Tuesday, April 2, 2013

Kebutuhan ASI/Formula Setelah Mpasi pertama

Masihkah bayi perlu minum ASI/Sufor walau sudah mendapat mpasi pertama? Pertanyaan yang simple namun ini termasuk bagian dari Panduan untuk Memulai Mpasi Pertama bagi Bayi edisi keempat.

Nah, namanya juga Mpasi alias makanan pendamping ASI atau susu jadi pada awal-awal transisi makanannya, ASI masih tetap yang utama. DSA saya dan juga DSA beberapa mommy di milis menyebut hingga umur 1 tahun, ASI dan SUSU yang utama. Sebelum umur 1 tahun, makanan padat merupakan tambahan dan masa pembelajaran awal bagi bayi. ASI atau sufor menyediakan nutrisi yang diperlukan bayi dan menyusu juga adalah hiburan bagi bayi.

Mommy bisa menyusui bayi di pagi hari (bisa jadi ketika bayi baru bangun), sebelum atau sesudah makan dan sebelum tidur. Eksperimen mungkin diperlukan untuk menemukan jadwal menyusui yang terbaik. Jika bayi mommy cenderung minum banyak, maka berilah ia makan terlebih dahulu kemudian lanjutkan dengan susu. Jika sebaliknya, maka susui dulu bayi, baru berikan ia makan.

Hingga umur 7-10 bulan, ASI/sufor memberikannya mayoritas kalori dibandingkan makanan. Jadi pada umur tersebut, waktu makan masih merupakan waktu baginya untuk mempelajari selera dan tekstur makanan.

Bahkan dari milis Mpasirumahan, pernah saya baca ada mommy yang sharing hasil konsultasinya ke DSA, bahwa bayi lebih baik full ASI/Sufor hingga 1 tahun. Memang kedengarannya mengerikan (membayangkan mahalnya sufor dan capeknya menyediapan ASI peras bagi bayi yang sudah semakin aktif dan notabene semakin sering lapar). Selain itu, diatas 6 bulan, ternyata ASI sudah tidak mencukupi kebutuhan bayi makanya disarankan untuk Mpasi pertama.

Mengenai kebutuhan ASI/sufor bagi bayi dibawah satu tahun, ASI dan sufor masih tetap yang utama. Berikan bayi menyusu sesuka mereka. Namun untuk bayi diatas 1 tahun, kebutuhan ASI dan sufor hanya 30% saja, 70% ditutupi oleh makanan padat. Mengurangi jumlah susu setelah 1 tahun juga penting untuk membentuk selera makan dan rasa lapar, sehingga bayi tidak mengalami gerakan tutup mulut alias GTM.


Mengenai kebutuhan ASI/sufor untuk bayi dibawah setahun, saya dapat juga nih datanya dari parents.com, namun sayangnya satuannya dalam ons, bukan liter. Jadi gimana ya cara konversinya ke liter? hehhe...
1. Sampai 9 bulan, 20 sampai 28 ons ASI/sufor setiap 3 sampai 4 jam.
2. 9 sampai 12 bulan, 16 sampai 24 ons ASI/sufor seiap  4 sampai 5 jam.

2 comments:

  1. 20-28 ons? Ons bukannya satuan berat? Maksudnya fluid oz~30ml? Jd per 3-4 jam minum 600-760 ml? Berarti seharian minum 3,6 liter minimal? Ga salah tuh mom? Emang sehari.seorang ibu produksi asi berapa ml ya? Aku ko cm seliter? Berarti produksi asiku super duper marginal dong?

    ReplyDelete
  2. mungkin maksudnya total sehari 20-28 oz, diberikannya per 3-4 jam sehari. katakanlah rata-rata 24oz/hari dan diberikan per 3 jam, artinya sekali pemberian 3 oz atau setara 90ml.

    ReplyDelete