapi dengan air kelapa. Air kelapa manis dengan kalori lebih sedikit dan juga memiliki semua vitamin, mineral dan garam esensial .

Untuk menghilangkan sembelit:
Sembelit pada bayi adalah sesuatu yang sangat mengkhawatirkan orang tua. Alasan utama sembelit pada anak-anak adalah karena kekurangan air atau serat dalam makanan atau kelebihan susu atau makanan berlemak. Dengan memberi air kelapa secara teratur, bayi bisa terhindar dari sembelit. Air kelapa menjadi sumber serat yang baik dan kaya akan elektrolit membantu menghilangkan sembelit.

Mengobati Kolera
Penelitian menunjukkan bahwa air kelapa dapat digunakan untuk mengobati kolera. Air kelapa dicampur dengan 1-2 sendok teh air jeruk nipis atau sejumput garam sangat membantu dalam kolera. Campuran ini tidak hanya mengoreksi keseimbangan elektrolitik tapi juga mengurangi asidosis dalam tubuh. Penggunaan air kelapa di daerah dengan pasokan berlimpah bisa menguntungkan karena harganya lebih murah dan air kelapa saat diambil segar dari buah sama sterilnya dengan larutan garam yang tersedia secara komersial.



Memiliki sifat antibakteri
Hal ini mungkin terdengar mustahil bagi beberapa orang, tapi ternyata memang benar. Air kelapa dapat membunuh spesies bakteri baik dalam kategori gram positif maupun gram negatif. Beberapa biokimia tertentu yang disebut peptida telah diidentifikasi dalam air kelapa. Peptida ini memiliki khasiat antimikroba. Ada penekanan untuk menemukan obat baru dan melawan infeksi mikroba secara alami dalam beberapa tahun terakhir. Banyak spesies bakteri menjadi semakin kebal terhadap antibiotik yang tersedia secara komersial.

Mengobati infeksi saluran kemih
Bayi rentan terhadap infeksi saluran kemih. Infeksi ini bisa dikurangi dengan memberi air kelapa. Air kelapa bertindak sebagai diuretik. Infeksi bakteri bisa tinggal di ginjal atau kandung kemih sehingga memperburuk kondisi. Air kelapa mengandung sifat pembersih dan penyembuhan yang bisa menyembuhkan masalah kencing. Air ini juga dapat menyembuhkan infeksi kandung kemih dan melarutkan batu ginjal karena mencairkan urin dan menghilangkan berbagai bahan kimia. Bila diberikan sebagai bagian rutin diet, air kelapa bisa  membantu menjaga sistem saluran kemih yang sehat.

Obat untuk demam bilious
Demam dengan mual dan muntah umumnya dikenal sebagai demam empedu. Demam ini juga bisa mempengaruhi balita dan anak. Karena itu, minum air kelapa saat demam bisa membantu mengurangi efek demam. Air kelapa harus diberikan dalam dosis kecil dan tidak ada cairan lain yang harus diberikan, kecuali jika ditentukan oleh dokter anak.

Air kelapa sebagai pengganti formula
Beberapa orang menggunakan air kelapa sebagai pengganti air bersama dengan formula bayi. Di Thailand, makanan padat pertama yang dirasakan oleh bayi adalah daging kelapa yang dibuat lembut. Susu kelapa juga sebagai alternatif susu formula di beberapa negara. Tetapi selalulah berkonsultasi dengan dokter untuk hal ini.

Mengurangi Muntah
Muntah adalah masalah umum pada bayi dan anak-anak. Air kelapa yang lembut merupakan obat yang hebat untuk muntah karena memiliki efek menenangkan pada perut. Selain itu, rasanya terasa manis, lebih baik minuman elektrolit. Minum setengah cangkir air kelapa dua kali sehari bisa meredakan iritasi pada perut dan mengurangi muntah.

Mengobati Cacing Usus
Kelapa telah menjadi obat kuno yang efektif dalam pengobatan cacingan pada anak-anak.  Air kelapa bisa membunuh cacing. Alternatif lain adalah kelapa parut. Ambil satu sendok makan kelapa segar saat sarapan, diikuti 30 sampai 60ml minyak jarak yang dicampur dalam 250 sampai 375ml susu suam-suam kuku setelah tiga jam.

Membantu Menurunkan Berat Badan
Air kelapa dikenal bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan sekaligus membantu menurunkan berat badan.

Anti Penuaan
Air kelapa merupakan sumber sitokin yang kaya. Sitokin yang mengatur pertumbuhan tanaman diketahui memiliki efek anti penuaan pada sel dan jaringan manusia.

Obat untuk penyakit gastrointestinal
Air kelapa juga berguna sebagai obat untuk penyakit gastrointestinal seperti gangguan pencernaan, bisul gastrik, diare, disentri dan timbunan. Minuman ini juga berguna dalam mengobati perut kembung, muntah dan dispepsia juga. Karena itulah bayi diare boleh minum air kelapa, air kelapa bisa diberikan untuk menghilangkan dehidrasi yang kerap meningkatkan risikonya.

Baca juga : Puree Sawo untuk Makanan Bayi

Yang perlu diperhatikan saat memberikan air kelapa pada bayi.


Pilih air kelapa segar
Air kelapa yang baik adalah yang langsung diambil dari buahnya. Jadi penting untuk membeli buah kelapa utuh dan kemudian membukanya di rumah. jika tidak ada buah asli, Ibu bisa memberi minuman kelapa komersial, tetapi cek bahan dan tanggal kedaluwarsanya.

Berikan secara perlahan
Air kelapa bukanlah air biasa tetapi berupa larutan garam alami dan perlu diminum secara perlahan. meminumnya secara tergesa-gesa bisa membuat bayi tersedak.

Alergi air kelapa
Kelapa biasanya jarang menimbulkan reaksi alergi pada bayi tetapi yang patut menjadi perhatian adalah santan. Susu kelapa bisa dibandingkan dengan susu kedelai. Sama seperti susu kedelai yang bisa memicu alergi, begitu pula santan. Jadi, mohon berhati-hati saat memberi santan untuk bayi. Konsultasikan dengan dokter anak jika Ibu ingin memperkenalkan santan ke dalam makanan bayi.

Hindari daging kelapa matang
Bayi belum memiliki gigi dan rahang untuk mengunyah daging kelapa jadi jangan berikan itu pada bayi. Ibu bisa memberinya daging kelapa muda yang masih hijau, dengan daging buah yang masih lembut dan transparan. Pastikan Ibu menghancurkannya dulu agar bisa dicerna oleh perutnya.

Penyimpanan dan Konsumsi:
Kelapa utuh dapat disimpan pada suhu kamar selama 5 - 10 hari. Tapi begitu dibuka airnya cenderung menjadi asam karena aktivitas enzimatik. Ibu bisa menyimpan air kelapa selama 24 jam di kulkas. Tapi, airnya jangan sampai beku.


Jika Ibu masih ragu apakah aman untuk menawarkan air kelapa untuk si kecil, maka konsultasikan pada dokter.

No comments:

Post a Comment