Wednesday, October 29, 2014

Minuman Sehat untuk Anak dan Bayi

Selain makanan sehat maka ada juga minuman sehat. Hmmm.... seperti biasa artikel ini saya ambil dari sumber lain, kali ini dari parenting.com yak. Kenapa? karena saya bukan ahli yang bisa bikin teori sendiri, jadi lebih baik ngambil dari media terpercaya daripada ngawur sendiri bukan?!

Ahak ahak. Okelah lanjut.


Apa yang anak minum adalah sebagai besar bagian dari nutrisi seperti apa yang mereka makan. Berikut ini apa yang mereka harus menghirup agar tetap sehat


Bayi mendapatkan sebagian besar dari fluida yang mereka butuhkan selama tahun pertama dari ASI atau susu formula. Tapi air merupakan minuman terbaik untuk menjaga anak-anak di atas setahun  agar cukup terhidrasi dan sehat, menghindari kelelahan, kelemahan otot dan sakit kepala.

"Mengembangkan kesukaan terhadap air sangat penting karena anak-anak yang mengkonsumsi terlalu banyak minuman manis akan mengharapkan agar setiap minuman itu selalu manis," jelas Nicolas Stettler, MD, seorang profesor pediatri dan epidemiologi di Rumah Sakit Anak Philadelphia dan anggota American Academy of Pediatrics Committee on Nutrition.

Nah, minuman sehat apa saja yang penting dan tidak dianjurkan untuk anak?

Yang bisa diberikan kapan saja
Susu

Berikan susu untuk anak-anak usia 1 sampai 2 (kecuali ada riwayat keluarga obesitas atau penyakit jantung, dalam hal pengurangan lemak susu dapat dipertimbangkan, tetapi diskusikan dengan dokter anak terlebih dahulu). Susu bebas lemak yang memiliki semua vitamin D dan kalsium sangat baik setelah usia 2 tahun.

Air
Diperlukan sewaktu-waktu, tergantung pada tingkat aktivitas, iklim dan berat. Tidak ada penggemar H2O di rumah Anda? Coba penyedap dengan buah-buahan, atau menghiasnya dengan sedotan lucu atau es batu.

Yang hanya bisa diberikan Sesekali
Vitamin dan air kelapa

Jika mommy memutuskan untuk menawarkan salah satunya maka pilihlah minuman yang bebas gula.


Yang bisa diberikan kadang-kadang(Apa bedanya dengan sesekali ya?)

Jus

Sajikan hanya 100 persen jus, tanpa tambahan gula. Anak-anak usia 1 sampai 6 tahun bisa diberikan sekitar  4-6 ons sehari. "Terlalu banyak tambahan kalori dan seratnya tidak sebanyak pada potongan buah," kata Dr Stettler.

Ups bagian ini rasanya  agak aneh kalau dimasukin ke kategori "kadang-kadang", karena jus merupakan alternatif bagi kita bagi anak yang enggak doyan buah sama sekali. Kalau dijus, si anak tinggal tenggak dan telan. Hmm.... tetapi dibanding enggak makan buah sama sekali, jus juga lumayan ya. (Emak kekeuh!)

Jangan Berikan:
Soda, kopi teh; energi dan minuman olahraga

Soda pada dasarnya adalah permen cair,tidak menawarkan nilai gizi apa-apa. Dan kafein (kopi, teh dan kebanyakan minuman energi) plus stimulan, itu adiktif. "Untuk acara khusus, sedikit soda baik-baik saja, tetapi tidak harus diminum oleh anak-anak secara teratur," kata Dr Stettler.

Weleh, anak-anak saya malah doyan sama teh. Aduhhh....

1 comment:

  1. Kalau saya boleh menyarankan, lebih baik susu kambing etawa saja sebagai minuman bernutrisi untuk si kecil. Hal ini dikarenakan : Mengandung protein alergi yang lebih sedikit, Lemaknya lebih mudah dicerna, Mengandung laktosa yang lebih sedikit, Kandungan asam folat lebih sedikit. Untuk melihat rinciannya yang lebih jelas disini > Manfaat Susu Kambing untuk bayi.

    ReplyDelete