Sunday, October 4, 2015

Daya Tahan Bahan Makanan di Kulkas (Chiller & Freezer)

Mengetahui berapa lama bahan makanan bisa disimpan di kulkas itu perlu ya, Mom. Apalagi yang punya balita dan bayi macam saya. Karena kadang kita tidak sempat belanja ke pasar atau supermarket setiap hari, jadinya kita beli bahan dalam jumlah banyak dan kemudian menyimpannya di kulkas.


Nah, berikut ini saya dapat daftar lengkapnya dari www.pottawatomie.k-state.edu.
Daftar ini meliputi masa penyimpanna ideal bahan makanan seperti buah, sayur, ikan, susu, produk olahan susu, telur dan juga makanan bayi.

Untuk makanan bayi, idealnya disimpan di chiller (kulkas bawah) itu selama 2-3 hari. Tapi di sini tidak dianjurkan ternyata menyimpan makanan bayi di freezer. Nah loh, bagaimana itu? Tenang, di sana dijelaskan juga kok beberapa saran mengenai menyimpan makanan seperti makanan bayi dan bahan-bahan lain.

Ada juga saran dalam memperlakukan bahan-bahan makanan yang akan dibekukan, baiknya dibekukan dalam bentuk apa dan juga perubahan tekstur makanan setelah dibekukan.
Beberapa saran tersebut adalah:



1. Bekukan butter dan margarin  dalam kemasan aslinya, lalu kemas lagi dengan plastik freezerbag (tapi buat apa juga ya bekuiin butter?)

2. Tips membekukan telur, pecahkan telur dan kocok agar putih dan kuningnya bercampur rata. Untuk menambah kualitas bekuan, tambahkan garam, gula atau sirup jagung.

3. Melon potong yang akan dibekukan baiknya dibungkus untuk mempertahankan kandungan vitamin C dan juga untuk mencegah bau

4. Jangan cuci jamur jika akan disimpan di kulkas

Untuk selengkapnya, panduan ini bisa diunduh di Daya Tahan Bahan Makanan di Kulkas (Chiller & Freezer)

No comments:

Post a Comment