Wednesday, September 17, 2014

Gizi/ Nutrisi pada Bayi

Makanan bayi - Gizi atau nutrisi diperlukan untuk menjaga tumbuh kembangnya si bayi. Tentu saja, tidak hanya bayi, tetapi semua orang. Namun khusus bagi bayi, ada yang namanya golden period dalam siklus pertumbuhannya yaitu tiga tahun pertama dimana pada periode ini pertumbuhan anak terjadi paling pesat sehingga diperlukan nutrisi atau gizi yang tepat.

Nah, apa saja gizi bayi yang penting pada masa ini?
Pertama, saya ambilkan dari ayahbunda.co.id untuk kebutuhan gizi pokoknya.

Karbohidrat
Guna: bahan baku menghasilkan energy yang dibutuhkan untuk menunjang aktivitas bayi.
Sumber: beras, beras merah, tepung maizena, tepung roti, macaroni, pasta, kentang, havermut.

Protein
Guna: bahan utama pembentukan berbagai struktur organ, terutama tulang dan oto, termasuk sel-sel saraf otak.
Sumber: susu dan hasil olahannya (keju, krim dan yoghurt), daging (ternak, unggas, ikan), telur, tahu, tempe dan kacang-kacangan (kacang kedelai, kacang hijau, kacang merah)

Lemak
Guna: bahan utama sumber energy, dan dibutuhkan oleh beberapa jenis zat gizi, misalnya vitamil A, agar dapat diserap oleh tubuh.
Sumber: minayk sayur (terutama minyak jagung, minyak wijen, dan minyak bunga matahari), santan, mentega atau margarin.

Air
Guna: memuaskan rasa haus bayi dan membantu melancarkan kerja pencernaan bayi.
Sumber: ASI/PASI, air putih matang, sari buah segar dan makanan berkuah.

lalu ada pula nutrisi lain selain diatas, yang sangat diperlukan bayi. Berikut ini saya ambil tambahannya dari parenting.com

Zat besi / IRON
Mengapa bayi membutuhkannya

Besi sangat penting untuk perkembangan otak. Penelitian menunjukkan kurangnya mineral ini dapat menyebabkan penurunan pengolahan pikiran dan motorik. Kabar baiknya adalah bahwa bayi dilahirkan dengan cadangan zat besi yang besar, biasanya cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka sampai 4 sampai 6 bulan. Bayi prematur, mungkin kehilangan beberapa atau semua akumulasi besi secara signifikan yang terjadi selama trimester terakhir kehamilan. Ditambah dengan kebutuhan untuk tingkat pertumbuhan mereka, cadangan besi pada tubuh mereka mungkin hanya akan cukup sampai dua hingga tiga bulan. Jika bayi mommy lahir lebih awal, konsultasikan pada dokter anak mengenai pemberian suplemen zat besi.

Dosis harian
Formula memenuhi kebutuhan zat besi untuk tahun pertama, tetapi ASI tidak, itulah sebabnya dokter anak merekomendasikan memperkenalkan makanan tinggi zat besi pada awal paruh kedua tahun pertama, ketika bayi mulai mendapatkan makanan padat atau MPASI, pada 7 sampai 12 bulan, bayi membutuhkan 11 miligram besi elemental per hari, dan dengan 1 sampai 3 tahun, 7 miligram setiap hari.

Penyajian
Setelah bayi berusia 6 bulan, dua porsi sereal bayi yang diperkaya zat besi (masing-masing satu setengah ons)mampu  memberikan 11 miligram yang dibutuhkan bayi, maka berikan sereal sebagai makanan awal bagi bayi. Daging, unggas dan ikan secara alami mengandung zat besi jadi cobalah berikan daging sapi atau kalkun, ayam untuk si keci. Sumber lainnya yang kaya akan zat besi termasuk alpukat, kentang panggang, brokoli, buncis, telur, plum, kacang kedelai dan bayam.

Baik untuk diketahui

Kekurangan zat besi adalah kekurangan gizi yang paling umum di antara anak-anak di AS. Untuk mencegahnya, pastikan bayi melakukan screen di dokter  anak untuk anemia defisiensi besi pada 12 bulan dan 18 bulan.

KALSIUM
Mengapa bayi membutuhkannya

Mineral ini membantu anak-anak mencapai puncak massa tulang, yang diperlukan untuk membangun tulang yang kuat dan mencegah patah tulang ketika mereka mulai memanjat pohon dan bermain olahraga.

Dosis harian
ASI dan susu formula memenuhi kalsium bayi untuk kebutuhan di tahun pertama. Setelah beralih ke susu, bayi akan membutuhkan 500 miligram setiap hari.

Penyajian
Secangkir susu atau 6 ons yogurt menyediakan sekitar 250 miligram. Bayi di bawah usia 1 tidak harus susu sapi, tapi yogurt biasanya baik-baik saja setelah mommy memperkenalkan makanan padat. Pilihan yang baik lainnya adalah keju, salmon, jus jeruk yang diperkaya kalsium, tahu, brokoli, kacang putih, tomat dan oatmeal.

