Friday, April 12, 2013

Memberikan Mpasi Pertama kali (Praktek)

Nah, Setelah tahu kapan bayi siap untuk Mpasi pertama dan sudah paham betul dengan tetek bengek Mpasi 6 bulan, kita sampai pada bagian yang paling menegangkan, bagian prakteknya. Kalau bagian ini saya rangkum dari beberapa artikel dari website seperti parents.com, babycenter.com dan babyparenting.about.com. Sesi ini dibagi menjadi beberapa bagian:

Jadwal Makan Bayi
Mpasi pertamanya hendaknya satu kali saja sehari. Jumlah makan ini bertambah menjadi 2 prosi makanan sehari ketika umur bayi sudah hampir 7 bulan. Sekitar umur 8, jadwal makannya seharusnya sudah 3 kali sehari. Tetapi tentu saja, ini tidak baku, tergantung kondisi bayi itu sendiri. Selain jadwal makan, konsumsi ASI/Sufor harus tetap dilanjutkan sesuai dengan kebutuhannya.

Butuh Perlatan Khusus untuk Mpasi Pertama?

Nah, bagian ini yang special. Banyak mommy di milis yang memandang bahwa untuk Mpasi harus menggunakan feedingchair atau kursi khusus untuk makan. Memang, sangat berguna sekali jika mommy punya benda seperti ini. selain itu yang lebih penting tentu saja sendok plastic, jangan dulu deh pakai sendok logam karena takutnya bisa membuat gusi bayi terluka. Mangkuk juga, kalau bisa sih yang bentuknya menarik dan warna-warni. Celemek bisa digunakan agar pakaian bayi tidak belepotan.

Memberikan Suapan Pertama untuk bayi
Karena bayi masih akan mengkonsumsi ASI/sufor, maka makanan padat masih pada tahap ‘ekstra’ untuknya saat ini. jadi, mulailah mpasi pertamanya dengan santai dan menyenangkan (tetapi banyakan mommy sudah tegang duluan jadi tidak bisa santai). Ada tips nih seputar cara memberikan makanana (Mpasi) pertama bagi bayi:

1. Dudukan bayi dalam posisi tegak, baik dalam feedingchair atau kursi bayi dengan kelengkapan seperti
handuk, lap dan celemek. Jika dia ternyata ketakutan, mommy bisa memindahkannya ke pangkuan. Ini merupakan salah satu dari awal kebiasan makan yang sehat.

2. Berikan sesuatu pada bayi untuk dipegang. Hal ini akan mengalihkan konsentrasi bayi pada benda yang ia pegang sehingga mommy bisa bebas menyuapkan sendok ke ulutnya.

3. Isi ujung sendok dengan makanannya kemudian dekatkan ke bibirnya. Beri dia waktu semenit untuk mencium dan mencicipi. Jangan khawatir kalau ia menolak, tunggu sebentar dan coba lagi. Ketika ia membuka mulut, masukan ujung sendok ke sela-sela bibirnya. Setelah sendok masuk, saya biasanya tetap menahan sendok itu disana dan menunggu ia menyedot makanannya. Bayi terbiasa menghisap, jadi ketika pertama kali makan, ia akan melakukan hal yang sama. Jadi saya membiarkannya menghisap makanan semi padatnya dengan caranya sendiri.

4. Selesai makan, susui bayi untuk memenuhi rasa laparnya. Jangan letakan makanan bayi ke dalam botol bayi. Banyak mommy yang menggunakan botol dengan ujung bersendok, hal ini mempermudah bagi mommy. Namun sekalipun lakukan ini dengan dot. Bayi perlu melakukan semacam koneksi atau mengingat bahwa makanan lezat harus dimakan dari sendok dan dalam posisi duduk.

Jangan memaksa jika ternyata bayi malah menangis atau berpaling ketika mommy mencoba untuk memberinya makan. Banyak ahli yang mengatakan bahwa lebih penting bahwa mommy berdua menikmati pengalaman ini daripada sewenang-wenang dengan memaksanya makan. Cobalah lagi keesokan harinya.

Saran lain diberikan oleh adalah dari Dr William Sears: Cukup gunakan jari Anda. Pastikan tangan bersih saat mempraktekan ini dan kemudian celukpan salah satu jari ke makanan bayi. Lalu biarkan bayi menghisap jari mommy. Ini merupakan transisi yang bagus untuknya di awal karena bayi tidak benar-benar menyukai sendok. Namun apakah mommy mau mencoba cara ini? hihihiih

Sekali lagi ya Mommy, ini cuman Panduan Memulai Mpasi Pertama aja, praktek tentu saja tergantung pada bayi masing-masing. Butuh trial eror, jangan kaget kalau ada kejutan khusus dari si kecil. Nah, kalau pengalaman praktek mommy untuk Mpasi pertama si kecil bagaimana?

2 comments:

  1. really helpful article..3mgg lagi si baby udah mulai mpasi, grogi atas bawah krn browsing sana sini isi nya bertele2. baiklah akan saya terapkan ilmu ini di selingi dgn BLW...
    many thanks mom *kisskiss*

    ReplyDelete
  2. 1 bulan lg dede syahla jg udah mpasi,,,hp pertama kasih sayur x ya moms

    ReplyDelete