Saturday, November 4, 2017

Manfaat dan Cara Mengolah Kunyit untuk Bayi

Apakah Ibu berpikir untuk memasukkan kunyit dalam makanan bayi tapi khawatir hal itu bisa membahayakannya? Apakah Ibu ingin tahu seberapa bagus kunyit untuk bayi?

Kunyit memberikan sejumlah manfaat kesehatan bagi anak. Kunyit membantu dalam meningkatkan kekebalan anak, membantu anak ketika jatuh sakit. Selain itu, kunyit adalah anti oksidan yang hebat dan membantu anak pulih dari segala bentuk kerusakan jaringan. Kunyit juga merupakan agen anti-mikroba alami yang melawan mikroorganisme dari sistem anak  dan membuatnya tetap sehat. Selain itu, kunyit juga membantu anak untuk melawan flu.

Apakah Kunyit Aman Untuk Bayi?

Kunyit aman dikonsumsi oleh bayi. Tapi, bayi tidak butuh kunyit untuk pertumbuhan optimalnya. Jadi, batasi jumlah kunyit yang Ibu berikan pada bayi. Konsultasikan dengan dokter bayi jika Ibu ingin memberi makan kunyit. Bumbu ini bisa mengganggu daya kerja obat-obatan tertentu dan juga menyebabkan komplikasi jika bayi Ibu menderita masalah medis tertentu.

Karena kunyit memiliki khasiat penyembuhan luka, pengaplikasian luar  dianggap aman untuk bayi. Bila dicampur dengan susu atau krim, kunyit bisa digunakan untuk menjaga kelembutan kulit bayi dan sebagai obat alami. Tapi yang terbaik adalah bertanya kepada dokter bayi sebelum menggunakan kunyit untuk bayi dalam bentuk apa pun, baik itu melalui makanan atau sebagai aplikasi topikal.

Begitu bayi Ibu cukup tua untuk mengonsumsi makanan padat, Ibu bisa mengenalkan kunyit kepadanya melalui makanan. Tapi lakukan hanya jika tidak ada komplikasi atau risiko pada anak karena adanya asupan obat atau kondisi medis.


 Baca juga : Manfaat kencur untuk Batuk pada Bayi dan Balita

Memberikan Kunyit untuk Anak

Kunyit dapat diberikan kepada anak dalam banyak cara dan bentuk. Ini bisa ditambahkan sebagai bumbu makanan dan membuat makanan enak. Menambahkan kunyit ke ayam dan ikan akan membuat anak menyukai hidangan tersebut. Kunyit tidak hanya akan meningkatkan rasa daging tapi juga pada saat bersamaan akan membantu anak mencernanya lebih cepat.

Kunyit juga bisa ditambahkan dalam susu. Ibu bisa membuat anak minum susu dengan kunyit secara teratur. Minum susu kunyit akan menghindarkannya dari segala jenis gangguan pencernaan dan di saat yang sama akan memberi perubahan pada rasa.

Kunyit bisa dibuat menjadi pasta dan dioleskan secara topikal pada kulit anak. Ini membantu menyembuhkan luka bakar atau luka bakar. Pasta harus cukup tebal dan kering di daerah yang terkena. Penggunaan topeng kunyit juga bisa meningkatkan kualitas kulit anak. Ini akan membantu menjaga kelembutan kulit

Manfaat Kesehatan Kunyit Bagi Bayi:

Kunyit memiliki banyak manfaat kesehatan yang didapat baik melalui konsumsi maupun pemakaian dari luar:
  • Curcumin adalah salah satu komponen bioaktif kunyit dan dianggap berguna untuk memberikan kelegaan dari gangguan neurodegeneratif seperti multiple sclerosis, penyakit Alzheimer, dan penyakit Parkinson. Ini juga membantu melawan depresi.
  • Sifat antioksidan yang kuat dari kunyit dapat mendukung perawatan kanker. Kunyit membantu meringankan geja-gejala sakit di kulit, usus besar, prostat dan dan kanker payudara. Aplikasi topikalnya membantu meningkatkan perawatan kanker kulit.
  • Kunyit memiliki khasiat anti-inflamasi dan oleh karena itu sangat membantu selama pengobatan osteoarthritis
  • Kunyit juga memiliki khasiat antimikroba dan melindungi tubuh dari infeksi virus dan bakteri.
  • Hal ini juga baik untuk kesehatan hati dan memperbaiki pencernaan. Kunyit juga bisa menyembuhkan borok peptik dan memperbaiki pergerakan usus. 
  • Meningkatkan Pencernaan. Konsumsi kunyit, secara teratur, bisa meningkatkan kapasitas pencernaan anak. Sifat anti oksidan rempah cenderung melindungi lapisan perut anak. Ini mencegah cairan pencernaan melukai lapisan perut.
  • Meningkatkan Imunitas.Kunyit adalah penguat kekebalan yang hebat. Ini akan melindungi anak dari segala jenis penyakit. Penyakit umum seperti flu dapat dicegah jika anak mengonsumsi kunyit secara teratur. Kunyit akan melindungi sistem pernapasan anak. Oleh karena itu, jika Ibu berencana menambahkan bumbu lezat ini dalam makanan anak, kemungkinan besar ia akan jatuh kurang sakit.
  • Melindungi Peluruhan Gigi. Kecanduan anak terhadap permen dapat menyebabkan masalah serius dengan giginya. Dalam kasus tersebut, memijat gigi dengan kunyit panggang membantu mencegah pembusukan. Kunyit juga bisa menyembuhkan sakit dan gusi berdarah, pada anak-anak.
  • Mengobati Asma. Bahan kimia dan enzim yang ada dalam kunyit dikenal karena sifat anti-inflamasinya. Itulah sebabnya kunyit sangat berpengaruh terhadap penyakit dan penyumbatan bakteri yang ditemukan di saluran pernapasan anak. Dengan cara ini kunyit dapat menyembuhkan asma dengan membersihkan segala jenis masalah yang ditemukan pada masalah pernapasan anak.

