Wednesday, July 19, 2017

Manfaat Daun Kelor untuk Makanan Bayi dan Balita


Apakah daun kelor bisa digunakan untuk Mpasi bayi?
Apakah efek samping makan daun kelor?
Bagaimana cara memasak daun kelor untuk bayi dan anak?
Apa saja manfaat daun kelor untuk mpasi?


Kaya akan vitamin dan nutrisi, daun kelor menawarkan banyak manfaat kesehatan bagi anak. Sayur ini adalah antioksidan yang baik dan juga bisa membantu anak  menyingkirkan semua racun. Selain itu kelor bisa melawan peradangan dan infeksi pada anak. Hal ini dikenal untuk meningkatkan energi, melawan kemungkinan kanker, mendetoksifikasi sistem tubuh anak, meningkatkan kekebalan tubuh, menyembuhkan infeksi ringan, dan memperbaiki kulit disertai banyak manfaat lainnya. Daun kelor biasanya dianggap aman dan juga bisa dimakan oleh anak-anak.

Memberi Daun kelor pada bayi dan Anak: 

Daun kelor merupakan sayur bergizi tinggi sehingga bagus untuk pemenuhan gizi buruk. Dikutip dari http://moringamavens.com, bayi di atas 6 bulan bisa diberikan daun kelor tetapi dalam bentuk serbuk. Hal ini sesuai dengan rekomendasi organisasi kesehatan dunia. Ibu dapat menambahkan sekitar 10 - 15gram serbuk daun kelor ke setiap 100 g susu formula untuk memperkuat dan meningkatkan nilai gizi susu.

Lalu untuk daun kelor yang bukan bubuk bagaimana? Adakah efek samping pemberian daun kelor untuk bayi?
Sampai saat ini, belum ada sumber pasti yang merekomendasikan daun kelor untuk Mpasi bayi.  Daun kelor mengandung serat yang tinggi, tetapi masih sangat sulit dicerna oleh bayi. Selain itu, rasa daunnya yang juga pahit, sehingga sulit diberikan pada bayi.


Untuk amannya, Ibu sebaiknya menunggu hingga bayi berumur satu tahun untuk memberikan daun kelor. Ibu bisa menambahkan beberapa helai daun kelor pada sup atau menghaluskan daun matang untuk ditambahkan pada makanan bayi. Atau, daun kelor bisa juga diolah menjadi sayur bening sebagai pengganti bayam.

Bagaimana caranya mengurangi rasa pahit pada daun kelor?
Ibu bisa memanfaatkan kapur sirih. Rebus daun kelor bersama kapur sirih hingga mendidih, setelah itu saring. Daun kelor siap untuk diolah lebih lanjut.

Untuk 1 poundnya, kelor mengandung:
•    3 kali zat besi dari bayam
•    4 kali kalsium yang ditemukan dalam susu
•    3 kali potasium pisang
•    2 kali protein yang ditemukan dalam yogurt dan jumlah protein yang hampir sama ditemukan pada telur
•    7 kali vitamin C jeruk

Baca juga : Bayam untuk Makanan Bayi



Manfaat Kesehatan Kelor 

Daun kelor menawarkan berbagai manfaat kesehatan bagi anak Ibu. Beberapa manfaat tercantum di bawah ini:

Meningkatkan Energ.
Dikemas dengan vitamin dan nutrisi, daun kelor pasti akan meningkatkan tingkat energi anak Anak yang sedang tumbuh membutuhkan banyak energi. Energi dibutuhkan untuk menopang pertumbuhannya.

Meningkatkan Imunitas.
Daun kelor dikenal dengan potensinya untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak dan akan bisa membantu tubuh untuk melawan bakteri biasa.

Meningkatkan Metabolisme
Selama tahap pertumbuhan, metabolisme anak berada pada masa puncaknya. Namun, ketika anak sakit atau menghadapi komplikasi fisik atau emosional, tingkat metabolisme turun seketika. Ibu bisa memberinya daun kelor karena bahan ini adalah sumber sayuran kaya mineral, sehingga bisa memastikan metabolisme anak Ibu tetap baik. Daun kelor juga bisa memastikan bahwa anak memperoleh berat dan tinggi badan yang diperlukan selama tahap pertumbuhan.

Mengembangkan Struktur Sel
Daun kelor adalah salah satu dari sedikit sumber nabati yang mengandung asam amino. Komponen protein ini di daun kelor menjadikannya sumber makanan yang ideal untuk memastikan perkembangan sel yang kuat pada anak Ibu.

Ginjal Sehat & Hati
Daun kelor memiliki potensi detoksifikasi yang hebat sehingga akan berdampak positif pada ginjal dan hati anak Ibu. Mengingat jumlah junk food yang biasanya dikonsumsi anak masa kini, detoksifikasi alami seperti daun kelor adalah pilihan yang baik.

Melawan Infeksi
Daun kelor dikenal secara global karena sifat anti-inflamasinya. Zat ini terdapat lebih banyak dalam bubuk daun kelor. Jika anak menderita  batuk dan demam atau adanya infeksi ringan maka pemberian bubuk daun kelor pasti akan membantu dalam jangka panjang.

Meningkatkan kesehatan Mata
Jika anak Ibu terus-menerus terpapar media audio-video elektronik maka ada kemungkinan besar dia menderita gangguan mata. Namun, kabar baiknya adalah sumber nabati yang baik dan aman seperti daun kelor benar-benar dapat meningkatkan penglihatan anak. Sumber vitamin A yang baik, bubuk daun kelor dapat membantu anak menjaga penglihatannya yang berharga.

Sembuhkan luka
Apakah anak Ibu seorang yang aktif dan menyukai olahraga? Tapi Ibu takut anak akan terluka? Jangan khawatir, Ibu cukup mengoleskan bubuk daun kelor pada luka anak. Luka akan lebih cepat sembuh. Hal yang sama juga berlaku untuk bekas luka.

Bagus untuk Kulit
Kaya vitamin A, C dan E, daun kelor adalah sumber makanan yang fantastis untuk meningkatkan kesehatan kulit anak secara keseluruhan. Daun kelor akan membantu menghilangkan ruam dan iritasi. Oleskan bubuk daun kelor pada kulit, bisa juga digunakan sebagai masker.

Mengobati Mood Swings
Anak mengalami berbagai reaksi kimia secara teratur. Fase proses pertumbuhan konstan ini dapat mengurangi kesehatan emosionalnya. Konsumsi daun kelor bisa membantu untuk mengurangi mood swings. Selain itu, daun kelor juga bisa mengurangi potensi depresi pada anak.

Memperbaiki Rambut
Daun kelor mengandung vitamin dan asam amino tepat yang dibutuhkan untuk pembentukan protein keratin. Protein ini merupakan komponen yang sangat penting untuk memastikan pertumbuhan rambut anak-anak. Selain itu, daun kelor juga kaya akan vitamin A, bubuk daun kelor akan membantu dalam proses pertumbuhan rambut. Hal ini juga mengurangi potensi ketombe pada anak.

Baca juga : Mengurangi Kutu dan Telur Kutu pada Bayi dan Anak


No comments:

Post a Comment