Friday, June 7, 2013

6 Manfaat Kesehatan Lactobacteria

Manfaat probiotik Lactobacteria-Beberapa waktu lalu saya pernah membaca sharing mommy di milis bahwa salah satu anak kenalannya disarankan untuk mengkonsumsi Yakult untuk menambah berat badan. Setelah itu, saat si Cuta sakit dan konsultasi ke dokter, Bapaknya bertanya pada DSA tentang probiotik. Hasilnya, memang nyambung. Bahwa probiotik memiliki manfaat yang bagus untuk usus dan kesehatan anak dan juga orang dewasa.

Semenjak itu, saya rutin memberikan probiotik kepada Cuta. Probiotik mengandung bakteri baik, yang membantu pencernana. Pilihan saya adalah Yakult (itung-itung berharap berat badannya naik hihihi). Yakult, selain murah, juga praktis. Namun tentunya dosisnya terbatas, maksimal 1 botol sehari. Rasanya yang enak, membuat si Cuta sangat doyan.

Kemudian saya bertemu dengan label salah satu merk yogurt dan surprise karena ada kandungan probiotiknya. Lebih surprise lagi ketika nyatanya si Cuta doyannnn sekali dengan yogurt. Mengingat umurnya sudah lewat setahun, saya memberi yogurt yang ada rasanya sih.

Hasilnya, walau tidak jelas apakah ini memang dari probiotik atau suplemen vitaminnya, staminanya bertambah. Walau kaki gempor karena harus mengikuti kemanapun ia lari, namun secara umum, sekeluarga mengaku bahwa Cuta lebih sehat.

Kebetulan tadi saya sempat browsing tentang Mainan Edukatif, lalu ketemu dengan sebuah artikel menarik. Manfaat kesehatan Lactobackteria yang terkandung di dalam probiotik tersebut. Jadi daripada artikelnya lenyap dari ingatan, saya sharing saja disini. Sumbernya dari askdrsears.com.

Bakteri sehat berada dalam usus semua orang, dan sebagai imbalan atas makanan dan tempat yang hangat untuk hidup mereka, bakteri tersebut memberikan kontribusi untuk kesehatan kita. Salah satu penduduk bakteri yang paling ramah di usus adalah keluarga lactobacteria, disebut demikian karena kelompok ini berkembang biak pada laktosa gula. Jenis bakteri ini biasanya dibaca dalam label berupa L.acidophilus, yang berarti "acid-loving," karena organisme ini tumbuh baik dalam lingkungan usus yang asam.

Berikut adalah beberapa hal yang dilakukan bakteri sehat ini untuk tubuh:

Memperbaiki pencernaan. Lactobacteria, seperti namanya, membantu mencerna laktosa dalam produk susu, mencegah kelebihan laktosa, dan mengurangi masalah dengan intoleransi laktosa. Lactobacteria juga membantu penyerapan nutrisi yang berharga dan merangsang peristaltik, gerakan makanan melalui usus yang mengarah ke gerakan usus besar.

Memproduksi vitamin. Seperti tanah subur yang menumbuhkan makanan kaya vitamin, lactobacteria menghasilkan vitamin B-kompleks, selain itu juga vitamin K.

Memproduksi Nutrisi. Bakteri ramah ini membantu memproduksi asam lemak esensial yang disebut asam lemak rantai pendek (ALRP). Ini adalah nutrisi yang berharga untuk sel usus dan juga menghasilkan zat pelawan kanker.

Meningkatkan kekebalan tubuh. Lactobacteria menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya dan jamur, seperti kandida (ragi). Bakteri ini membantu menjaga asam lingkungan pada usus dan melawan bakteri berbahaya dan racun dihasilkan oleh bakteri berbahaya tersebut. Lactobacteria bahkan menghasilkan hidrogen peroksida, yang memiliki efek antibiotik alami.

Melindungi terhadap karsinogen. Potensi mengikat karsinogen yang dimiliki oleh Lactobacteria mampu mencegah zat karsinogen tersebut merusak sel-sel. L.bulgaricus, lactobacillus utama yang digunakan dalam yogurt, memiliki sifat anti-tumor. Secara khusus, lactobacteria mengikat logam berat dan asam empedu, yang berpotensi karsinogen. Bakteri ini menghambat pertumbuhan bakteri penghasil nitrat (nitrat dapat menjadi karsinogen). Mereka juga memetabolisme flavanoids, memproduksi zat anti-tumor alami.

Melindungi terhadap penyakit kardiovaskular. Bantuan Lactobacteria mengatur kadar kolesterol dan tryglyceride dalam darah.

Karena bekerja di usus, sepertinya bakteri ini juga bisa dimanfaatkan untuk melawan sembelit atau kondisi dimana anak sulit BAB. Tapi tentunya hanya untuk bayi umur-umur tertentu. Untuk anak diatas setahun, Yakult bisa membantu.

Upss.. dari tadi sebut merk terus. Saya bukan agen produk itu loh, suer!

No comments:

Post a Comment