Monday, July 24, 2017

Mengenalkan Ayam, Daging Sapi & Ikan pada Bayi 6 Bulan

Umur berapakah bayi boleh makan daging?

Begitu bayi berusia enam bulan atau lebih dan telah dikenalkan pada berbagai macam buah dan sayuran, penting untuk mengenalkan makanan yang mengandung protein seperti ikan, unggas, daging, telur, produk susu, kacang-kacangan, sereal dan biji-bijian.

Protein adalah blok bangunan kehidupan yang sangat dibutuhkan tubuh. Daging merah  dan, pada tingkat yang lebih rendah, unggas mengandung protein tinggi dan merupakan sumber zat besi terbaik karena paling mudah diserap oleh manusia.

Ayam adalah daging untuk bayi 6 bulan yang ideal. Sumber protein yang sangat baik dan kaya akan vitamin B, ayam sangat populer di kalangan bayi karena rasanya yang ringan. Ayam menyatu dengan baik dengan sayuran akar seperti wortel dan ubi jalar, selain juga akan membuat tekstur puree ayam menjadi lebih halus. Ayam juga bagus jika dicampur dengan pasta yang berbentuk mungil.

Ayam juga menyatu dengan buah seperti apel dan anggur. Cobalah bagian dada dan juga daging paha. Daging ayam yang lebih gelap mengandung zat besi dua kali lebih banyak dari pada warna putih.

Zat besi penting untuk perkembangan otak bayi terutama antara 6 bulan dan dua tahun. Besi yang didapat bayi dari ibunya habis sekitar umur 6 bulan dan kekurangan zat besi bisa menimbulkan efek mendalam pada pembelajaran di kemudian hari. Di Inggris, satu dari lima bayi berusia 10 sampai 12 bulan memiliki asupan zat besi harian di bawah tingkat yang diinginkan.

Baca juga: Sumber Protein bagi Bayi Vegetarian

Daging Sapi
Daging Sapi bisa diberikan pada bayi mulai umur 7 atau 8 bulan. Bakso daging sapi yang dimasak dengan api kecil dengan banyak sayuran akar adalah salah satu cara terbaik untuk mengenalkan daging merah kepada bayi karena daging akan menjadi indah dan lembut dengan sedikit rasa manis. Penting untuk memasukkan makanan seperti daging merah, yang memberi sumber zat besi dan seng yang baik.

manfaat daging sapi untuk bayi

Manfaat daging sapi untuk bayi:
Daging sapi mengandung banyak kandungan nutrisi, yaitu:



Daging sapi (100 gram - mata panggang bulat, dipangkas 1/8 "lemak) - Protein 29,73 g
VITAMIN
Vitamin A - 0
Vitamin C - 0
Vitamin B1 (tiamin) - 0,06 mg
Vitamin B2 (riboflavin) - .16 mg
Niacin - 5,34 mg
Folat - 10 mcg
Berisi beberapa vitamin lain dalam jumlah kecil.
MINERAL
Kalium - 241 mg
Fosfor - 186 mg
Magnesium - 20 mg
Kalsium - 6 mg
Sodium - 38 mg
Besi - 2 mg
Juga mengandung sejumlah kecil mangan, tembaga dan seng.



Bagian daging sapi yang terbaik untuk bayi adalah potongan daging yang berwarna merah terang dengan lemak warna kekuningan. Pilih daging dengan tekstur kenyal dan mengandung sedikit lemak seperti bagian top sirlion.

Cara pengolahan daging sapi yang baik untuk bayi dengan dipanggang. Akan tetapi, daging ini juga bisa direbus. Sebelumnya, olah daging dengan cara digiling atau dicincang. Jika untuk puree, maka haluskan. Daging juga bisa dibuat menjadi lebih empuk dengan memukul-mukulnya dengan gilingan kayu. atau bisa juga dengan membungkus menggunakan daun pepaya dan merendam dalam susu, yourt atau jus apel.

panduan menu makanan bayi sesuai umur

Mengenalkan Ikan
Ikan bisa dikenalkan mulai umur 8, 10 atau setahun, tergantung riwayat alergi pada orang tua. Melupakan resiko alerginya, ikan tetap menjadi salah satu makanan sehat yang penting untuk dicoba oleh bayi. Perkenalkan fillet ikan seperti salmon. Ikan juga bagus jika dikombinasikan dengan kentang tumbuk atau saus keju buatan.

Selalu periksa dengan saksama untuk memastikan tidak ada tulang sebelum menyajikan  ikan untuk bayi. Iikan berminyak seperti salmon sangat penting untuk pengembangan otak, sistem saraf dan penglihatan bayi di tahun pertama. Asam lemak esensial yang ditemukan pada ikan berminyak merupakan komponen utama otak.

Referensi lain untuk ikan bisa dilihat di:
Mengapa Bayi Harus Makan Ikan?
Asam Lemak Omeka 3 pada Makanan Bayi

No comments:

Post a Comment

My Blog List

Novel ketiga, Terbit 26 Desember 2016

Novel ketiga, Terbit 26 Desember 2016
Klik gambar untuk sinopsis :)