Tuesday, June 4, 2013

Daya Tahan Daging, Telur dan Olahannya di Kulkas

Berapa lama daya tahan daging jika disimpan di kulkas? Ini merupakan pertanyaan umum dalam dunia masak-memasak, tidak hanya memasak makanan bayi atau Mpasi ya. Terlebih memasak Mpasi sih, kan perut bayi itu masih rentan. Takutnya kalau bahan makanan sehat yang satu ini terlalu lama dikulkas, walau sudah dimasak tetap mengandung bakteri berbahaya. Nah untuk itu, saya nemu nih panduan (sumber: The US Department of Health and Human Services) tentang berapa lama sih daya tahan daging di kulkas? (kalau diluar kulkas sehari juga udah bau!)

Daging Unggas mentah berlangsung hanya satu atau dua hari di lemari es (pada suhu 40 derajat Fahrenheit atau lebih dingin). Tapi daya tahan daging unggas seperti ayam, burung bisa sampai satu tahun di dalam freezer. Daging unggas yang sudah dimasak dapat bertahan beberapa hari di kulkas dan harus dibekukan tidak lebih dari 2-6 bulan.

Daging merah dan babi dapat tetap di kulkas hingga 5 hari dan dapat dibekukan selama 4-12 bulan. Sisa daging yang sudah dimasak akan bertahan 3-4 hari dalam kulkas dan 2-6 bulan di dalam freezer.
Daging giling (sapi, sapi, babi, atau unggas) dapat bertahan selama 1-2 hari di kulkas dan bertahan selama 3-4 bulan jika dibekukan.

Lunchmeats dan hot dog akan bertahan dua minggu di kulkas selama kemasan belum dibuka dan harus dimakan dalam waktu 3-5 hari setelah kemasan dibuka. Dalam freezer, daging jenis ini akan bertahan selama 1-2 bulan.

Bacon aman dikonsumsi hingga satu minggu di lemari es-tapi sosis mentah harus dimakan dalam waktu dua hari. Keduanya dapat dibekukan selama satu bulan, dan beberapa sosis akan bertahan dalam kondisi beku lebih lama (sekitar 2 bulan)


Telur bisa tahan hingga satu bulan dalam keadaan mentah tapi tidak lebih dari seminggu jika sudah direbus. Hanya putih telur atau telur kocok (kuning dan putihnya) harus dibekukan (yaitu, bukan telur utuh), dan akan bertahan selama satu tahun. Pengganti telur dan putih dan kuning telur yang sudah dipisahkan harus dimakan dalam waktu 2-4 hari.

Deli salad (ayam, tuna, telur, pasta, dll) akan bertahan 3-5 hari di lemari es dan tidak boleh dibekukan.

No comments:

Post a Comment

My Blog List

Dapatkan Postingan terbaru Lewat Email