Monday, March 20, 2017

Puree Bayam untuk Makanan Bayi, Manfaat dan Cara Pembuatannya

Apakah Ibu berencana memberikan bayam sebagai makanan untuk bayi?

Bayam sangat mudah ditemukan dan sehat. Bayam merupakan salah satu sayuran  yang sangat populer di dunia. Beberapa manfaat kesehatan dari bayam termasuk sumber vitamin esensial dan mineral, menyembuhkan gangguan lambung, melindungi hati, membunuh cacing usus, menyembuhkan gangguan kemih dan juga bermanfaat sebagai pencahar alami.

Bayam sangat populer di Asia, bahkan menempati peringkat pertama untuk herbal dengan nilai gizi terbanyak pada daunnya. Sayur berbentuk daun bulat selebar 2-10 cm, dan tanamannya bisa tumbuh setinggi 40-50 cm.

Bayam diyakini berasal di Persia atau Iran. Dari Persia, bayam dibawa ke negara-negara Asia timur termasuk India dan Cina selama abad ke-6 Masehi. Kemudian, di 13 th dan 14 abad th, bayam menyebar ke Eropa. Nama bayam diyakini berasal dari "espinache" yang pada gilirannya berasal dari kata Arab "asabinakh" yang secara harfiah berarti "tangan hijau". Karena pertumbuhannya di awal musim semi, bayam menjadi ramuan yang ramah di Inggris dan negara-negara Eropa lainnya. Bayam diperkenalkan di Amerika oleh wisatawan Eropa di suatu tempat antara 1600-an dan 1700-an.

Nutrisi pada Bayam

Menurut database Nasional Gizi dari Departemen Pertanian AS, gizi bayam termasuk:


Nutrisi Nilai per 100 g makanan Nilai per 100 g
air 91,4 g Energi 23 kkal
protein 2.86 g total Lipid 0,39 g
karbohidrat 3.63 g Serat 2.2 g
gula 0.42 g Kalsium 99 mg
Besi 2.71 mg Magnesium 79 mg
fosfor 49 mg Kalium 558 mg
Sodium 79 mg Seng 0.53 mg
vitamin C 28 mg thiamin 0.078 mg
riboflavin 0,189 mg niacin 0,724 mg
Vitamin B-6 0,195 mg folat 195 ug
vitamin A 9377 IU vitamin E 2 mg
vitamin K 482 ug


Manfaat kesehatan bayam untuk bayi 

Bayam adalah ramuan juara yang mengandung banyak vitamin dan mineral yang ideal untuk pertumbuhan bayi. Tidak heran, Popeye digambarkan menjadi lebih kuat saat ia makan bayam! Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari bayam.

Sumber mineral penting: salah satu alasan yang baik mengapa bayi harus diberikan bayam adalah bahwa bayam merupakan salah satu sumber terbaik dari mineral penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Bayam mengandung kalsium dan magnesium dalam jumlah yang tinggi, yang sangat penting untuk perkembangan tulang. Selain itu, bayam juga mengandung zat besi dan kalium. Besi ini berguna untuk produksi hemoglobin dan kalium sangat penting untuk perkembangan otak.

Sumber vitamin esensial: Terlepas dari mineral, vitamin juga penting bagi pertumbuhan bayi. Bayam mengandung berbagai vitamin seperti vitamin C, vitamin A, thiamin, riboflavin, folat, niacin, vitamin E dan vitamin K. Setiap vitamin ini memainkan peran penting dalam meningkatkan fungsi tubuh pada bayi. Misalnya, vitamin A penting untuk meningkatkan kemampuan mata, vitamin C sangat penting untuk membangun sistem kekebalan yang kuat, dll

Pencahar alami: Sebagai sayuran daun, bayam mengandung sejumlah serat makanan.  Serat makanan ini baik untuk menjaga sistem pencernaan agar tetap bersih. Serat bagus untuk perut karena bisa menyerap air dan menambahkan massal untuk tinja. Jadi dengan memberikan bayam untuk bayi, buang air besar bayi akan lebih lancar sehingga menghindarkan bayi dari sembelit.

