Wednesday, December 5, 2012

Serba-serbi Wortel dan resep Puree Wortel (8 month+)

Beta karoten banyak terdapat pada wortel, merupakan tambahan bergizi untuk makanan bayi yang sedang Mpasi. Diambil dari parent.com, berikut langkah demi langkah dalam penyiapan dan membuat puree wortel.

Memilih dan membeli wortel
Wortel merupakan sayuran yang sangat serbaguna, setelah bayi lulus 4dr untuk puree wortel tunggal, mommy dapat mencampur wortel dengan berbagai buah-buahan, sayuran lainnya, dan daging. Carilah wortel dengan permukaan luar halus dan warna oranye yang segar. Wortel ukuran sedang bisa menghasilkan sekitar tiga ons puree. Wortel kaya akan nitrat, sehingga lebih dianjurkan untuk diberikan pada umur 8 bulan.

Cuci dan Kupas Wortel
Bilas wortel dalam air dingin dan kupas dengan pengupas sayuran. Potong menjadi
potongan-potongan kecil.

Memasak Wortel
Didihkan air dalam panci sedang. Kecilkan kompor untuk mengurangi panas (air bergelembung lembut) dan masak wortel sampai lunak (sekitar 10 sampai 15 menit). Tiriskan wortel dan bilas dengan air dingin selama tiga menit untuk menghentikan proses memasak.

Haluskan Wortel
Haluskan wortel yang sudah dimasak dalam food processor atau blender sampai halus. Tambahkan air secukupnya untuk mencapai konsistensi yang diinginkan. Setelah bayi Mommy siap
untuk finger food, mommy bisa memberikannya wortel yang telah dimasak dan dipotong-potong kecil.

Penyajian Wortel
Lezat disajikan sebagai puree tunggal, namun bisa juga dicampur dengan bahan lain seperti brokoli, kacang buncis, saus apel, ataupun daging

Dinginkan atau Freeze Sisa puree Wortel
Puree wortel dingin yang disimpan di kulkas dengan wadah BPA tahan sampai sampai 3 hari. Puree wortel beku bisa tahan sampai 3 bulan. Cairkan semalaman di kulkas bawah sebelum penyajian.

No comments:

Post a Comment

My Blog List

Novel ketiga, Terbit 26 Desember 2016

Novel ketiga, Terbit 26 Desember 2016
Klik gambar untuk sinopsis :)