Friday, July 26, 2013

Menyimpan/Membekukan Makanan Bayi

Penyimpanan Makanan Bayi
Untuk menjaga higienitas dan kebersihan, tentunya setelah disiapkan, makanan bayi harus disimpan dengan benar terutama jika disiapkan jauh sebelum jam makan. Puree sangat rentan dengan bakteri, terutama jika disimpan dalam ruangan terbuka. Menutup saja tentu tidak menjanjikan kebersihannya, untuk itu puree atau makanan bayi yang tidak akan segera dikonsumsi, bagusnya disimpan di kulkas untuk menghindari pertumbuhan bakteri.

Penyimpanan tentu saja menggunakan peralatan makanan bayi yang tepat, yaitu wadah bertutup yang BPA free. Tidak hanya untuk puree saja sih, makanan lain seperti sayur rebus atau bubur juga baiknya disimpan di kulkas. Wadah bertutup bertujuan untuk mengurangi kontaminasi dengan bahan makanan lain di kulkas seperti daging atau sayuran.

Ketika hendak diberikan ke bayi, makanan tersebut bisa dihangatkan. Sangat tidak disarankan untuk menghangatkan kembali di atas kompor karena proses memasak yang berkali-kali bisa mengurangi kandungan nutrisinya. Untuk itu, menghangatkan makanan bayi bisa dilakukan dengan meletakannya di dalam magic jar, magic com atau rice cooker. Peralatan makanan bayi tersebut biasanya disertai saringan untuk mengukus, dan itu bisa dimanfaatkan untuk menghangatkan makanan. Tentunya cek lagi suhu makanan biar suhunya pas.

Cara lebih efektif yaitu dengan menggunakan baby food warmer elektrik. Tapi tentunya harus punya alatnya dan budget lebih hehehehhe. Jadi sesuaikan budget saja.

Makanan yang tidak habis hendaknya jangan disimpan lagi, dibuang saja atau emaknya yang makan. Hehehhee....

Membekukan Makanan Bayi
Cara yang paling efisien untuk menyimpan makanan bayi rumahan untuk jangka waktu yang lebih lama  adalah dengan menggunakan  ice cube tray yang sudah BPA–free. Makanan bayi yang sudah dihaluskan atau pure dimasukan ke ice cub tray dengan menggunakan sendok. Tutup ice cube tray yang sudah berisi makanan bayi tersebut dengan plastik.

Sebelum digunakan, ice cub tray harus benar-benar dibersihkan menggunakan air sabun hangat. Atau jika mau, Mommy juga bisa merebusnya terlebih dahulu untuk sterilisasi.

Setelah itu masukan ice cub tray ke dalam freezer dan bekukan. Setelah beku, keluarkan makanan bayi yang sudah jadi es tersebut dari tray. Mommy bisa memasukannya ke dalam freezer bag, atau menggunakan wadah bertutup yang sudah BPA-free untuk mengurangi kontaminasi dengan bahan makanan lain di freezer. Pastikan memberi label tanggal dengan baik pada wadah, dan kembali letakan pada freezer. Selain label tanggal, pastikan memberi label jenis makanan, sehingga Mommy tidak repot menebak-nebak jika ingin menggunakannya.

Keuntungan membekukan makanan bayi dengan ice cub tray diantaranya adalah masing-masing cube berisi sekitar 1 ons sehingga memudahkan Mommy untuk mengatur berapa cube yang akan diberikan pada bayi. Selain itu, ice cube tray tidak perlu dibeli karena sudah pasti jadi satu paket dengan kulkas. Mommy juga tidak banyak membuang makanan karena porsi cube nya kecil.

 Makanan bayi yang sudah dibekukan ini bisa tahan hingga 3 bulan di dalam freezer. Namun masa penyimpanan hanya tahan 48 jam jika diletakan di chiller atau kulkas bagian bawah.

Tidak dianjurkan untuk membekukan makanan bayi dalam botol kaca atau stoples kaca yang tidak dibuat secara khusus untuk membekukan makanan bayi. Kaca memiliki kemampuan retak yang tinggi sehingga berbahaya.

Jangan membekukan makanan yang sudah pernah beku dan dicairkan karena sangat rentan dengan pertumbuhan bakteri. Lalu bagaimana jika salah satu bahan dari puree tersebut pernah dibekukan dalam keadaan mentah misalnya kacang polong beku? Dari nurturebaby.com dijelaskan bahwa jika bahan itu dibekukan saat masih mentah, lalu dimasak dan dijadikan puree, puree nya bisa dibekukan kembali. 

Bolehkah membekukan makanan yang sudah dicampur dengan ASIP yang sebelumnya sudah pernah dibekukan?

Dari wholesomebabyfood dijelaskan bahwa Mommy seharusnya tidak menggunakan ASIP yang sudah dibekukan untuk membuat makanan bayi yang akan disimpan di freezer. Artinya, ASI yang sudah pernah dibekukan kemudian dicairkan lagi itu, tidak boleh dibekukan kembali, walaupun dalam kondisi tercampur dengan puree. 

