Wednesday, May 8, 2013

Buah Pir (Pear) untuk Mpasi Bayi

Buah pir merupakan salah satu buah favorit bayi saya (eh, balita sekarang). Rasanya yang manis dan airnya yang banyak membuat dia sabar duduk manis menunggu disuapin. Jadi tidak heran kalau saya harus stock buah yang satu ini di kulkas.

Manfaat Pir untuk Mpasi Bayi
Satu yang membuat saya juga senang memberikan buah pir untuk Mpasi bayi adalah gizinya. Buah ini memiliki kandungan serat yang tinggi, kalium serta vitamin C. Ada juga kandungan tembaga yang bisa melindungi sel tubuh dari kerusakan dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

Peran penting serat sudah diketahui secara lama. Serat buah pir bisa membantu mengurangi risiko kanker dan serangan jantung. Selain itu juga bisa membantu menurunkan kolesterol dan melindungi tubuh terhadap kanker. Dan yang paling wajib diketahui oleh orang tua, buah pir adalah obat yang ampuh untuk mengatasi sembelit pada bayi.

Pir juga merupakan buah yang mengandung sedikit asam sehingga menjadikan buah ini sebagai buah yang ideal untuk Mpasi pertama, sekalipun bayi yang menderita reflux atau GERD. Pir mengandung dua jenis gula, yaitu glukosa dan fruktosa menjadikan rasanya manis menyegarkan

Kandungan Gizi Pir: 
VITAMIN:
Vitamin A - 38 IU
Vitamin C - 7 mg
Vitamin B1 (tiamin) - .2 mg
Vitamin B2 (riboflavin) - .25 mg
Niacin - .26 mg
Folat - 12 mcg
Mengandung beberapa vitamin lainnya dalam jumlah kecil.

MINERAL:
Kalium - 198 mg
Fosfor - 82,4 mg
Magnesium - 12 mg
Kalsium - 15 mg
Sodium - 0 mg
Besi - .26 mg
Juga mengandung sejumlah kecil selenium, mangan, tembaga dan seng.

Kapan Pir Bisa Diperkenalkan pada Mpasi Bayi?
Pir merupakan pilihan yang baik sebagai makanan Mpasi pertama bayi. Bisa diberikan dari bayi umur (4) 6 bulan, selain itu buah pir dianggap sebagai salah satu buah yang aman sebagai makanan Mpasi perdana bayi karena reaksi alergi terhadap buah ini sangat jarang dan kadar asamnya yang sangat rendah juga aman bagi perut kecil bayi.

Hindari memberikan pir bagi bayi yang sedang menderita diare karena pir cenderung membuat diare semakin parah.

Memilih dan menyimpan buah pir untuk makanan bayi

Pir dipetik sebelum matang. Jika matang di pohon, gula dalam buah pir akan berubah menjadi kristal pati, membuat tekstur buah yang berpasir. Pir juga tidak termasuk dalam salah satu dari buah dan sayur yang terkontaminasi pestisida, sehingga aman bagi bayi.

Pilihlah buah bir yang memiliki kulit bagus, halus, tanpa memar ataupun lubang. Beberapa jenis pir memiliki bintik coklat pada kulitnya dan kelihatan alami. Pir yang matang memiliki warna yang cerah dan aroma manis yang tercium.

Pir Cina
Tidak seperti pir lainnya, pir Cina (atau Asia) adalah buah yang matang di pohon, sehingga siap makan ketika dibeli (seperti apel).

Bentuknya bulat, cokelat keemasan di bagian luar dan putih di dalam. Seperti pir dari negara lain, pir Cina rendah asam namun kadang kurang manis (untuk jenis tertentu). Pir Cina yang paling manis biasanya berjenis Xiang Lie.

Karena pir Cina lebih keras dan teksturnya renyah, menyajikan pir Cina untuk bayi hendaknya sama seperti menyajikan apel yaitu dengan memasak daging buahnya dengan lembut.

Apakah Buah Pir harus Dimasak?
Pir tidak perlu dimasak ketika sudah matang karena sangat lembut dan mudah dibuat menjadi pure halus. Mengukus buah biasanya direkomendasikan untuk bayi di bawah 8 bulan untuk membantu memecah gula dan serat dalam buah-buahan.

Memasak pir untuk melembutkan buah dengan memecah struktur sel, membuatnya menjadi sedikit lebih mudah untuk dicerna. Hal ini juga menghancurkan salah satu allergen.

Apakah Buah Pir harus Dikupas?
Mengupas tidak begitu diperlukan bagi bayi yang lebih tua. Namun mengupas sangat dianjurkan untuk bayi yang baru Mpasi karena mereka masih memiliki kesulitan dalam mencerna.

Beberapa orang tua memilih untuk mengupas pir karena alasan teksturnya, ada sel-sel kayu tepat di bawah kulit yang dapat membuat pir tampak sedikit berpasir.

Di sisi lain, banyak nutrisi dalam buah yang terkandung dalam kulit. Jadi sebenarnya baik untuk membuat si kecil makan buah itu lengkap dengan kulitnya. Namun, buah pir biasanya adalah buah impor yang memerlukan waktu panjang dalam pengiriman sehingga memungkinkan rusak jika tidak dilengkapi pengawet. Jadi memberikan bayi buah pir lengkap dengan kulit sedikit berisiko dengan pengawetnya.

Cara memasak pir untuk bayi
Ada beberapa cara sederhana untuk memasak buah pir untuk Mpasi bayi.

Kukus. Kupas pear, buang batang dan bagian dalamnya yang berpasir dan potong-potong. Letakan di kukusan dan masak sampai lunak.

Rebus. Kupas dan buang bagian biji pir, kemudian tempat ke dalam panci dengan sedikit air (secukupnya hanya untuk menutupi potongan pir). Rebus sampai empuk. Jangan merebus sampai campuran menyerupai pure, karena akan menjadi terlalu encer.

Panggang. Kupas dan buang biji pir, potong menjadi empat dan bungkus dalam aluminium foil. Panggang sampai empuk.

Microwave. Kupas dan buang biji pir, kemudian potong-potong. Tempatkan di piring yang aman microwave dan tambahkan sedikit air. Masak pada suhu tinggi sampai pir lembut.

No comments:

Post a Comment

My Blog List

Novel ketiga, Terbit 26 Desember 2016

Novel ketiga, Terbit 26 Desember 2016
Klik gambar untuk sinopsis :)