Tuesday, September 29, 2015

Ketika Bayi Mulai Menggunakan Sendok dan Garpu

Peralatan Makanan Bayi  - Hampir segera setelah bayi menyesuaikan diri dengan diberi makan dengan sendok, mereka akan ingin memegang dan ambil sendok sendiri dan memasukkannya ke dalam mulut mereka.

Kebanyakan bayi tidak belajar menggunakan sendok secara efektif sampai setelah ulang tahun pertama mereka, tapi mommy bisa membiarkan bayi di bawah umur itu untuk berlatih.

 Cobalah memberinya sendok berujung lembut untuk mengalihkan perhatiannya sementara mommy memberinya makan dengan yang lain. Dia bermain-main dengan sendoknya sendiri, tidak mengambil sendok yang mommy gunakan untuk menyuapinya makan.

Pilih sendok plastik dengan ujung lembut yang lembut pada dirinya gusi. Beberapa sendok akan menekuk ke posisi dan meluruskan yang diperlukan. Mommy bahkan dapat membeli sendok yang berubah warna untuk memperingatkan mommy ketika makanan  bayi terlalu panas.

Ketika mommy berpikir dia siap untuk benar-benar menavigasi sendok ke dalam nya mulut, cobalah memberi makanan yang lebih lengket seperti yogurt, kentang tumbuk, atau keju cottage.

Tip lain: Taruh beberapa krim,  yogurt atau bubur di sendok dan kemudian beberapa potong makanan yang bisa menempel di atasnya. Makanan lengket seperti itu tidak akan terbang di mana-mana, dan bayi bisa mendapatkan pengalaman memasukan makanan ke dalam nya mulut. 
Untuk pertama, jangan mengharapkan bisa memberi nasi dengan sendok. Dijamin, akan berceceran dan malah kebanyakan jatuh.

Beberapa makanan yang tepat diberikan dengan menggunakan sendok pertamanya diantaranya:
•    havermut
•    yoghurt tebal
•    puding
•    saus apel tebal
•    kentang tumbuk
•    tumbuk ubi jalar
•    beras merah
•    wortel tumbuk
•    hidangan pasta dengan saus kental dan mie kecil
•    tumbuk kuning telur atau orak-arik telur

Di umur 15 bulan, balita mungkin sudah bisa membawa sendok menuju mulutnya dan menjilatnya. Namun biarpun begitu, cara dia memasukan sendok ke mulutnya mungkin belum sepenuhnya benar sehingga makanan akan tumpah.

Anak belum memiliki cukup kontrol terhadap motorik halus untuk menempatkan sesendok makanan ke dalam mulutnya. Tulang-tulang di pergelangan tangannya tidak akan mengeras sampai dia sekitar 18 bulan. Sampai saat itu, itu akan sulit baginya untuk makan secara akurat tanpa bantuan.

Bahkan ketika dia bisa mendapatkan sendok ke mulutnya aman, dia masih akan bermain dengan makanannya. Biarkan dia bersenang-senang dengan apa yang dia makan dan membuat berantakan jika dia ingin. Tunjukkan padanya bagaimana mommy makan dengan sendok sehingga dia bisa melihat bagaimana hal itu dilakukan.

Pengenalan garpu
Tnggu sampais etidkanya lang tahun pertamanya sebelum mengenalkan alat yang satu ini. sebelum itu, bayi bisa berisiko mencederai dirinya sendiri. Baru setelah bayi menguasai sendok, mommy dapat memperkenalkan garpu. Tunjukan bagaimana cara menusuk atau menyodok dan kemudian biarkan bayi  mencobanya. Mommy memerlukan waktu agar si bayi bisa membedakan mana garpu dan juga mana sendok.

Cobalah dengan garpu khusus untuk bayi, dengan ujung lembut.

No comments:

Post a Comment