Tuesday, October 18, 2016

Berapa Lama Bayi boleh Dibiarkan Menangis?

Iya, berapa lama bayi boleh dibiarkan menangis? Ada semacam kepercayaan bahwa bayi menangis itu untuk melatih paru-paru. Atau, membiarkan bayi menangis dalam jangka waktu yang lumayan lama itu semacam cara agar bayi tidak terbiasa manja, bau tangan dan sebagainya. Namun apakah itu benar?

Menangis merupakan hal normal dan bagian dari perkembangan mereka. tangisan normal itu bukan selalu berarti bayi sakit. hanya saja, bayi yang menangis terlalu lama bisa jadi pertanda   bahwa bayi merasa tidak nyaman atau tidak aman. bayi di bawah empat bulan biasanya menggunakan tangis untuk mengekspresikan kebutuhan mereka.

Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak yang dibiarkan menangis memiliki perubahan dalam hal konsiten otak mereka terhadap penelantaran emosional dan fisik, beberapa bahkan menunjukkan tanda-tanda kerusakan mental di kemudian hari. Karena itu, usia bayi benar-benar sangat menentukan, seberapa lama mereka harus dibiarkan menangis. Dilansir dari newkidscenter.com, ada beberapa hal yang perlu Ibu ketahui.

Bayi baru lahir sampai umur 3 bulan
Ibu harus menjawab tangisan bayi pada usia ini dengan segera. Mereka menangis karena mereka membutuhkan sesuatu, sama sekali bukan karena mereka manja. Ketika mereka menangis dan Ibu langsung merespons, ini adalah bentuk awal komunikasi antara bayi dan manusia lainnya. Jika Ibu tidak menjawab kebutuhan bayi ketika menangis, secara tidak langsung Ibu membuat mereka tahu bahwa kebutuhan mereka tidak layak untuk dipenuhi. Bayi yang dibiarkan menangis lama dalam usia ini kemungkinan akan mengalami kesulitan emosional dan masalah kepercayaan di kemudian hari.


Usia setelah 3 sampai 4 bulan
Di usia ini, bayi biasanya menangis ketika popok mereka basah, lapar atau lelah. Sebagai orangtua, Ibu biasanya akan bisa mengetahui pola-pola ini dengan mudah. setelah Ibu mengenal rutinistas bayi, Ibu bisa memenuhi kebutuhan mereka sebelum mereka menangis. Tangisan akan bisa dihindari. Jadi jika bayi menangis dalam jangka waktu yang lama, maka Ibu akan tahu jika bayi mungkin saja sedang tidak enak badan.

Umur 5 sampai 6 bulan
Pada umur ini, bayi harus mulai belajar untuk "menenangkan diri sendiri". ibu mungkin bisa membiarkan mereka menangis selama enam menit pada satu waktu, baru kemudian menghampirinya. Bayi masih perlu tahu bahwa Ibu berada di sebelah mereka, dan ini bisa membantu proses bonding antara Ibu dan Bayi. Seperti kita tahu, proses bonding ini merupakan bagian dari perkembangan anak.

Namun jika bayi menangis terus-menerus pada usia ini, Ibu mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan tidak ada yang salah dengan bayi secara fisik.

Untuk usia bayi yang lebih tua, Ibu bisa membiarkan bayi menangis selama beberapa lama. Tergantung jenis tangisan bayi. Pada usia ini, bayi sudah bisa mengembangkan pola-pola menangis tertentu, yang jika Ibu amati, tangisanny akan berbeda jika dia lapar, manja atau kesakitan. Jika dia menangis karena lapar dan sakit, maka segeralah hampiri bayi.





No comments:

Post a Comment