26 comments:

  1. Bagaimana kalo yang di gunakan sebagai campuran itu susu formula apa boleh di simpan kemudian di panaskan lgi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentu saja tidak mom, karena kalau pake susu, biar dibekukan tentu ada kemungkinan basi. makanya disarankan untuk penambahan susu tersebut dilakukan sewaktu akan memberikan makanan tersebut untuk bayi. biar hati juga nyaman

      Delete
    2. Semua makanan bayi dapat dibekukan apapun kandungannya bun, asal tidak dibekukan 2x. Dalam arti, sudah dibekukan, dikeluarkan hingga cair, lalu dibekukan kembali. Dan, tidak diperbolehkan untuk membekukan sisa makanan bayi, karena sudah tercampur bakteri dari mulut bayi, semoga membantu :)

      Delete
  2. Bagaimana kalau bahan makanan tsb sdh di campur dengan keju apakah bs di panaskan kembali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari beberapa sumber, keju memang bisa dibekukan. namun untuk makanan yang sudah dicampur dengan keju, apalagi untuk bayi, mungkin baiknya dihindari mom. kecuali kepepet.

      baiknya untuk makanan bayi, bekukan dalam puree tunggal. campurnya nanti pas sudah diberikan ke bayi.

      sekali lagi, ini bayi loh mom. cari aman aja

      Delete
  3. Kalo misalnya bubur susu, pake sufor misalnya, apakah buatnya boleh sekali untuk 3 x makan si kecil ??
    Dihangatkan tiap mau makan boleh ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. janganlah, susu kan tidak baik dihangatkan berkali kali. mending naruh susunya saat akan diberikan ke bayi. jadi buburnya tetap tiga porsi sekali masak, tapi tambahan susunya pas akan dimakan bayi

      Delete
  4. Mom kalau bubur yg udah dimasak pagi untuk sehari. Seharian didalam magic com boleh gak mom?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apabila ingin disimpan, harus di dalam kulkas / freezer ya bun, karena bakteri dapat berkembang dengan cepat dalam suhu ruangan atau lebih

      Delete
  5. Biasanya saya bikin bubur nasi di kasih sayur dan daging... boleh gak di belikan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya saya bikin bubur nasi di kasih sayur dan daging... boleh gak di bekukan?

      Delete
  6. Hallo, mau tanya bila kita membuat pure kentang atau brokoli, apakah setelah dibekukan boleh dipanaskan kembali? mengingat kedua sayur tersebut seharusnya tidak boleh dipanaskan kembali. Mohon infonya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mom, puree kentang kalau dibekukan akan mengalami proses oksidasi, yang walau tidak berbahaya, memang mengurangi kandungan gizi.

      Sementara brokoli, di beberapa sumber disebut bisa dibekukan. hanya saja, tentu saja lebih bagus jika diberikan pada bayi dalam keadaan segar. jadi sebenarnya, pilihan membekukan atau memberikan makanan segar itu sebenarnya pertimbangkan pribadi saja.

      Jika terpaksa membekukan, mungkin cara mencairkannya itu jangan dengan meletakkan di atas kompor menyala. cukup direndam dengan air hangat saja.

      Delete
  7. mom boleh ngga klu sya bikin Mpasi dri sayuran ato buah bisa ngga d campur susu formula soalnya produksi asi sdh tdk bsa di keluarin soalnya dia sdh berhenti menyusui sejak umur 3 bulan

    ReplyDelete
  8. heeiiii,,mau tanya kalau saya buat pure buah/pure sayur untuk 6 bln jam 6 pagi terus diberikan jam 8 atau 9 pagi apa harus tetap di simpan di kulkas atau di simpan di suhu ruang aja, bila di simpan di kulkas tetap di panaskan atau didiamkan di suhu ruang saat mau diberikan pada bayi ,,
    \

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya tetap ditaruh di kulkas sih mom. pencernaan bayi itu masih sangat sensitif, tidak ada salahnya kan berjaga-jaga.

      untuk masalah dipanaskan atau tidak, tergantung waktu. jika tergesa, bisa dipanaskan. atau jika mau menunggu hingga suhu ruangan, bisa ditunggu.

      Delete
  9. apakah bubur nasi tidak dg susu, tp dg air atau kaldu bisa difreezer?

    ReplyDelete
  10. apakah bubur nasi tidak dg susu, tp dg air atau kaldu bisa difreezer?

    ReplyDelete
  11. Makanan yg dsimpan dfrezee dalam kadaan panas atau boleh dalam keadaan dingin?puree buah sperti alpokat apa boleh dsimpan dfrezer?trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biarkan dingin dulu ya,mom, baru dimasukkan ke freezer.

      Untuk alpukat,dia bisa memerah kalau disimpan dlm frezer. Lbh baik diberikan dlm keadaan segar

      Delete
  12. jadi sayuran dan buah yang boleh di bekukan apa aja si? mohon info nya soal nya takut salah soal nya saya baru mempunyai baby.trims

    ReplyDelete
  13. bunda.. cara menghangatkan mpasi yg sudah di bekukan bagaimana? jika boleh langkah - langkahnya bunda..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai, mom.
      untuk memanaskan kembali makanan yang sudah dibekukan, tahapannya hampir sama dengan menghangatkan ASIP beku:


      1. Malam harinya, pindahkan makanan yang akan diberikan pada bayi ke chiller, atau kulkas bawah.
      2. Keesokan harinya, harusnya makanan itu udah cair. keluarkan dari kulkas, letakkan di wadah tahan panas.
      3. sediakan mangkok berisi air panas/hangat, rendam wadah berisi makanan.
      4. Tunggu hingga makanan hangat, baru disajikan / dicampur dengan bahan lain.

      Delete
  14. Aku udh buat mpasi untuk baby maximal di simpan dan di panas kan berapa kali ya? Karna ini pertama kali saya beri mpasi hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahan mpasi yang sudah disimpan dan pernah dipanaskan, tidak boleh disimpan lagi, mom. harus dihabiskan, jika sisa maka harus dibuang.

      jadi, jika buatnya banyak, baiknya simpan dalam porsi porsi kecil. jadi pas mau dipanaskan, ambil satu porsi saja.

      Delete