Monday, October 27, 2014

Mengapa Bayi Harus Makan Ikan?

Makanan bayi - tentu, kita sudah tahu bahwa ikan sehat. Tapi apakah Anda tahu bahwa ikan juga dapat mengurangi risiko bayi mengembangkan asma di kemudian hari?

Anda sudah tahu bahwa ikan adalah makanan sehat, penuh omega-3 untuk membangun asam
lemak otak, meningkatkan jantung, tapi di sini adalah alasan lain untuk membuat bayi menyukai rasa ikan.

Bayi antara 6 bulan dan 1 tahun yang makan ikan memiliki risiko 36 persen lebih rendah untuk terkena asma di kemudian hari, menurut sebuah studi skala besar lebih dari 7.000 bayi yang dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics.

"Jendela enam bulan ini mungkin waktu ketika sistem kekebalan tubuh anak sedang diprogram, dan nutrisi yang ditemukan dalam asam lemak omega 3 ikan dan vitamin D, dapat mempengaruhi proses ini," kata penulis utama studi Jessica C. Kiefte-de jong, Ph.D., seorang ahli epidemiologi pediatrik di Belanda.


"Tekstur ikan yang lembut dan mudah dikunyah membuatnya menjadi makanan pertama yang bagis," kata ahli diet terdaftar Karen Ansel, penulis The Baby and Toddler Cookbook dan anggota dewan penasehat Parenting. Memilih ikan tanpa tulang dan tanpa kulit, seperti salmon kaleng atau nila. Mulailah dengan Pure ikan dan sedikit kaldu sayur. Ketika usia mereka bertambah, menyediakan potongan-potongan kecil ikan panggang atau campuran makaroni, keju atau hidangan pasta. Dan pastikan untuk menghindari ikan tinggi merkuri seperti  ikan todak, hiu, tilefish, dan king mackerel.

sumber: parenting.com

No comments:

Post a Comment