Monday, December 16, 2013

Berapa Banyak Garam yang Dibutuhkan Bayi dan Anak-anak?

Makanan bayi - Garam merupakan salah satu makanan yang tidak boleh dikonsumsi bayi di bawah satu tahun. Bayi di atas setahun dan anak-anak hanya perlu garam dengan jumlah yang sangat kecil dalam makanan mereka.  Namun, karena garam selalu ditambahkan ke banyak makanan yang biasa mommy beli, seperti roti, kacang panggang, dan bahkan biskuit, sehingga mudah bagi bayi untuk mengkonsumsi lebih banyak garam dibandingkan yang mereka dibutuhkan.

Diambil dari nhs.uk, berikut jumlah maksimum pemberian garam yang disarankan untuk bayi dan anak-anak adalah:

•    sampai 12 bulan - kurang dari 1g garam sehari (kurang dari 0.4g sodium)
•    1 sampai 3 tahun - 2g garam sehari (0.8g sodium)
•    4 sampai 6 tahun - 3g garam sehari (1.2g sodium)
•    7 sampai 10 tahun - 5g garam sehari (2g sodium)
•    11 tahun ke atas - garam 6g sehari (2.4g natrium)

Bayi ASI mendapatkan jumlah garam yang tepat lewat ASI. Susu formula bayi juga mengandung jumlah garam yang sama dengan ASI.



Ketika Mommy mulai memperkenalkan makanan padat, ingat untuk tidak menambahkan garam ke makanan mereka karena ginjal mereka tidak bisa mengatasinya. Mommy juga harus menghindari memberikan bayi makanan siap saji yang tidak dibuat khusus untuk bayi, seperti sereal sarapan, karena bisa mengandung garam yang tinggi.

Banyak makanan yang diproduksi untuk anak-anak mengandung tingkat garam yang tinggi sehingga penting untuk memeriksa informasi gizi sebelum membelinya. Kandungan garam biasanya diberikan sebagai angka untuk natrium. Sebagai panduan kasar, makanan yang mengandung lebih dari 0.6g sodium per 100g dianggap tinggi garam. Mommy bisa menghitung jumlah garam dalam makanan dengan mengalikan jumlah natrium dengan angka sebesar 2,5. Sebagai contoh, natrium 1g per 100g adalah sama dengan garam 2.5g per 100g.

Mommy dapat mengurangi jumlah garam anak dengan menghindari snack asin, seperti keripik dan biskuit, dan ganti dengan makanan ringan rendah garam sebagai gantinya. Coba pilihan sehat, seperti buah kering, potongan sayuran mentah dan buah cincang,

No comments:

Post a Comment