Wednesday, November 14, 2012

Apa Itu Extra Virgin Olive Oil (EVOO)?

Extra Virgin Olive Oil atau yang dikenal dengan sebutan EVOO adalah minyak zaitun murni yang warnanya mirip sekali dengan warna emas. Extra virgin adalah minyak zaitun dengan kualitas tertinggi serta paling mahal. Rasanya tidak cacat dan benar-benar rasa zaitun segar.

Istilah virgin dipakai untuk menunjukan bahwa minyak olive disarikan langsung dari buah zaitun. Buah yang diperah pertama kali menghasilkan minyak berkualiats paling bagus yang dikenal dengan istilah 'extra virgin olive oil'. Sedangkan perahan kedua dikenal dengan nama 'virgin olive oil. Warnanya kuning kehijauan dengan aroma olive yang kuat.

Dalam istilah kimia, EVOO memiliki keasaman bebas, dinyatakan sebagai asam oleat, tidak lebih dari 0,8 gram per 100 gram dan nilai peroksida kurang dari 20 miliekuivalen 02. EVOO ini harus diproduksi seluruhnya dengan cara mekanis tanpa menggunakan pelarut, dan di bawah suhu yang tidak akan menurunkan minyak (kurang dari 86 ° F, 30 ° C).



Bagaimana minyak tersebut memenuhi syarat untuk disebut sebagai "extra virgin"?  Ternyata minyak juga harus melewati kedua tes resmi di laboratorium kimia dan evaluasi sensorik oleh sebuah panel mencicipi terlatih yang diakui oleh International Olive Council.

Karena minyak zaitun jenis ini dibuat dari perasan buah zaitun murni tanpa aditif, maka ada beberapa factor yang mempengaruhi kualitas dan rasa minyak, meliputi varietas zaitun digunakan, proses produksi serta dedikasi dari produsen itu sendiri.

Para ahli yang mencicipi minyak jenis ini menggambarkan bahwa EVOO memiliki ketentuan rasa seperti di bawah ini:
•    Fruity: Memiliki karakteristik rasa pedas buah  zaitun matang atau hijau segar. Hasil minyak buah yang matang lebih ringan, aromatik, seperti mentega, dan bunga matang. Hasil minyak zaitun yang masih hijau lebih berasa rumput, herba, pahit, dan pedas. Fruitiness ini juga bervariasi tergantung buah zaitun.
•    Bitter: Menciptakan sensasi rasa tajam yang menyenangkan di lidah.
•    Pedas: Menciptakan sensasi pedas di mulut dan tenggorokan


Nah, sehubungan dengan postingan menaikan berat badan bayi menggunakan EVOO sebelumnya, ini nih kandungan gizi yang terdapat dalam EVOO ini. Minyak zaitun mengandung zat yang meningkatkan nilai gizi. EVOO ini adalah sumber makanan kaya lemak tak jenuh tunggal, lemak jantung sehat. Asam lemak tak jenuh tunggal, phytophenols, dan vitamin E dalam EVOO membantu untuk mengontrol LDL atau kolesterol jahat dan meningkatkan HDL atau tingkat kolesterol baik. Antioksidan kuat, phytophenols membantu mengurangi risiko penyakit arteri koroner. EVOO juga kaya vitamin A, B1, B2, C, D, dan K, serta zat besi.

Nah itu dia EVOO, salah satu bahan MPasi rumahan yang fungsinya bisa untuk menaikan berat badan bayi. Kabar gembiranya, EVOO ini juga bermanfaat buat mommy mommy-nya loh. Saya iseng browsing dan nemu tentang khasiat EVOO ini untuk kecantikan di link ini.




No comments:

Post a Comment

My Blog List

Blog Archive