Monday, April 17, 2017

Cara Menghilangkan Kutu dan Telur Kutu Rambut pada Anak dan Bayi

Ibu pusing bagaimana caranya menghilangkan kutu rambut pada anak secara alami?

Kutu atau kutu kepala adalah serangga bersayap kecil yang tinggal, hidup, berkembang biak dan makan pada kulit kepala manusia. Meskipun orang dewasa juga bisa kutuan, tapi yang paling rentan adalah anak-anak usia sekolah. Kutu menggigit kulit kepala untuk mendapatkan darah yang membuat rasa gatal dan iritasi pada kulit kepala anak-anak dan menyebabkan benjolan merah pada kulit kepala dan daerah leher.
Kutu pada anak-anak

Kutu bisa  menular dengan mudah dari satu orang ke orang lain, karena itu perlu untuk diobati dengan segera. Siapa pun bisa tertular oleh kutu jika berdekatan dengan penderita. Anak-anak sangat rentan karena sering bermain dan menghabiskan waktu dalam jarak dekat satu sama lain di taman, sekolah dll
Selain itu, berbagi sisir, topi, sikat rambut, pakaian, tempat tidur juga dapat menyebabkan penularan kutu terjadi dengan cepat.

Langkah pertama untuk pengobatan kutu kepala adalah dengan mendeteksi. Lihat dari dekat rambut dan kulit kepala bayi, walaupun kadang kutu bergerak sangat cepat. kehadiran telur kutu pada batang-batang rambut merupakan salah satu gejala kutuan.

Nah, untuk mengatasi kutu rambut tersebut, berikut perawatan rumah yang bisa digunakan:

Cuka

Gunakan untuk membilas rambut bayi, hal ini sangat efektif dalam membunuh kutu. Diamkan selama beberapa saat kemudian bilas lagi dengan air. Setelah itu, oleskan minyak kelapa secara menyeluruh kemudian sisiri rambut bayi sevara menyeluruh. Cara lain bisa juga dengan emncampur cuka dengan minyal mineral.

Tambahkan satu 1 sdm minyak mineral dalam 4 sdm cuka, lalu usapkan pada kulit kepala. biarkan selama satu jam. Kemudian bilas dengan air biasa dan lakukan juga pada esok harinya. Setelah itu, sisiri rambut anak.

Keramas rambut anak seperti biasa setelah pengibatan. Ibu juga bisa menggunakan cuka apel untuk menghilangkan kutu.

Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu bahan  terbaik dan paling aman cara untuk mengobati kutu. Minyak zaitun sangat lengket dan bila diterapkan dengan baik pada kulit kepala bayi akan membuat kutu lemas dan mati. caranya: usapkan minyak zaitun sedemikian rupa pada kepala anak. Biarkan selama 15 hingga 20 menit, lalu sisiri kutu yang mati dan juga telur-telurnya.

 Keramasi rambut bayi seperti biasa untuk menghilangkan kelebihan minyak. Ulangi berkali-kali, hingga kutu dan telur-telurnya habis.

Listerine
Listerine, atau obat kumur antiseptik juga sangat efektif dalam menyingkirkan kutu. Usapkan listerine pada kulit kepala dan rambut bayi, biarkan semalaman lalu bilas keesokan harinya dengan air dingin.

Tea Tree Oil
Larutkan tea tree oil dengan air dan letakkan pada botol semprotan. Lalu semprotkan larutan itu pada kepala dan rambut secara menyeluruh. Kemudian tutupi kepala anak dengan handuk selama 15 hingga 20 menit, bilas seperti biasa.

Ibu juga bisa menambahkan beberapa tetes tea tree oil pada sampo anak demi mencegah kutu. Atau, bisa juga dicampurkan dengan minyak zaitun untuk hasil yang lebh baik.
Ulangi penggunannya dua kali dalam seminggu.

Campuran Minyak Esensial
Siapkan campuran minyak esensial dengan mencampur 10 tetes minyak kayu putih, 20 tetes minyak rosemary, 20 tetes minyak lavender dan 5 tetes tea tree oil..
Campur ini dengan 100 ml minyak sayur dan terapkan untuk rambut bayi, kemudian biarkan dalam satu jam. Sisiri rambut anak untuk menghilangkan kutu yang mati.


Bawang putih
Aroma kuat bawang putih bisa mencekik kutu dan membuat kutu mati. cobalah dengan menggiling 8 sampai 10 siung bawang putih sehingga menjadi pasta dan campurkan dengan dua sampai tiga sendok teh air jeruk nipis. Oleskan campuran tersebut secara menyeluruh ke kulit kepala bayi. Biarkan selama setengah jam dan kemudian bilas rambut secara menyeluruh dengan air hangat.

Mashed Apple
Meskipun menerapkan apel tumbuk di rambut bayi bisa berakhir dengan berantakan, tapi ternyata cukup efektif lho untuk menyingkirkan kutu.
Caranya pemakaiannya adalah, usapkan apel tumbuk ini ke kepala anak hingga sepenuhnya menutupi rambut, diamkan selama satu jam, lalu cuci.

Jus bawang
Oleskan jus bawang pada kulit kepala bayi, biarkan selama 3-4 jam, hilangkan  kutu mati dan nits dengan sisir kutu lalu keramas seperti biasa. Ulangi perawatan ini setiap 3-4 hari. menggunakan jus bawang adalah salah satu pengobatan rumah yang paling efektif untuk mengobati kutu kutu pada anak.

Usaha yang melelahkan memang. Jangan lupa untuk mencuci semua seprai anggota keluarga dengan enggunakan dengan air panas, sabun dan desinfektan, vakum semua perabotan dan lantai secara menyeluruh.
Tujuannya adalah untuk menghilangkan semua kemungkinan sumber kambuhnya kutu.

No comments:

Post a Comment