Thursday, January 3, 2013

Serba-serbi Tahu untuk Mpasi

Salah satu sumber protein bagi bayi adalah tahu. Salah satu menu wajib si Cuta sepanjang Mpasinya sekarang. Umur yang diperbolehkan untuk Tahu bagi bayi sih sekitar 7 bulan berbarengan dengan dicabutnya warning pembelian tempe. Merk Tahu yang sering dimakan Cuta sih tahu Kong Kee yang denger-denger memang bebas garam.

Idealnya, tahu yang dijual di pasaran sudah matang karena proses pembuatannya memerlukan perebusan. Di milis banyak disarankan agar sebelum diolah, tahu dikukus terlebih dahulu. Padahal sebenarnya tidak perlu loh, Mommy. Tahu dikukus dahulu agar bisa tahan lama kalau ditaruh di kulkas.

Hanya saja, khusus untuk tahu yang dijual di pasar memang agak rentan sterilnya karena kadang dijual dalam keadaan wadah terbuka sehingga dihinggapi debu atau penjualnya saat mengemas tidak mencuci tangan dengan baik. Sehingga pantang rasanya memberikan tahu yang baru dibeli langsung pada bayi.

Pemberian tahu kepada bayi itu aman asalkan dimasak terlebih dahulu. Mommy bisa kok langsung nyemplungin tahunya ke bubur atau dikukus bersamaan dengan ngukus sayuran.


Nah, untuk jenis tahu apa saja sih yang boleh diberikan pada bayi?
Tentu saja segala jenis tahu yang mommy yakinin bersih dari bahan pengawet seperti formalin. Untuk tahu-tahu yang ada dipasaran, jika memang mommy tidak yakin, lebih baik jangan. Banyak mommy yang merasa lebih aman saat membeli tahu di supermarket, karena memang untuk toko besar seperti supermarket sudah mempunyai standar untuk para supllier mereka. Selain itu, supermarket juga lebih memperhatikan label makanan dari BPOM, walaupun ya kadang ada juga supermarket yang nakal.

Untuk berbagai makanan olahan tahu, banyak kok. Beberapa jenisnya bisa dilihat di resep tahu ya mommy. 

Segitu dulu ya mommy, selamat memilih dan mengolah tahu. 


No comments:

Post a Comment

My Blog List