Thursday, March 16, 2017

Makanan untuk Bayi umur 4 – 6 Bulan

Apakah Ibu sedang mencari jenis makanan bayi yang sehat untuk bayi umur 4 bulan?

Meskipun banyak pihak merekomendasikan agar bayi baru diberi makan mulai umur 6 bulan, tetapi pada beberapa kasus, ada juga yang memberikan bayi mereka makanan padat lebih dini mulai dari umur 4 bulan.  Tentu kita tidak bisa sepenuhnya menyalahkan karena bisa jadi sang Ibu sudah berkonsultasi ke dokter.
Sebenarnya, menunggu sampai bayi  berumur sekitar enam bulan untuk memperkenalkan makanan padat dapat membantu untuk melindungi kesehatannya. Hal ini juga bisa mencegah bayi terkena infeksi karena makanna karena di umur itu, sistem kekebalan tubuhnya sudah lebih kuat.

Bayi yang lebih muda akan mendorong makanan keluar dari mulut mereka. Hal ini disebut refleks dorong lidah. Bayi mungkin kehilangan refleks ini sekitar empat bulan, tapi itu tidak sellau berarti dia siap untuk makanan padat. Bayi akan merasa jauh lebih mudah untuk menjaga makanan di mulutnya, dan mengunyahnya, dari usia enam bulan.

Namun, jika Ibu merasa bayi sudah siap untuk memulai makanan padat sebelum enam bulan, Ibu bisa mulai memperkenalkan sejumlah makanan bayi yang sederhana. Tapi sebaiknya, Ibu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

baca juga : Kapan Bayi Siap untuk Mpasi Pertamanya?

Jadi jika Ibu yakin akan memberi bayi mulai umur 4 bulan, berikut daftar makanan yang bisa Ibu berikan.

Sereal
Bisa dimulai dengan sereal beras (bubur tepung beras) dan oatmeal. Sereal ini merupakan bahan makanan yang memiliki potensi alergi rendah, sehingga banyak Ibu mulai memberikan sereal untuk bayi mereka.

Baca juga : Cara membuat tepung beras untuk Mpasi

Buah-buahan
Baru bisa disajikan mentah setelah berusia 8 bulan, untuk bayi lebih muda, maka sebaiknya diberikan dalam bentuk puree. Khusus untuk bayi 4 bulan, bisa dimulai dengan apel, pir, pisang dan alpukat. Pisang dan alpukat tidak perlu dimasak lagi. Tetapi usahakan memberikannya dalam tekstur sangat halus mendekati cair agar tidak membuat bayi tersedak.


Sayuran
Ibu juga bisa memberikan sayuran, tetapi harus dalam kondisi matang dan tekstur sangat halus. Contoh sayur yang bisa diberikan adalah ubi jalar, labu. Kukus terlebih dahulu, baru kemudian dihaluskan. Tambahkan ASI atau susu formula untuk membuat teksturnya lembut dan cair.

Baca juga : Puree buah dan sayur

Protein
Belum bisa diberikan protein jenis apa pun.

Produk SUSU
Selain susu formula, jangan berikan bayi umur 4 bulan anda produk susu seperti keju ataupun yogurt.






Porsi makan Bayi 4 - 6 bulan
Bayi mungkin hanya akan makan 1/2 sendok makan  untuk pertama kalinya. Jangan paksa bayi untukmenghabiskan makanannya. Porsi akan meningkat ketika umurnya lebih tua. Selain itu, penting juga untuk diingat bahwa ASI dan / atau susu formula yang menyediakan untuk total nutrisi bayi di usia ini.

No comments:

Post a Comment