Monday, March 10, 2014

Makanan untuk Bayi yang sedang Diare

Diare pada bayi merupakan salah satu hal yang mengkhawatirkan. Tentu saja karena bayi tidak bisa dipaksa minum atau makan agar diarenya bisa dihentikan. Apalagi bayi akan lemas dan rewel, maka jangan harap bisa memberi bayi makan dengan sukses seperti saat ia sehat. Mengingat bahayanya itu ya Mommy, maka cara terbaik adalah dengan mencegahnya. Tahu sendiri kan, penyebab diare itu bisa karena makanan dan peralatan kurang bersih.

Secara umum, bayi dan anak-anak bisa mengalami diare akut dan kronis. Infeksi rotavirus merupakan penyebab paling umum untuk diare anak. Diare yang disebabkan infeksi virus ini memang bisa sembuh sendiri dalam waktu 3 hingga 10 hari.

Selain itu, penyebab lain diare bisa berupa kepekaan terhadap makanan, bakteri, virus, parasit, obat dan gangguang fungsional usus.

Diare pada bayi sangat berbahaya, jadi dibanding Mommy mencoba-coba obat atau makanan tertentu, mending langsung konsultasi ke dokter. Apalagi, diare akut bisa membuat bayi mengalami dehidrasi bahkan hanya dalam waktu sehari dan seorang anak bisa meninggal karena dehidrasi selama beberapa hari.

Jika sudah ke dokter, tentu dokter akan menyarankan konsumsi cairan yang memadai serta makan makanan tertentu. Nah, pada artikel ini akan dijelaskan mengenai makanan yang harus diberikan serta dihindari saat bayi diare.

Makanan untuk bayi diare

Harap menawarkan makanan kecil bayi saat ia mengalami diare. Menawarkan makanan kecil akan memungkinkan sistem pencernaan bayi bekerja perlahan-lahan. Usus kecil dan sistem pencernaan yang masih rapuh akan butuh waktu untuk sembuh dan kembali seperti semula. Bisa hingga 3-4 hari, sehingga dengan penanganan yang tepat, mommy tidak pelru khawatir.

Makanan yang dianjurkan untuk bayi diare, yang harus diingat adalah:

BRAT – Banana, Rice, Applesauce – Toast

Pisang - Beras - Saus apel – Roti Panggang

Makanan diatas membantu pengerasan tinja. Makanan ini termasuk biji-bijian dan buah tertentu. Untuk lebih jelas, makanannya bisa berupa:
•    Pisang
•    Beras dan / atau sereal beras bikinan rumahan
•    Roti - roti panggang khusus
•    Pasta
•    Kentang putih
•    Yogurt
•    saus apel


Makanan yang harus dihindari oleh Bayi yang sedang diare

Hindari beberapa makanan yang biasanya digunakan untuk membantu meringankan sembelit. Berikut adalah daftar makanan yang harus dihindari ketika bayi mengalami diare:

•    semua produk susu (yoghurt adalah pengecualian karena bakteri bermanfaat, namun tetap konsultasikan dengan dokter untuk pemberian yogurt ini. )

•    Buah yang dimulai dengan huruf "P" seperti persik, pir, plum, dan prem

•    aprikot dan buah-buahan berbatu lainnya biasanya dikenal untuk membantu melonggarkan kotoran 
•    Makanan berserat tinggi

Apel vs jus apel
Ada perbedaan fungsi antara saus apel dan jus apel. Saus apel memiliki pectin yang tinggi sehingga bisa mengeraskan tinja
.
Sementara jus apel  mengandung gula yang lebih tinggi dan juga cairan sehingga lebih cocok untuk meringankan sembelit.

Untuk pemberian jus buah pada bayi yang sedang diare, lebih lanjut bisa dibaca di artikel Jus Buah bagi Bayi yang sedang Diare.

No comments:

Post a Comment