Wednesday, February 25, 2015

Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Makanan Bayi - Masalah yang sering dialami bayi selain susah BAB adalah perut kembung. Ini normal terjadi, bahkan sejak bayi baru lahir. Gas pada perut bayi adalah umum, hal yang normal dikeluarkan bayi hingga 13-21 kali setiap harinya. Bayi juga mungkin rewel ketika perutnya kembung akibat gas yang terjebak di dalam.

Berikut ini saya postingkan artikel mengenai tips mengatasi perut kembung pada bayi. Tips ini saya ambil dari webmd.com dan parents.com.

Gas pada umumnya disebabkan oleh:

•    Menelan udara
•    Makan dari payudara atau botol
•    Mengisap dot
•    Menangis
•    Bakteri berbahaya yang keluar dari gula yang tidak tercerna dalam usus besar.
•    Makan bayi terlalu banyak jus buah juga dapat menyebabkan gas, serta kembung, nyeri perut, dan diare.
•    Beberapa bayi ASI bisa  menghasilkan gas yang berlebihan ketika ibu mereka makan gas pembentuk sayuran, seperti brokoli, kembang kol, kubis, kecambah brussels, kacang-kacangan, dan bawang.

Ciri-ciri kelebihan gas pada bayi diantaranya:
•    Kembung
•    Bersendawa
•    Keram
•    Menangis
•    Kentut
•    Perut mengeras
•    Menggeliat dan menarik kakinya ke atas

Jika bayi ceria dan hanya rewel selama beberapa detik sementara mengeluarkan gas, itu adalah tanda bahwa itu normal. bahkan jika mereka berubah menjadi merah dan membuat kebisingan, itu tidak berarti bahwa itu mengganggu mereka. Jika bayi tetap ceria diantara periode mengeluarkan gas dan tidak terlalu tertekan selama mengeluarkan gas, itu juga bisa berarti normal.



Cara Membantu Bayi agar merasa lebih baik

Kembung bisa menimpa bayi yang minum ASI atau  formula lewat botol. Untuk meringankan rasa tidak nyaman akibat perut kembung pada bayi, bisa dilakukan beberapa langkah berikut:

Periksa posisi menyusui. Usahakan kepala bayi lebih tinggi dari perut ketika menyusui atau memberinya susu lewat botol. Dengan begitu, susu akan turun ke bagian bawah perut dan udara masuk ke atas. Posisi ini juga memungkinkan bayi bersendawa.

Settle Down. Bayi yang minum dari botol  dapat menelan banyak gelembung. Untuk mengatasi hal ini, miringkan botol pada sudut yang mengisi seluruh puting susu. Bisa juga menggunakan bantal untuk menyusui sebagai bantuan.

Sendawakan Bayi. Salah satu cara termudah untuk mengurangi rasa sakit akibat perut kembung pada bayi adalah membuat bayi bersendawa selama dan setelah makan. Selama makan, lakukan ketika bayi melambat setelah menyelesaikan payudara pertama. Sementara beberapa bayi perlu bersendawa lebih sering, kadang banyak orang tua malah membuat kesalahan dengan  mengganggu proses menyusui dengan menyendawakan mereka tidak pada waktunya. Ini memperpanjang waktu makan, bayi lapar hingga frustasi, yang dapat meningkatkan menelan udara.
Udara yang terjebak dapat menyebabkan ketidaknyamanan langsung, membuat bayi merasa kenyang sebelum ia selesai makan, atau masuk ke dalam usus, menyebabkan perut kembung.

Posisi untuk membuat bayi bersendawa

Ada beberapa posisi yang baik untuk bersendawa bayi Anda. Gunakan salah satu yang terbaik untuk Anda:

•    Posisikan dia di depan bahu ibu dan tepuk punggungnya.
•    Dudukan dia tegak di pangkuan dengan tangan ibu di bawah dagu untuk mendukung dada dan kepalanya. Buat badannya agak maju ketika ibu menggosok dan menepuk bahunya. .
•    Membaringkannya di pangkuan dengan posisi tertelungkup. Perut di pangkuan, kepala sedikit lebih tinggi daripada bagian tubuhnya yang lain lalu gosok dan tepuk punggungnya.

Jika ia tidak bersendawa setelah beberapa menit, melanjutkan memberinya makan, dan jika dia bertindak tidak nyaman, cobalah bersendawa lagi.

Perubahan peralatan. Jika memberikan susu formula lewat botol, maka cobalah untuk beralih slower-flow nipple.

Pijat Bayi. Bayi "naik sepeda" (memompa kaki bolak-balik sedangkan bayi berbaring terlentang), waktu perut (membiarkan dia tertelungkup dan tetap awasi), dan mandi air hangat adalah cara-cara untuk membantu si kecil menyingkirkan kelebihan gas.  Seringkali jenis-jenis gerakan tersebut mampu  memecah gelembung dan memberikan gas sedikit dorongan ekstra yang dibutuhkan untuk keluar.

Bereksperimen dengan makanan. Bicarakan dengan dokter anak tentang makanan yang dapat menyebabkan gas tambahan. Dokter akan memastikan bahwa mommy tidak menghapus nutrisi yang dibutuhkan dari makanan bayi. Beberapa orang tua memberikan bayi jus buah, yang berisi sorbitols (gula alkohol) dan itu tidak bisa diserap oleh bayi.  Beberapa bayi mungkin juga memiliki kesulitan mencerna makanan yang datang melalui ASI, seperti produk susu dan kafein. Jika memberikan susu formula, berbicara dengan dokter anak tentang perubahan merk. Beberapa merek mengklaim untuk membantu untuk bayi mengandung gas.

Pengobatan
Ada beberapa obat Over-the-Counter (OTC) tersedia untuk membantu dengan bayi yang mengalmai perut kembung. Namun sebelum harus dipastikan bahwa obat tidak akan berinteraksi  dengan sesuatu yang lain bayi, bahwa tidak alergi terhadap apa pun di dalamnya, dan bahwa dosis yang diberikan benar. Obat ini berupa Tetes Gas yang mengandung simethicone atau Mylicon.

Perut kembung dan Kolik
Selama 4 bulan pertama kehidupan, kolik didefinisikan sebagai menangis selama 3 jam, selama lebih dari 3 hari seminggu, selama lebih dari 3 minggu. Gas tidak menyebabkan kolik, namun bayi kolik bisa menelan lebih banyak udara, memberi mereka lebih banyak gas.

No comments:

Post a Comment

My Blog List

Novel ketiga, Terbit 26 Desember 2016

Novel ketiga, Terbit 26 Desember 2016
Klik gambar untuk sinopsis :)