Tuesday, February 25, 2014

Jus Buah untuk Bayi yang sedang Diare

Makanan bayi - Diare merupakan masalah umum pada bayi. Selain masalah kebersihan, diare juga sering disebabkan makanna yang dikonsumsi. Nah, bagi Mommy yang anaknya sedang menderita diare, pasti bertanya-tanya apakah boleh bayinya diberikan jus.

Seperti yang dilansir dari babycenter.com dan juga tabloid Nova online, memberikan jus pada bayi diare bisa membuat diare lebih parah. Terlalu banyak mengkonsumsi jus buah justru dapat menyebabkan diare. Kenapa? Karena jus mengandung sorbitol, suatu bentuk gula yang tidak bisa dicerna. Tingkat sorbitol yang berlebihan dapat menyebabkan tubuh mencoba untuk mencairkan gula dengan menarik air dari aliran darah ke dalam usus yang kemudian menyebabkan mencret atau diare.

Beberapa buah yang mengandung sorbitol tinggi adalah pir, peach, dan cherry. Jadi, batasi Anda anak

yang berusia 12 bulan atau lebih mengkonsumsi 3/4 cangkir (atau 6 ons ) atau lebih jus per hari. Jus juga tidak dianjurkan untuk bayi yang berusia kurang dari 12 bulan. Dan untuk anak berusia 7 tahun lebih sebaiknya tidak mengkonsumsi jus lebih dari 8 sampai 12 ons per hari.

Selain menyebabkan sakit perut, terlalu banyak minum jus juga dapat merusak selera makan anak-anak pada makanan sehat dan menyebabkan kerusakan gigi.

Anak memang butuh dua porsi buah setiap harinya. Jika satu porsi sudah terpenuhi dengan segelas jus, maka sisanya berikan berupa buah segar yang akan memberikan serat dan nutrisi tambahan.
Hindari sayuran karena serat bisa meningkatkan frekuensi diare. Untuk buah segar, berilah anak pisang. Buah ini mengandung kaolin, pektin, serta kalium yang berfungsi memadatkan tinja serta menyerap racun.

Lalu bagaimana dengan anak yang sembelit? Disinilah jus berfungsi. Memberikan jus yang tinggi sorbitol seperti buah prune bisa mencegah sembelit. Namun tentunya tidak boleh berlebihan agar bayi tidak mencret.

No comments:

Post a Comment