Tuesday, February 10, 2015

Makanan Sehat untuk Anak-anak dan Balita

Makanan bayi – makanan sehat itu mutlak, tidak hanya untuk bayi namun ketika mereka sudah besar. Semakin banyak aktivitas, semakin banyak asupan yang dibutuhkannya. Sebagai orang tua, kadang kita bingung sewaktu buka kulkas, mau dikasih makan apa ya si balita?

Nah, saya ambilkan dari parenting.com, berikut daftar makanan sehat untuk anak-anak dan balita. Dimulai dari telur.

Telur
Telur menawarkan protein, dan mereka salah satu dari beberapa makanan yang secara alami mengandung vitamin D, yang membantu tubuh menyerap kalsium. Makan protein saat sarapan membantu anak-anak merasa kenyang lebih lama

Havermut / Oat

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang makan oatmeal lebih mampu berkonsentrasi dan memperhatikan ketika di sekolah. Biji-bijian kaya serat, seperti oatmeal, dicerna secara perlahan, memberikan anak-anak dengan aliran energi.

Buah
Buah yang baik untuk anak, memberikan vitamin dan mineral. Buah juga memiliki serat, yang membuat pencernaan anak-anak lancar. Untuk menuai manfaat gizi, makan berbagai buah-buahan, seperti buah, melon, kiwi dan jeruk

Kacang-kacangan

Kacang terdiri dari lemak sehat, yang diperlukan anak-anak untuk pertumbuhan dan perkembangan, serta untuk kesehatan jantung. Memiliki sedikit lemak di pagi hari memberikan anak-anak ledakan energi untuk menjaga aktivitas pergi mereka.


Susu
Protein dan kalsium dalam produk susu menyediakan bahan bakar untuk otak dan tubuh. Protein membantu membangun jaringan otak, sementara kalsium susu yang membuat tulang dan gigi anak-anak yang kuat.


Bluberi

Peringkat buah ini ada di antara buah sehat selama bertahun-tahun. Sekarang penelitian menunjukkan bahwa selain melindungi terhadap penyakit jantung dan diabetes dan meningkatkan fungsi otak, blueberry juga dapat membantu mengurangi lemak intra-abdomen - jenis perut lemak yang telah dikaitkan dengan obesitas dan sindrom metabolik.


Tahu
Makanan kedelai utuh merupakan sumber protein yang sangat baik dan memiliki manfaat anti-kanker yang kuat. Tahu sangat bagus untuk gadis-gadis muda karena memiliki efek perlindungan terhadap perkembangan tubuh dan jaringan payudara yang berlangsung sampai dewasa.
Tomat sarat dengan likopen-zat yang melindungi terhadap banyak kanker. Tomat matang lebih sehat karena panas sewaktu memasak mampu melepaskan lycopene. Memasak tomat dengan lemak baik, seperti minyak zaitun, membantu tubuh menyerap lebih banyak.

Low-Fat Greek Yogurt
yogurt ini mengandung bakteri sehat yang dikenal untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu pencernaan, dan memiliki dua sampai tiga kali jumlah protein dan sedikit gula  dari yogurt biasa.


Kubis
Memiliki rasa ringan dan cenderung lebih disukai anak-anak dibandingkan salad hijau. Dan sayuran cruciferous lain seperti kubis, brokoli dan kale mengandung fitonutrien yang dikenal untuk menurunkan risiko berbagai jenis kanker, serta meningkatkan pencernaan. Hal ini juga membantu membersihkan racun berbahaya dari tubuh dengan memicu pelepasan enzim yang tugasnya adalah untuk mengocok racun itu keluar.


Ikan salmon
Ikan ini berisi lemak sehat omega-3, yang juga dikenal untuk meningkatkan perkembangan otak, menangkis depresi dan memiliki kekuatan anti-inflamasi yang luar biasa. Pastikan untuk memilih jenis ikan yang hidup liar di lautan, yang lebih rendah merkuri dan lebih tinggi omega-3.


Bubuk kakao
Mommy mungkin berpikir tentang minuman marshmallow bertabur, tapi cocoa powder sebenarnya memiliki salah satu konsentrasi tertinggi flavonoid, senyawa yang dikenal untuk meningkatkan tekanan darah, kesehatan jantung dan kesehatan mulut. Bubuk ini juga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Gunakan setidaknya 70 persen kakao murni dan tidak diproses dengan alkali yang menghilangkan sebagian besar flavonoid.


Kacang hitam
Kacang merupakan sumber protein, serat dan kalsium-dua hal yang asupannya cenderung kurang pada anak-anak.Semakin gelap warnanya, semakin baik manfaatnya.  Kacang juga membantu mencegah penyakit jantung dan kolesterol tinggi.


Kemangi
Ramuan ini dikemas dengan antioksidan, vitamin A, C dan K, serta zat besi, kalium dan kalsium. Manfaatnya dapat membantu meningkatkan pencernaan. Beberapa penelitian menunjukkan bahkan dapat meringankan sakit kepala.


Kayu Manis
Penelitian menunjukkan bahwa rempah-rempah ini dapat membantu mengatur gula darah.

No comments:

Post a Comment