Sunday, June 30, 2013

Cara Membuat Puree Apel untuk Bayi

Resep makanan bayi 6 bulan - Saus apel merupakan makanan yang cocok untuk bayi. Saus apel buatan sendiri agak manis, penuh dengan serat, dan kaya akan vitamin C. bayi pasti menyukainya. Untuk membuatnya tidak sulit, berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1: Pilih & Beli Apel yang Segar
Apel merupakan buah pertama yang ideal karena rasanya yang manis dan mudah dicampurkan dengan berbagai sereal bayi. Cari apel yang bebas dari memar dan noda. Apel impor yang bagus adalah merk Red Delicious dan Apel Gala, hindari varietas apel seperti Granny Smith. Apel lokal juga bagus. Apel Malang dengan rasa sedikit asam namun akan menjadi manis jika dikukus. Begitu juga apel Manalagi. Tergantung dengan pilihan serta isi kantong.

Langkah 2: Bersihkan dan Kupas Apel
Bagian kupasan apel memang memiliki nutrisi dan serat yang bagus, namun sangat berisiko untuk memberikan apel tanpa dikupas untuk bayi. Cuci apel dengan campuran dari tiga bagian air dan satu bagian cuka putih untuk menghilangkan bakteri. Bilas dengan air dingin yang mengalir kemudian kupas.  Cara termudah untuk mengupas apel adalah dengan menggunakan alat pengupas sayuran yang bekerja dalam gerakan melingkar di sekitar buah. Namun jika tidak memiliki pengupas sayuran, gunakan pisau yang tajam.

Langkah 3: Buang bagian tengah dan potong Apel
Gunakan talenan yang bersih kemudian potong apel menjadi dua bagian. Buang bagian bijinya atau di tengahnya. Potong-potong apel menjadi potongan kecil agar cepat masak dan memudahkan saat dihaluskan.

Langkah 4: Masak Apel
Memasak apel bisa dengan mengukus atau merebus. Jika merebus, gunakan air dalam jumlah yanga sedikit
Jika mengukus, letakan potongan apel dalam wadah tahan panas kemudian kukus hingga matang.
Untuk pilihan memasak makanan bayi, lihat artikel Cara Memasak Makanan Bayi.
dan didihkan. Masukan apel dan periksa apel setelah 10 menit- sangat penting untuk meminimalkan waktu memasak untuk memastikan nutrisi vitamin dan mineralnya agar tidak terbuang. Kalau sudah lunak, tiriskan kemudian bilas dengan air dingin selama tiga menit untuk menghentikan proses memasak.

Langkah 5: Haluskan Apel
Haluskan dalam food processor atau blender sampai halus. Tambahkan air secukupnya untuk mencapai konsistensi yang diinginkan.

Langkah 6: Sajikan Saus apel yang
Saus apel bayi sangat serbaguna. Mommy bisa menyajikannya polos atau mencampurnya dengan puree lain untuk memperkenalkan rasa dan tekstur baru.

Langkah 7: Dinginkan atau Freeze Sisa Applesauce

Saus apel bisa didinginkan di kulkas dalam wadah BPA free hingga 3 hari. Saus apel beku bisa disimpan hingga 3 bulan.

2 comments:

My Blog List

Dapatkan Postingan terbaru Lewat Email