Wednesday, July 3, 2013

Cara Membuat Puree Pir untuk Bayi

Resep makanan bayi 6 bulan – buah Pir merupakan buah yang cocok untuk Mpasi pertama bayi. Informasi selengkapnya soal buah pir, bisa dilihat di halaman Buah Pir (Pear) untuk Bayi.

Untuk membuat puree pir, caranya sangat gampang. Berikut langkah-langkahnya:

Langlah 1 : Memilih Pir yang Segar
Mungkin agak sulit mendapatkan pir yang segar di Indonesia mengingat buah ini kebanyakan buah impor. Namun Mommy bisa mendapatkan pir yang sehat dengan mengenali kondisi fisik. Buah yang matang biasanya beraroma manis. Untuk pir cina biasanya ada di pasaran dalam kondisi susah matang. Untuk pir hijau, biasanya buahnya akan lembut jika sudah matang, jadi cukup ditekan perlahan. Pilih buah yang permukaan halus dan bebas noda.

Langkah 2 : Cuci dan Kupas

Cuci pir dengan campuran dari tiga bagian air dan satu bagian cuka putih untuk menghilangkan bakteri. Bilas dibawah air yang mengalir, keringkan dan kemudian kupas.

Langkah 3 : Buang bagian tengahnya dan potong
Pir cina biasanya memiliki kristal di bagian tengahnya. Bagian ini akan tetap mengkristal dan keras ketika dimasak dan dijadikan puree. Jadi untuk bagi yang baru mulai Mpasi, bagian tengah yang mengkristal ini sebaiknya dibuang. Setelah bagian tengahnya dibuang, potong pir kecil-kecil.

Langkah 4 : Masak Pir
Dari beberapa sumber, khusus untuk pir hijau yang sudah matang tidak perlu dimasak. Namun untuk bayi dibawah 8 bulan, memasak pir berfungsi untuk melembutkan buah dengan memecah struktur sel, membuatnya menjadi sedikit lebih mudah untuk dicerna. Hal ini juga menghancurkan salah satu allergen.

Beberapa cara untuk memasak pir:
Kukus. Kupas pear, buang batang dan bagian dalamnya yang berpasir dan potong-potong. Letakan di

Rebus. Kupas dan buang bagian biji pir, kemudian tempat ke dalam panci dengan sedikit air (secukupnya hanya untuk menutupi potongan pir). Rebus sampai empuk. Jangan merebus sampai campuran menyerupai pure, karena akan menjadi terlalu encer.

Panggang. Kupas dan buang biji pir, potong menjadi empat dan bungkus dalam aluminium foil. Panggang sampai empuk.

Microwave. Kupas dan buang biji pir, kemudian potong-potong. Tempatkan di piring yang aman microwave dan tambahkan sedikit air. Masak pada suhu tinggi sampai pir lembut.
kukusan dan masak sampai lunak.


Untuk informasi lengkap mengenai metode memasak ini, silahkan lihat di halaman Cara Memasak Makanan Bayi.

Langkah 5 : Haluskan Pir

Pir yang sudah matang tinggal dihaluskan menggunakan blender atau food procecor. Pir biasanya mengandung banyak air, sehingga terkadang tidak perlu ditambahkan air. Jika hendak dicairkan, tambahkan susu atau ASI setelah dihaluskan.

No comments:

Post a Comment