Baik untuk diketahui
Membantu bayi menyukai rasa susu yang rendah lemak akan membantu memenuhi kebutuhan kalsium mereka di masa pubertas (1.300 miligram per hari pada usia 9 tahun), pada umur ini maka kalsium bisa diserap dengan baik dari makanan. Bayi yang kelebihan berat badan dan berisiko untuk obesitas, atau yang memiliki riwayat keluarga yang kuat dari penyakit kardiovaskular awal-awal, dapat mengurangi lemak susu 2 persen antara 12 dan 24 bulan.

ZINC
Mengapa bayi membutuhkannya

Selain memiliki efek positif pada kognisi dan pengembangan, peran utama seng adalah untuk mempertahankan fungsi kekebalan tubuh dan menjamin pertumbuhan sel optimal dan perbaikan. Defisiensi zinc dikaitkan dengan gangguan pertumbuhan, peningkatan kerentanan terhadap infeksi dan peningkatan risiko diare.

Dosis harian
Formula memenuhi kebutuhan sampai usia 1, tetapi ASI tidak, jadi penting untuk memperkenalkan makanan kaya zinc pada semester kedua di tahun pertama. Anak-anak dari 7 bulan sampai 3 tahun membutuhkan 3 miligram per hari.

penyajian
Tiga ons tenderloin daging babi punya 2 miligram, secangkir yogurt memiliki 1,6 miligram, dan setengah dada ayam memiliki 1 miligram. Sumber lain termasuk kalkun, daging sapi, ikan, telur, kacang, susu, keju cheddar dan sereal yang diperkaya.

Baik untuk diketahui
Zinc ini paling sering ditemukan dalam besi - daging, unggas dan ikan, jadi jika Mommy memenuhi kebutuhan zat besi bayi Mommy, kemungkinan dia mendapatkan cukup zinc juga.
VITAMIN A, D, E, K DAN

Mengapa bayi membutuhkannya

Vitamin A meningkatkan penglihatan dan kulit yang sehat. Vitamin D meningkatkan penyerapan kalsium dan membantu dengan pertumbuhan tulang - kekurangan dapat menyebabkan rakhitis tulang-melemah. Kekuatan antioksidan Vitamin E memfasilitasi pertumbuhan sel dan perkembangan sistem saraf. Vitamin K membantu pembekuan darah normal.

Dosis harian
Susu formula bayi memenuhi kebutuhan sampai usia 1 untuk vitamin A, D dan E. Untuk mendapatkan cukup vitamin D, bayi yang diberi ASI harus mengkonsumsi suplemen, seperti Tri-Vi-Sol (yang juga mengandung vitamin A dan C), yang menyediakan 400 IU vitamin D setiap hari sampai mereka disapih dari ASI atau mengkonsumsi  15 atau lebih ons susu formula setiap hari. Jika tidak, jika Mommy menawarkan bayi Mommy berbagai makanan dari piramida makanan - buah-buahan, sayuran, susu, biji-bijian, lemak sehat - dan dokter mengatakan dia tumbuh tepat untuk usianya, maka kebutuhannya mungkin sudah terpenuhi.

Penyajian
Selain ASI, susu formula dan susu sapi, sumber vitamin A termasuk buah-buahan yang kaya karoten dan sayuran seperti wortel, ubi jalar dan brokoli. Vitamin D hanya ada pada sedikit makanan, tapi bayi Mommy bisa mendapatkannya dari susu sapi, kuning telur dan ikan. Makanan kaya vitamin E adalah minyak sayur, sereal dan biji-bijian. Susu sapi, sayuran, buah dan minyak kedelai penuh vitamin K.

Baik untuk diketahui

Sebuah penelitian baru menemukan bahwa 40 persen bayi dan balita memiliki kadar rendah vitamin D, yang dapat melemahkan tulang. Pastikan Mommy berbicara dengan dokter anak Mommy tentang memulai bayi Mommy pada suplemen vitamin D jika Mommy sedang menyusui.

VITAMIN C DAN B

Mengapa bayi membutuhkannya
Vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi dan membantu mencegah penyakit kudis, suatu kondisi yang menyebabkan memar besar pada tubuh. Vitamin B, termasuk asam folat, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan saraf, menjaga kesehatan kulit dan otot, meningkatkan pertumbuhan sel dan mengatur metabolisme.

Dosis harian
Jika Mommy menawarkan bayi Mommy berbagai makanan dari piramida makanan - buah-buahan, sayuran, susu, biji-bijian, lemak sehat - dan dokter mengatakan dia tumbuh tepat untuk usianya, dia mungkin mendapatkan cukup dari vitamin yang larut dalam air ini.

Penyajian
Vitamin C dalam jeruk, tomat, stroberi, melon dan kentang. Asam folat dalam sayuran hijau,  sereal dan roti. Vitamin B lainnya ditemukan dalam biji-bijian seperti beras merah serta dalam pisang, kacang-kacangan, telur, daging, unggas dan ikan.

Baik untuk diketahui:
Jangan menyerah memberikan sayuran hijau atau buah-buahan yang kaya nutrisi lainnya! Kebanyakan balita harus mencoba makanan - seperti dalam, memasukkannya ke dalam mulut mereka dan meludah keluar - rata-rata delapan sampai 10 kali sebelum mereka mulai menyukainya.

Postingan ini sebagai pelengkap postingan sebelumnya mengenai panduan Makanan dan Vitamin bagi bayi.

No comments:

Post a Comment