Friday, May 23, 2014

Membuat Aneka Nasi Tim Saring untuk Bayi

Makanan Bayi - Nasi tim merupakan salah satu menu yang sering diberikan mommy kepada bayi. Tapi sebelum tahu lebih banyak, apakah mommy tahu apakah itu nasi Tim?

Dalam bahasa Indonesia istilah "tim" mungkin berasal dari bahasa Inggris steam yang berarti dikukus. Jenis nasi ini cocok untuk bayi karena tekstur makanan bayi ini halus dan lembut. Jadi inti sebenarnya dari nasi tim ini adalah nasi yang dikukus namun teksturnya disesuaikan dengan bayi,

Berdasarkan konsultasi ke dokter baru-baru ini, oleh dokter dijelaskan bahwa masa pemberian nasi tim khususnya nasi tim saring dimulai dari umur 10 bulan dan tidak disaring lagi setelah berumur setahun. Tetapi ada pula yang menyatakan sudah bisa diberikan umur delapan bulan, tergantung babynya sendiri.

Karena inti utama membuat nasi tim entah itu saring atau tidak saring tersebut adalah mengukus, sehingga cara pembuatannya sangatlah mudah. Mommy tidak perlu resep khusus, isinya bisa disesuaikan dengan isi kulkas. Dari resep-resep yang saya baca, metode pembuatannya ada yang hanya direbus saja hingga menyerupai bubur, padahal inti utama dari tim itu adalah kukus, jadi mungkin itu maksudnya bubur tim ya hihihhi.


Semuanya terserah mommy sih, tetapi untuk lebih cepatnya, Mommy bisa menggunakan metode seperti saya.

Pertama beras dan bahan lain berupa sayur dan lauk dimasak bersama air atau kaldu hingga berupa nasi aron dan kemudian dikukus. Banyaknya air tidak masalah. Jika nasi aronnya keras, bisa ditambahkan air pas ngukus. Tapi jika tekstur nasi aornnya pas bisa langsung dikukus saja. Setelah matang maka bisa diblender atau disaring dengan berbagai cara. Lihat saja berbagai peralatan untuk menyiapkan makanan bayi.



Mengenai lauk dan sayurnya, mommy bisa mengukus terpisah atau bersamaan dengan nasi aron. Saran saya sih, jika mau membuat nasi tim kukus, sebaiknya bahan lainnya tidak usah direbus karena hanya akan membuat overcook sehingga nutrisinya malah berkurang. Bahan-bahan yang matangnya lama seperti ayam dan ikan, bisa dimasukan ke beras pada waktu merebus sekalian untuk mengeluarkan kaldunya.

Untuk bayi dibawah setahun yang belum mendapat penambahan gula garam, maka hal yang harus mommy pikirkan adalah campuran bahan-bahan yang ada dan rasa yang ditimbulkan akibatnya. Jika mommy membuat nasi tim bayam, sayur hijau atau sayur lain yang bisa menyumbangkan rasa pahit buat bayi, maka mommy harus sedikit memodifikasi bahan lainnya.

Memang benar bayi belum mengenal rasa dan pengenalan rasa pahit ini adalah hal yang bagus untuk menciptakan variasi makanan. Tetapi bagaimana jika bayi mommy terbiasa dengan rasa manis susu sehingga menolak untuk makan nasi tim saring bayam atau sayur hijaunya?

Maka mommy bisa menambahkan bahan lain untuk sedikit menetralisir rasa pahit. Caranya tambahkan saja labu siam, atau bisa juga dengan wortel. Pokoknya bahan-bahan yang mempunyai citarasa manis dan netral.

Nah, untuk penambahan lemaknya bisa menambahkan mentega, minyak zaitun atau minyak kelapa.
Jika ada yang masih bingung, tenang mommy. Tidak ada aturan khusus untuk makanan bayi, bagi saya adalah gunakan bahan yang ada, kenali rasa yang diciptakan, cemplung-cemplung bahan dan cicipi.

Yah, segitu sharing saya tentang nasi tim saring bayi ini, mohon dikoreksi jika ada yang salah dan ditambahkan jika ada yang kurang.

1 comment:

  1. Sis saya suka sering bingung bkn mpasi utk anak saga doalny dia mls makan bikinan saya..gmna y cranya

    ReplyDelete