Saturday, April 8, 2017

Manfaat Kubis Merah (Kol Ungu) untuk Bayi

Salah satu bahan makanan sehat untuk bayi adalah kubis merah (beberapa sumber menyebut sebagai kol ungu). Dilihat dari warnanya, kubis merah mungkin tampak aneh bagi anak. Tetapi Ibu jangan menyerah, karena manfaat bahan makanan ini sungguh luar biasa untuk Mpasi bayi.

kubis merah memiliki banyak manfaat kesehatan untuk anak termasuk meningkatkan imunitas, memperkuat tulang-tulang si kecil, melawan  peradangan dan mencegah terjadinya penyakit kronis. Selain kaya akan nutrisi penting, kubis merah juga bisa membantu menjaga dan mempertahankan usus agar tetap dalam kondisi sehat. Jenis kubis ini mengandung berbagai bakteri penting yang berpotensi untuk meningkatkan kemampuan pencernaan anak dan membantu tubuh agar lebih sehat.  Menurut beberapa ahli gizi anak, kubis merah menjadi alternatif yang lebih baik dibanding kubis hijau.


Berikan Kubis Merah untuk Bayi

Nilai gizi kubis merah akan tetap utuh jika dikonsumsi secara mentah dan segar. Namun hal itu bukan ide bagus untuk anak di bawah lima tahun. Ibu harus memasak sayuran ini terlebih dahulu. Cara mengukus lebih dianjurkan, karena sebuah studi menunjukan bahwa mengukus kubis merah akan bisa mempertahankan kandungan vitamin C dan nutrisi lain yang bisa melawan radikal bebas. Menggoreng dan merebus akan menyebabkan kerugian yang signifikan dalam kandungan gizi.



Kubis Hijau  Vs Kubis Merah untuk Bayi dan Anak

Kedua jenis kubis memang memiliki gizi bagus, tetapi kubis merah memiliki nilai gizi lebih. Misalnya, kubis merah mengandung sekitar 85 persen vitamin C untuk kebutuhan harian anak sedangkan kubis hijau mengandung 47 persen. Selain itu, penelitian juga menemukan bahwa kubis merah mengandung lebih banyak vitamin C dibandingkan dengan jeruk. Selain itu, kubis merah juga kaya akan nutrisi seperti vitamin A (10 kali lebih banyak bila dibandingkan dengan kubis hijau), besi dan banyak antioksidan yang bermanfaat bagi  kesehatan untuk si kecil.



Manfaat Kesehatan Kubis Merah

Apa saja ya manfaat kesehatan yang bisa didapat dari kubis merah. Banyak, selain vitamin C, ada pula Vitamin K, serat dan asam folat,.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Kubis merah super sangat kaya vitamin C, yang merupakan anti-oksidan penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan.  Vitamin C merangsang aktivitas sel-sel darah putih sehingga membentuk garis pertahanan pertama bagi sistem kekebalan tubuh. Dalam awal-awal umur, si kecil sangat rentan dengan sakit. Memasukkan kubis merah dalam menu anak merupakan langkah awal untuk memenuhi kebutuhan vitamin C anak.

Melindungi Usus
Memastikan usus yang kuat untuk anak sangatlah  penting karena asupan makanan yang mulai bervariasi sehingga anak-anak akan mulai bereksperimen dengan makanan baru. Khimchi terutama yang terbuat dari kubis merah atau ungu mengandung berbagai bakteri penting yang akan memicu fungsi pencernaan pada anak. Manfaat kesehatan lainnya dari kimchi kubis merah dan ungu ini adalah sifat antikanker, manfaat anti-obesitas dan mengatasi sembelit.

Penyembuhan yang lebih baik
Sebuah studi yang diterbitkan dalam Penelitian dalam Ilmu Farmasi mengungkapkan bahwa kubis merah mengandung zat anti peradangan bernama fitonutrien, yang pada akhirnya akan berkontribusi dalam percepatan proses penyembuhan untuk kasus pembengkakan atau cedera pada anak. 

