Monday, August 28, 2017

Nangka Untuk Bayi dan Anak

Nangka memiliki banyak sekali manfaat kesehatan untuk anak-anak, termasuk kandungan serat, vitamin dan mineralnya. Selain itu, nangka juga kaya akan energi dan bebas dari lemak jenuh dan kolesterol.

Tetapi, bagaimana untuk bayi? Apakah nangka buah yang aman untuk balita?

Memperkenalkan Nangka ke bayi 
Di negara tropis, nangka merupakan makanan yang sangat umum. Bisa dimakan mentah sekaligus matang. Bisa juga dinikmati dengan dimasak dalam berbagai resep lezat.

Khusus untuk bayi, ada banyak pendapat mengenai pemberian nangka ini. Satu hal yang pasti, ketika memberikan nangka, Ibu perlu melakukan tindakan pencegahan ekstrem saat mengenalkannya. Hal ini karena kandungan serat yang tinggi pada buah bisa menyebabkan bayi sakit perut. Banyak anak diketahui menderita diare saat diperkenalkan dengan nangka. Selain itu, nangka juga mengandung gas dan alkohol sehingga tidak bagus untuk bayi.

Untuk karena itu, dokter menyarankan sebaiknya menunggu sampai bayi makan padat untuk mengenalkan nangka. Beberapa dokter bahkan menyarankan untuk menunggu sampai bayi berusia minimal 2 1/2 tahun sebelum mengenalkan makanan ini.  Selain itu, ada beberapa sumber yang menyatakan

Manfaat Kesehatan Nangka untuk Anak
Nangka memiliki banyak manfaat kesehatan yang dapat membantu anak agar bisa berkembang dan tumbuh dengan baik. buah ini mengandung sejumlah besar nutrisi seperti vitamin, mineral, elektrolit, fitonutrien, karbohidrat, serat, lemak, dan protein.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari nangka cemara anak Ibu.



Membantu membangun sistem kekebalan tubuh
Nangka kaya akan vitamin C yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak. Vitamin C yang terkandung dalam nangka bertindak sebagai antioksidan alami yang membantu tubuh anak untuk  melawan radikal bebas.

Radikal bebas diproduksi ketika oksigen bereaksi dengan molekul dan tendangan tertentu memulai reaksi berantai yang merusak selaput sel dan bahkan DNA. Ini dapat meningkatkan kerentanan anak terhadap penyakit dan penyakit dan kondisi yang lebih parah seperti kanker dan tumor.

Nangka juga bisa meningkatkan kekebalan anak untuk melindungi dari penyakit umum seperti batuk, pilek, dan flu. Hal ini juga telah ditemukan untuk membentuk resistensi yang kuat terhadap infeksi. Pencantuman nangka dalam makanan anak akan membantu dia memperoleh cukup jumlah vitamin C dari sumber makanan.

Meningkatkan Tingkat Energi
Nangka adalah sumber makanan yang kaya akan karbohidrat dan kalori. Namun, hampir tidak ada lemak yang menyertainya. Ada sejumlah gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa. Ini mudah dicerna oleh tubuh si kecil.

Gula yang ditemukan pada nangka termasuk dalam kategori "Slowly Available glucose" atau SAG. Gula dalam kategori ini melepaskan glukosa di tubuh anak secara terkendali. Hal ini mengurangi indeks glikemik nangka.

Jadi anak bisa memiliki sumber energi yang mudah dicerna tanpa harus khawatir tentang kadar glukosa di tubuhnya.

Meningkatkan pencernaan yang sehat
Nangka sangat kaya akan serat makanan. Saat Ibu memotong buah, Ibu bisa melihat dengan jelas serat lembut yang ada. Saat mengkonsumsi serat ini berubah menjadi sejumlah besar serat pada perut anak.
Anak bisa mendapatkan 1,5 gram serat kasar per 100 gram porsi nangka. Ini adalah jumlah yang sangat baik untuk meningkatkan gerakan usus sehat pada anak. Serat makanan dalam nangka membantu menambah curah ke tinja anak dan melembutkannya. Hal ini memungkinkan pergerakan usus halus dan sehat yang selanjutnya membantu pencernaan sehat pada anak.



Baca juga : Kolik pada Bayi

Perlindungan Mata
Buah nangka kaya akan vitamin A dan setara dalam bentuk Beta Carotene dan Lutein Zeaxanthin. Vitamin A sangat penting untuk melindungi mata si kecil. Vitamin A bertindak sebagai antioksidan yang membantu memperbaiki penglihatan anak. Ini juga membantu melindungi matanya dari radikal bebas berbahaya.

Hal ini juga dikenal untuk membantu menciptakan lapisan pelindung pada kornea dan memperkuat membran mucuus mata anak. Ini membantu melindungi mata bayi dari infeksi virus dan bakteri.
Lutein Zeaxanthin hadir dalam nangka membantu melindungi mata anak dari gelombang cahaya yang intens dan berbahaya seperti sinar ultraviolet.

Membantu Memperkuat Tulang
Nangka mengandung kalsium dalam jumlah banyak. Kalsium sangat penting untuk perkembangan tulang yang sehat. Kalsium membantu tubuh anak untuk memiliki tulang yang kuat dan mencegah penyakit terkait tulang terjadi.

Buah nangka juga mengandung jumlah potasium yang tinggi. Hal ini membantu mengurangi kehilangan kalsium dari tubuh. Ini juga membantu meningkatkan kepadatan tulang si kecil dan memperkuatnya.

Mencegah Anemia
Cegah anak dari anemia dengan memasukkan nangka ke dalam makanannya. Nangka kaya akan zat besi yang membantu melawan anemia pada anak. Vitamin C hadir dalam buah lebih lanjut membantu dalam penyerapan zat besi di tubuh anak.

Dikatakan bahwa semua zat besi yang didapat bayi dari sumber makanan bisa lewat melalui tubuhnya tanpa diserap jika tidak ada Vitamin C di dalam tubuh. Mineral lain seperti tembaga dan magnesium dalam nangka meningkatkan kualitas darah.

Baca juga : Semangka untuk Bayi

Tindakan Pencegahan, Efek Samping dan Kerugian
Meskipun memiliki sejumlah manfaat kesehatan, namun nangka juga memiliki beberapa efek samping dan kerugian pada kesehatan, di antaranya:
  • Nangka dapat menyebabkan beberapa reaksi alergi terhadap anak terutama pada anak yang sensitif terhadap nangka. Buah nangka menyebabkan kepekaan pada anak-anak yang menderita alergi tepung birch.
  • Konsumsi nangka harus dalam jumlah yang terbatas.
  • Karena sifat pencahar yang hebat, hal itu bisa menyebabkan diare pada anak-anak.

Buah nangka adalah buah yang sangat lezat dengan manfaat kesehatan yang luar biasa untuk anak kecil.
Untuk itu, amat bijak jika sebelum memberikan nangka, Ibu memahami dampak buruknya.  Jika memang Ibu ingin mencoba mengenalkan nangka, alangkah baiknya jika diperhatikan dahulu umur anak, kemudian berikan pada anak dengan porsi kecil.

No comments:

Post a Comment