Menyembuhkan gangguan kemih: Gangguan kencing atau infeksi saluran kemih seringkali terjadi pada anak-anak. Penyebab infeksi adalah infeksi bakteri atau virus. Bayam memiliki sifat antimikroba yang baik, sehingga menghilangkan infeksi mikroba, membantu dalam mengurangi gangguan kemih.

Obat untuk gangguan lambung: gangguan lambung juga bisa terjadi pada bayi karena lambung dan usus mereka belum sepenuhnya berkembang. Cairan lambung bayi belum sekuat milik orang dewasa sehingga bayi sering mengalami gangguan pencernaan atau masalah lambung.

Melindungi hati:
Penelitian menunjukkan bahwa biokimia yang ditemukan dalam bayam mampu untuk memberikan perlindungan pada hati. Hati adalah organ penting untuk menyusun pertahanan tubuh, namun hati juga bisa terkena infeksi khususnya organ pada bayi yang belum sekuat orang dewasa. Dengan konsumsi bayam, bisa membantu melindungi hati bayi dari infeksi.

Membunuh cacing: cacing usus bisa menjadi salah satu masalah kesehatan yang sering dihadapi anak-anak dan bayi. Cacing adalah cacing parasit yang menyerang dan menetap di usus, jauh dari jangkauan asam lambung dan makan dari makanan dalam usus. Dengan memberikan bayam untuk bayi secara teratur, Ibu bisa memastikan bahwa hama usus ini dihilangkan, karena bayam memiliki sifat obat cacing yang baik.

Bayam untuk bayi.
Walaupun memiliki sederet kelebihan, tapi bayam tidak dianjurkan untuk diberikan di awal-awal Mpasi.  Tubuh bayi masih terlalu muda sehingga akan mengalami kesulitan dalam menyerap zat besi dan kalsium. Meskipun Ibu memang bisa membantu meningkatkan penyerapan  besi tersebut dengan menyajikan bayam bersama makanan yang mengandung vitamin C.

baca juga : Menu Makanan Bayi Rumahan Sesuai Umur

Ada juga beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa oksalat dalam bayam bisa menghambat penyerapan kalsium dari susu, sehingga sebaiknya jangan disajikan secara bersama-sama.


Bayam  sebaiknya diberikan saat bayi berumur 8-10 bulan. Untuk memberikan bayam, maka Ibu harus memperhatikan beberapa hal berikut:

Jenis bayam: Untuk memilih jenis bayam yang cocok, maka lihatlah tekstur. Pilih bayam dengan warna hijau gelap (tapi ada juga jenis bayam yang warna hijau cerah). Usahakan jangan pilih bayam daunnya berwarna kekuningan dan  berisi bercak-bercak seperti air mata. bayam segar terlihat dari daunnya yang segar, hijaunya yang cerah dan juga menarik.

Bersihkan bayam: Sebelum memasak bayam, cuci terlebih dahulu dalam air mengalir. Perhatikan kotoran-kotoran yang mungkin menempel dan juga ulat,

Rebus vs kukus: Selalu ada perdebatan apakah mengukus lebih baik atau merebus. Merebus adalah proses yang relatif mudah dibandingkan mengukus karena mengukus membutuhkan alat khusus. Tapi merebus bisa memisahkan nutrisi yang pada akhirnya akan larut dalam air. Sementara mengukus bisa mempertahankan nutrisi dalam makanan.

Baca juga : 4 cara Memasak Makanan Bayi

Bayam yang sudah direbus atau dikukus kemudian dihaluskan, bisa ditambahkan ke bubur saring bayi. 


Penyimpanan
Sebaiknya memberikan bayam dalam keadaan segar. Jika Ibu memasak dalam jumlah besar untuk dicampurkan dengan bubur tim saring, maka campurkanlah menjelang penyajian. Simpan bubur dan sayur matang secara terpisah di lemari es.

Makanan yang baik untuk dicampurkan dengan Bayam
•    Wortel
•    ubi
•    kacang polong
•    Kentang
•    Ubi jalar
•    Labu
•     zucchini
•    kacang-kacangan
•    Ayam

No comments:

Post a Comment

My Blog List

Dapatkan Postingan terbaru Lewat Email