Saturday, December 15, 2012

Awal Pengenalan Mpasi untuk Bayi 6 Bulan

Banyak di milis ada pertanyaan-pertanyaan dari mommy baru alias newbie tentang aturan pemberian Mpasi bagi bayi, terutama waktu pertama kali Mpasi. Pertanyaan yang umum biasanya sih makanan apa yang baiknya diberikan pada bayi pada saat pertama kali Mpasi, kapan waktu yang tepat untuk pemberian Mpasi pertama kali serta berapa kali sih pemberian Mpasi untuk satu hari itu?

Walaupun saya bukan expert mom, cuman keseringan baca di milis jadi tahu juga. Jadi berikut saya share tentang pemberian Mpasi pertama kali. Eh ya, update, artikel ini merupakan bagian kedua dari artikel Panduan untuk Memulai Mpasi pertama Bagi bayi.

Jenis makanan yang dianjurkan untuk bayi yang baru mulai Mpasi:

Sereal:
Meliputi  beras, gandum dan lainnya. di Indonesia, gandum lebih dikenal dengan oat. Selain itu sering disebut dengan havermuth. Untuk beras, sereal bisa berupa tepung beras. Alasan mengapa memberikan sereal atau tepung-tepungan pada saat pertama kali Mpasi adalah: sereal lebih rendah potensi alerginya dibandingkan makanan lain. Namun pernah juga ada mommy di milis yang melaporkan bahwa bayinya mengalami alergi terhadap gandum.

Buah:
Diantaranya alpukat, apel, pear serta pisang. Untuk apel dan pear, baiknya dikukus ya mommy, karena teksturnya keras. Alasan pemberian buah saat pertama kali Mpasi adalah: Buah lebih mudah dicerna oleh pencernaan bayi dan juga rasanya yang manis lebih disukai oleh bayi.

Sayur:
Diantaranya ubi jalar, baby buncis, butternut squash atau zukini. Alasan pemberian sayur saat pertama kali Mpasi adalah: sayur mudah dicerna. Selain itu juga karena kalau buah dulu yang dikenalkan makan bayi akan cenderung suka dengan rasa manis dan menolak rasa sayuran yang cenderung hambar.

Ini sih secara teori ya mommy, tidak ada patokan khusus bagi bayi. Selain itu, masing-masing bayi juga mempunyai karakteristik sendiri-sendiri, sehingga baiknya mommy mempertimbangkan terlebih dahulu apa kira-kira yang ingin dicobakan ke si kecil.

Hanya saja satu, apapun pilihannya, tekstur yang paling penting harus cair menyerupai ASI sendiri. Untuk jumlah pemberian saat Mpasi awal, cukup 1x sehari aja dulu pas pagi atau siang hari. menunya lebih baik yang single puree dahulu, jangan dicampur kecuali dengan ASI. Tujuannya adalah agar kalau bayi menunjukan tanda alergi, mommy bisa membawanya ke dokter secepatnya. Ingat juga rule atau aturan 4dr ya mommy, yaitu memberikan makanan baru selama 4 hari berturut-turut untuk mengobservasi adanya gejala alergi (lihat artikel Aturan 4 day wait rule ala Mpasi). Jadi jika mommy mencobakan alpukat untuk pertama kali, berikan bayi alpukat setidaknya 3 hari berturut-turut, setelah lulus dan bayi tidak menunjukan alergi, bisa lanjut memperkenalkan makanan lain.

Oh ya, untuk variasi bahan makanan yang bisa dikonsumsi bayi 6 bulan, mommy bisa lihat di gambar berikut ini ya. Infonya diambil dari wholesomebabyfood.com.



1 comment:

My Blog List