Monday, October 20, 2014

Kacang Polong untuk Makanan Bayi

Makanan bayi - salah satu bahan sayuran terbaik untuk bayi adalah kacang polong. Iyap, kacang berwarna hijau dengan rasa yang agak-agak pahit itu. Namun jangan fokus pada rasanya, melainkan pada nilai gizi yang dimilikiya. Nilai gizi dari kacang polong cukup menakjubkan, dengan secangkir saja Mommy sudah bisa mendapatkan lebih banyak protein, kalsium, vitamin A, vitamin C dan juga zat besi.

Untuk lebih lengkapnya, berikut kandungan gizi terbaik untuk bayi yang disediakan oleh seporsi kacang polong, satu cangkir.

VITAMIN


Vitamin A - 955.2iu
Vitamin C - 22,72 mg
Niacin - 3.23 mg
Folat - 100,8 mcg
Vitamin B1 (tiamin) - 0,41 mg
Vitamin B6 - .35 mg
Mengandung vitamin lainnya dalam jumlah kecil.


MINERAL
Kalium - 433,6 mg
Fosfor - 187,2 mg
Magnesium - 62,4 mg
Kalsium - 43,2 mg
Sodium - 4,8 mg
Selenium - 3,0 mg
Besi - 2,5 mg
Zinc - 1,9 mg
Mangan - 0,8 mg
Juga mengandung sejumlah kecil tembaga.

Umur Berapa Bayi boleh makan kacang polong?
Idealnya bisa diberikan semenjak umur enam bulan hanya saja, jenis kacang yang satu ini tidak cocok diberikan sebagai makanan pertama untuk bayi. Alasannya? Kacang polong dapat menyebabkan gas pada beberapa bayi (dan pada beberapa orang dewasa, juga!). selainitu agak sulit mendapatkan tekstur yang pas dari puree kacang polong ini. kulit kacang agak keras sehingga menghasilkan pure yang berserat.

Namun tentunya pemberian kacang polong sudah tentu harus sesuai petunjuk dokter, terutama bagi bayi yang alergi kacang-kacangan.

Jenis kacang polong untuk makanan bayi
Di indonesia kita terbiasa menemukan kacang polong beku. Kacang polong kalengan juga banyak tersedia, meskipun mommy lebih baik memilih yang beku karena produk dalam kaleng biasanya sudah mengandung garam atau gula. Olahan kacang polong juga sebaiknya dihindari karena juga biasanya mengandung garam dan telah melalui proses yang luas dan mengurangi sedikit nutrisi aslinya.

Kacang polong beku juga sangat mudah untuk memasak, hanya perlu mengukus sampai empuk atau hanya merebus dengan sedikit air dalam panci, tambahkan kacang polong, lalu masak sampai mendidih.

Berbeda dengan kacang polong segar yang memerlukan sedikit ekstra usaha untuk memasaknya. Khusus untuk yang segar sebaiknya langsung dimasak pada hari yang sama dimana mommy membelinya. Jika tidak maka simpanlah di lemari es, panas bisa mengubah gula dalam kacang menjadi pati. Memilih kacang polong segar juga tidak susah, cukup beli yang belum dikupas karena kita tidak tahu kapan kacang itu dikupas.

Cara terbaik untuk memasak kacang polong untuk makanan bayi

Mengukus atau merebus kacang polong dalam sedikit air adalah cara terbaik untuk memasak kacang polong untuk makanan bayi. Untuk rasa yang baik, memasak kacang polong dalam sayuran, ayam atau daging sapi saham buatan sendiri.

Puree kacang biasanya agak kasar, sulit untuk mendapatkan tekstur yang benar-benar halus karena potongan-potongan kecil dari kulitnya cenderung agak keras. Cara terbaik untuk menghaluskannya adalah dengan menggunakan saringan super halus. Atau sedikit tips, haluskan pakai blender dengan pengaturan tercepat selama kurang lebih dua menit. tambahkan sedikit air sehingga  puree masih bisa bergerak saat diblender.

sumber: wholesomebabyfood, homemadebabyfood

No comments:

Post a Comment