Memperkuat Tulang
Sama seperti kubis hijau, kubis merah juga kaya vitamin K sehingga mengurangi risiko osteoporosis. Karena anak  berada dalam tahap awal pertumbuhan,  maka  jaringan tulangnya sedang terbentuk. Oleh karena itu, konsumsi makanan seperti kubis merah, yang kaya akan vitamin K, pasti akan bisa membantu dalam proses pertumbuhan jaringan tulang. Selain itu, pada saat yang sama juga bisa mengurasi kemungkinan anak dalam menghadapi  gangguan apapun yang terkait tulang di masa depan.

Mencegah Kanker:
Kubis mengandung sebuah zat yang dikenal bisa mencegah kanker bernama glucosinolates. Mungkin terlalu dini untuk menghubungkan kanker dengan bayi, tetapi melakukan pencegahan tentunya lebih baik.

Kesehatan Jantung
Kubis terkenal dengan kemampuannya untuk menurunkan kolesterol.

Mengandung Asam Folat:
Asam folat terkandung dalam jumlah yang baik dalam kubis. Seperti kita tahu, asam folat akan membantu tubuh dalam menyerap zat besi dari makanan.

Membantu Mengatasi Sembelit
Kubis merupakan sayuran yang mengandung serat dalam jumlah yang tinggi, sehingga bisa membantu untuk mengatasi sembelit pada bayi.

Baca juga : Mengatasi Susah Bab (Sembelit) pada Bayi


Kapan Waktu Terbaik untuk Memperkenalkan Kubis Merah?
Ibu bisa mulai mengenalkan kubis merah untuk bayi pada usia 8 bulan dan seterusnya.

Kubis bisa menyebabkan gas. Untuk menghindari hal itu maka cobalah untuk menghilangkan tulang besar yang ada di tengah-tengah daun (tulang daun). Berikan kubis dalam porsi yang cukup untuk bayi.

Namun memberikan kubis untuk bayi pun harus hati-hati. Pemberian dengan porsi berlebih bisa memberikan efek samping seperti membuat perut bayi kembung karena kebanyakan gas. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan lebih jika Ibu ingin memberikan kubis merah untuk bayi:

Kandungan nitrat
Seperti halnya bayam, kubis (entah itu kubis hijau atau merah) mengandung nitrat dalam jumlah tinggi. Dosis berlebih nitrat dalam tubuh bisa mengakibatkan Blue Baby Syndrome, suatu kondisi ketika hemoglobin dalam tubuh tidak mampu untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh.

Baca juga : Puree Bayam untuk Bayi

Kubis Rendah Kalori dan Lemak.
Ibu mau membuat tubuh bayi agar montok? Iyak, kubis bukanlah pilihan utama. Sebagai salah satu sayuran sehat, pemberian kubis terlalu sering mungkin tidak akan membuat berat badan bayi bertambah banyak, tetapi hal ini bisa diakali dengan mengombinasikan kubis dengan makanan tinggi kalori lainnya.

Bisa membuat Bayi Tersedak
Kubis merupakan sayuran dengan tekstur kasar. Selain bisa menyebabkan tersedak, pemberian kubis untuk bayi yang lebih muda juga tidak bagus karena pencernaan mereka yang belum baik. selain itu, kubis juga bisa membuat bayi tersedak, sehingga harus dimasak terlebih dahulu.

Dapat Menyebabkan Diare
Pada beberapa kasus, mengkonsumsi kubis juga dapat menyebabkan diare .Tapi ini adalah masalah hanya jika sayuran yang dikonsumsi mentah.

Resep Makanan Bayi dengan Kubis Merah


Puree Kubis Merah + Apel


Bahan:
•  ¼ kubis merah, cincang halus
•  2 apel, kupas, buang biji dan dipotong-potong.

Cara Masak
Rebus atau kukus kubis dan apel hingga matang. Kemudian masukkan ke food processor atau blender.

No comments:

Post a Comment