Thursday, June 27, 2013

Puree untuk Makanan Pendamping ASI

Pada pemberian makanan pendamping ASI pada tahap awal, puree merupakan jenis makanan yang sangat direkomendasikan. Puree adalah makanan semi padat yang berbentuk seperti bubur dengan tekstur yang sangat halus. Kalau dikamus artinya sup yang kental. Bahannya bisa berupa apa saja, sayuran, buah, sereal ataupun beras.

Cara pembuatan puree sangat sederhana, berikut dipetik dari wholesomebabyfood.com.

1. Mulailah dengan memasak sayuran / buah.
Memasak bisa dengan berbagai metode. Lebih lanjut bisa dibaca di Cara Memasak Makanan Bayi.
Hal yang perlu diperhatikan adalah, mengukus bisa mempertahankan sebagian nutrisi. Namun apapun metode memasak Mommy, entah itu mengukus, memanggang dan merebus, semua metode tersebut memungkinkan untuk memasak makanan dalam jumlah besar pada suatu waktu.

2. Haluskan sayur atau buah tersebut dengan alat yang tersedia untuk pureeing atau menghaluskan. Bisa menggunakan blender, grinder, hand grinder dan lainnya.

3. Air yang dihasilkan saat memasak makanan jangan dibuang. Gunakan untuk tambahan cairan saat membuat puree. Penambahan cairan yang dihasilkan dari proses memasak ini juga membantu mempertahankan nutrisi buah atau sayur yang hilang selama memasak.

Catatan: Jangan gunakan airnya jika buah atau sayur yang akan dipuree adalah wortel atau sayuran tinggi nitrat lainnya untuk bayi di bawah usia 7 bulan.

Jika menggunakan blender, bisa jadi Mommy memerlukan tambahan air waktu menghaluskan agar alat bisa bekerja. Nah, disinilah bisa digunakan air ini.

Selain menggunakan air rebusan/kukusan, bisa juga menggunakan air biasa, ASI dan susu formula. Cairan ini akan memberikan sedikit tambahan gizi dan menambah rasa yang akrab bagi bayi.

Mencairkan puree dengan ASI sebaiknya dilakukan setelah proses pureeing atau menghaluskan makanan.

Mau resep Puree yang sederhana namun sehat? Lihat saja artikel-artikel berikut:
Resep Puree ubi jalar
Resep Puree Wortel

No comments:

Post a Comment