Tuesday, January 22, 2013

Mengenalkan Kuning Telur ke Bayi Mpasi

Telur merupakan bahan makanan Mpasi yang mengandung protein tinggi sehingga bagus untuk bayi. Kandungan protein ini sendiri yang pada akhirnya memicu alergi pada anak, yaitu kandungan ovomucoid, ovalbumin, dan conalbumin. Pada penderita alergi ringan, efek alergi dari protein tersebut bisa dilenyapkan dengan cara dimasak. Namun, pada penderita alergi berat, usaha memasak tidak berpengaruh dalam melenyapkan gejala alergi.

Alergi juga sering dialami oleh bayi karena sistem pencernaanya yang belum optimal. Maka untuk itu, idealnya kuning telur diberikan pada bayi umur 9 bulan untuk memperkecil resiko alergi.

Nah, keluhan yang sering dialami mommy yang mengenalkan kuning telur adalah bau amis yang menyengat, terutama jika ditambahkan langsung pada bubur. Tips untuk mengurangi bau amis kuning telur saat membuat bubur bayi adalah telur direbus tersendiri. Setelah matang, baru kuning telurnya diambil, disaring dan ditambahkan pada bubur.

Jika masih juga bau amis, ada tips khusus dari mommy di milis, yaitu dengan menumis bawang putih parut dengan menggunakan unsaltted butter, lalu masukan ke buburnya. Aduk rata, baru kemudian tambahkan rebusan telurnya. Boleh tambah parutan keju di atasnya.

Selamat mencoba, mommy ^ ^



3 comments:

  1. Assalamu alaikum mom.. mau tanya nih mpasi telur dalam sehari bisa dberikan berapa butir ya mom?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masih under 1 tahun keknya ga usah banyak2 deh mom, sebutir telur ayam sehari juga udah kebanyakan.

      Delete
  2. Sangat membantu infonya....trims y mom

    ReplyDelete

My Blog List