Monday, February 10, 2014

10 Makanan untuk Kecerdasan Anak

Kita tahu makan buah-buahan, sayuran, ikan, kacang-kacangan dan biji-bijian yang baik untuk kesehatan kita, tetapi apakah mommy juga tahu bahan makanan ini  juga baik untuk proses belajar? Entah itu adalah antioksidan dalam buah, serat apel, fitokimia dalam ubi jalar, tomat kaya lycopene, kolin dalam telur, atau lemak tak jenuh dari alpukat, apa yang kita  makan itu  penting untuk perkembangan otak yang sehat, pembelajaran kognitif dan memori.

Nah, untuk lebih memaksimalkan fungsi itu, berikut beberapa super food yang bagus untuk meningkatkan kemampuan belajar anak. Diambil dari ohbabymagazine.com.

Berries
Kandung buah berry seperti vitamin dan antioksidan mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan dapat meningkatkan fungsi kognitif otak, meningkatkan memori dan keterampilan motorik.

Telur
Hanya satu telur mengandung jumlah yang menakjubkan gizi. Dengan 6 gram protein per telur dan lebih dari selusin vitamin dan mineral termasuk riboflavin, B12 dan folat, makanan ini adalah makanan yang sangat kaya akan gizi. Telur juga merupakan sumber kolin, nutrisi penting untuk perkembangan otak.

Sayuran berdaun hijau gelap - Bayam & Kale
Sayuran hijau seperti bayam dan kale mampu meningkatkan kekebalan tubuh dengan vitamin A dan C.  Vitamin B-12 dan asam folat dalam bayam meningkatkan kesehatan otak dan pemeliharaan fungsi kognitif, termasuk memori. Kale kaya akan mangan, mineral jejak yang membantu mensintesis asam lemak penting untuk fungsi otak yang sehat.

Salmon, Tuna, dan Makarel
Lemak ikan ini penuh dengan asam omega-3 lemak esensial. Ikan yang kaya akan omega 3 seperti salmon, tuna, dan mackerel yang penting untuk perkembangan otak, kesehatan jantung dan mengurangi peradangan. Otak terdiri dari sekitar 60% lemak, dan dengan termasuk Omega 3 lemak ikan seperti salmon dan tuna maka akan memberikan lemak esensial yang dibutuhkan otak  untuk berfungsi optimal.

 Grape Juice dari Concord Grapes

Jus anggur bisa menjadi pilihan minuman cerdas. Penelitian menunjukkan bahwa polifenol dari anggur concord dapat meningkatkan komunikasi antara sel-sel otak. Antioksidan dari jus anggur bisa meningkatkan memori jangka pendek dan keterampilan motorik.


Whole Grains dan Brown Rice
memilih untuk mengkonsumsi beras merah, pasta gandum dan roti gandum dapat meningkatkan kesehatan otak. Dipenuhi dengan vitamin dan magnesium, yang penting bagi kesehatan kognitif, biji-bijian mengandung vitamin B termasuk folat dan B12 yang dapat meningkatkan memori dan mengatur tingkat energi untuk menjaga anak-anak agar waspada dalam kelas.

Kacang
Makanan yang kaya nutrisi, kacang-kacangan mengandung protein, karbohidrat kompleks, serat, antioksidan, zat besi dan vitamin B-Complex yang penting. Coba tambahkan kacang ke makanan.


Coklat
Lakukan pemanasan dengan cokelat panas untuk membantu otak anak! Dark chocolate mengandung lebih banyak antioksidan daripada blueberry, coklat alami memiliki antioksidan lebih tinggi dari raspberry dan blackberry. Antioksidan dalam coklat melindungi sel-sel otak dari kerusakan radikal bebas dan meningkatkan fungsi kognitif.

Kacang - Almond dan kenari
Kenari adalah kacang teratas untuk kesehatan otak dengan konsentrasi tinggi dari DHA, asam lemak Omega-3 yang terbukti meningkatkan kinerja kognitif. Hanya ¼ cangkir kenari menyediakan hampir 100% asupan DHA harian yang direkomendasikan. Almond tinggi vitamin E, juga terbukti meningkatkan fungsi memori.

Olive Oil
Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal yang ramah otak dan dapat menurunkan LDL (kolesterol jahat). Extra Virgin Olive Oil juga kaya antioksidan yang disebut polifenol yang mencegah kerusakan sel-sel di otak dari radikal bebas.

2 comments:


  1. Artikel menarik mengenai makanan yang boleh mencerdaskan minda. Minda yang sihat memerlukan gabungan antara fungsi fisiologi saraf dan tindakan hormon seperti adrenalin dan thyroxine yang seimbang.

    ReplyDelete
  2. Info makanan ini banyak bantu saya, selain itu saya pun memberika vitamin kecerdasan anak seperti Tara Kid yang bisa mencerdaskan otak anak

    ReplyDelete