Tuesday, December 19, 2017

Makanan Bayi 7 Bulan untuk Kecerdasan Otak


Apakah Ibu sedang mencari referensi makanan bayi 7 bulan untuk kecerdasan otak? Jika iya, maka artikel berikut barangkali bisa membantu.

Seperti kita tahu, tiga tahun pertama kehidupan seorang anak penting untuk perkembangan otaknya. Makanan otak untuk bayi membantu mendukung perkembangan otak. Bayi berpikir, bereaksi dan juga memecahkan masalah, bahkan di umurnya yang baru 7 bulan. Kegiatan seperti bermain game, mendengarkan musik dan membiarkan dia menjelajahi sekitarnya mendorong fungsi sel-sel otak. Karena itu, untuk mendukung perkembangannya, Ibu harus memenuhi nutrisi otaknya.

Makanan Bayi 7 Bulan Untuk Kecerdasan Otak


Apa saja bahan makanan yang bisa memenuhi nutrisi otak bayi umur 7 bulan Ibu? berikut daftarnya.

Air Susu Ibu
ASI memiliki semua nutrisi yang dibutuhkan bayi dan dalam jumlah yang tepat. Sejauh ini, dokter memproklamirkannya sebagai makanan otak utama, dengan menyebutkan bahwa penelitian yang menunjukkan bahwa anak-anak yang diberi ASI memiliki keunggulan IQ 8 poin dibandingkan anak-anak yang diberi susu formula.

Selain menjadi sumber vitamin, mineral, protein, dan lemak esensial yang sangat baik, ASI juga akan membantu pertumbuhan anak sehingga memiliki perkembangan yang tepat. ASI  juga memiliki antibodi dari tubuh Ibu yang akan membantu pertahanan alami bayi  terhadap beberapa jenis penyakit tertentu. ASI memberi segalanya yang dibutuhkan bayi untuk membangun otak yang sehat dan tumbuh dengan baik selama enam sampai dua belas bulan pertama kehidupan.

Susu dan Yogurt Yunani

Pada beberapa anak, yogurt yunani sudah bisa diberikan mulai umur 6 bulan. Produk olahan susu ini berguna sekali  untuk meningkatkan kekuatan otak anak.  Yogurt hangat membuat membran selaput otak agar tetap lentur sehingga mampu membantu otak mengirim dan menerima informasi.  Vitamin B kompleks dalam yogurt yunani diperlukan untuk pertumbuhan jaringan otak dan neurotransmitter.

Baca selengkapnya di Manfaat Yogurt untuk Makanan Bayi

Sayuran Berwarna-warni
Jangan abaikan sayuran, ini merupakan makanan bayi 7 bulan untuk kecerdasan anak yang hebat dan juga terjangkau.  Sayuran yang kaya akan gizi dan juga warna ini adalah sumber antioksidan yang sangat baik. Antioksidan membantu menjaga sel otak agar tetap sehat. Beberapa sayuran terbaik untuk otak adalah ubi jalar, labu, dan wortel. Sayuran berdaun hijau seperti kale, bit Swiss, bayam dan kubis hijau kaya akan folat, yang melindungi anak dari penurunan fungsi otak. Kale mengandung Sulforaphane dan Diindolylmethane yang membantu pertumbuhan sel otak.

Alpukat:
Alpukat bermanfaat bagi kesehatan otak. Buah ini adalah sumber lemak tak jenuh yang meningkatkan aliran darah ke otak. Makanan ini juga mengandung asam oleat, yang melindungi myelin. Myelin membantu informasi perjalanan dengan kecepatan 200 mil per jam. Kadar vitamin B kompleks yang tinggi pada alpukat mengurangi risiko hipertensi pada bayi.


Biji-bijian utuh:
Seluruh biji-bijian meningkatkan konsentrasi pada bayi dengan menyediakan suplai energi konstan dari otak mereka. Biji-bijian seperti  kacang hijau  memiliki indeks glisemik rendah dan perlahan melepaskan glukosa ke dalam aliran darah, menjaga agar anak tetap waspada sepanjang hari. Biji-bijian ini juga mengandung folat, yang penting untuk berfungsinya otak.

Makanan Bayi 7 Bulan untuk Kecerdasan Otak


Oatmeal:
Makanan bayi 7 bulan untuk kecerdasan otak  selanjutnya adalah oatmeal. Sebuah studi mengungkapkan bahwa anak-anak yang makan gandum untuk sarapan pagi secara signifikan lebih baik dalam tugas yang mengevaluasi memori spasial. Oat kaya vitamin E, seng dan vitamin B kompleks. Kandungan seratnya yang tinggi memberi anak-anak energi yang mantap.

Pisang
Pisang adalah karbohidrat penguat energi yang sangat baik. Mengonsumsi pisang sebagai camilan akan membantu anak mempertahankan tingkat energi dan konsumsinya sepanjang pagi. Sertakan pisang di sarapan pagi bayi.

Baca juga : Ikan Kembung untuk Makanan Bayi

Apel dan Plum
Dua jenis buah ini sudah boleh diberikan pad abayi sejak umur 6 bulan, karena itu bagus sekali jika digunakan sebagai makanan bayi 7 bulan untuk kecerdasan otak. Apel dan plum mengandung kuersetin, antioksidan yang bisa melawan penurunan kemampuan mental. keduanya bisa disajikan dalam bentuk puree, atau dicampur dengan bahan makanan lain.

Demikian bahan-bahan makanan bayi 7 bulan untuk kecerdasan otak yang bisa Ibu coba. Ibu bisa memberikannya dalam bentuk puree tunggal atau kombinasi.

No comments:

Post a Comment

My Blog List