 

Efek Samping Dari Kunyit Untuk Bayi:

Berlatihlah berhati-hati untuk menggunakan kunyit untuk bayi . Beberapa efek samping yang bisa dipicu antara lain:
  • Kunyit mengganggu obat tertentu seperti pengencer darah dan obat-obatan untuk mengurangi produksi asam lambung. Beberapa obat pengencer darah yang umum adalah Aspirin, Ibuprofen, Warfarin, Clopidogrel, dan lain-lain. Obat untuk mengurangi asam lambung bisa termasuk Cimetidine, Omeprazole, Famotidine, Ranitidine dan lain-lain. Jadi, jika Ibu sedang menyusui dan minum obat ini, hindari mengkonsumsi kunyit. Tindakan pencegahan yang sama berlaku jika anak Ibu menggunakan obat untuk kondisi medis yang sama.
  • Hindari kunyit jika bayi sedang mendapat pengobatan untuk kandung empedu atau diabetes. Jika bayi dijadwalkan menjalani perawatan bedah, hindari memberi makan kunyit karena bisa mengganggu sifat pembekuan darah. Dalam kasus tersebut, ibu yang sedang menyusui anak mereka juga harus menghindari mengkonsumsi kunyit. 
Salah satu penemuan paling menarik tentang kunyit dalam hal nutrisi bayi adalah, kunyit bisa membantu mencegah leukemia pada masa kanak-kanak . Seperti yang dijelaskan pada artikel tahun 2004 dari www.leukaemia.org, kemungkinan hubungan antara kunyit dan tingkat leukemia anak yang lebih rendah ditemukan setelah para ilmuwan memperhatikan bahwa anak-anak di Asia memiliki insiden penyakit yang jauh lebih sedikit. Seperti diketahui, kunyit memang jauh lebih banyak digunakan dalam masakan Asia daripada masakan barat - dan para periset menyarankan bahwa kunyit dapat membantu mencegah leukemia dengan membatasi kerusakan yang disebabkan oleh polutan lingkungan dan faktor risiko lainnya.

Menggunakan kunyit pada resep makanan bayi

Meski kunyit bisa dianggap bermanfaat dalam mengurangi reaksi alergi, ini tidak berarti bahwa itu mungkin bukan alergen itu sendiri!

SEMUA makanan - termasuk bumbu dan rempah - berpotensi memicu reaksi alergi, jadi penting
  • Bicaralah ke dokter sebelum mengenalkan kunyit pada bayi
  • Perlakukan kunyit seperti halnya makanan baru dan perkenalkan ke bayi dengan menambahkannya ke makanan yang aman untuk dikonsumsi bayi. Amati aturan empat hari dan jangan sekali-kali mengenalkan makanan baru lainnya. dengan begitu akan mudah untuk mengetahui apakah kunyit telah menyebabkan reaksi alergi atau gangguan perut pada anak. 

Kunyit sebagai Obat Batuk untuk Bayi

Ibu bisa menggunakan kunyit sebagai obat batuk alami untuk bayi. Penggunaanya juga cukup mudah. Dilansir dari netralnews.com, untuk bayi usia 6 bulan ke bawah, cukup oleskan larutan kunyit di seluruh permukaan puting ibu saat bayi akan menyedot ASI.

Sementara untuk bayi yang lebih tua (enam bulan ke atas), dapat diberikan ramuan kunyit dari campuran setengah sendok kunyit bubuk dan air hangat secukupnya, lalu dituangkan ke dalam satu botol susu berisi larutan susu formula atau ASI.

Kedua cara tersebut bisa dilakukan dua kali sehari, sampai batuk mereda.

Untuk menghalangi dan mengurangi lendir dahak, kompres bagian dada dan hidung, atau kening bayi dengan air hangat. Lakukan kompres ini sekurang-kurangnya tiga kali dalam sehari, pagi, siang dan sore atau malam hari.

Cara lain adalah dengan menambahkan madu untuk bayi yang lebih tua. Madu akan membantu meluruhkan dahak pada batuk bayi, sementara kunyit akan memberikan aksi antibiotik untuk melawan bakteri menyebab batuk. Campuran bahan ini bisa diberikan pada bayi dalam bentuk jamu buatan sendiri.

baca juga : Mengenali Batuk pada Bayi
 

No comments:

Post a Comment